Sukses

Tuesday Artinya Selasa, Kenali Juga Hari Lain dan Fakta Menarik di Baliknya

Tuesday artinya Selasa, berikut cara pelafalan yang benar serta nama-nama hari dalam seminggu lainnya, serta fakta menarik dibalik penamaan nama hari dalam seminggu.

Liputan6.com, Jakarta Tuesday artinya dalam bahasa Indonesia adalah hari Selasa. Seiring dengan pesatnya pertukaran informasi secara global, banyak kosakata bahasa Inggris yang kini sering dipakai di Indonesia, salah satunya adalah bahasa Inggris dari hari dalam satu minggu. Hal ini membuat mempelajari bahasa Inggris menjadi penting untuk dilakukan. 

Tuesday menjadi salah satu kosakata bahasa Inggris yang masih kerap membuat bingung banyak orang, pasanya kata Tuesday artinya Hari Selasa ini kerap dianggap mirip dengan kosakata bahasa Inggris untuk hari Kamis yaitu Thursday. Dibutuhkan kejelian dan pembiasaan untuk dapat membedakan kedua kosakata hari dalam Bahasa Inggris ini.

Meski terlihat membingungkan, anda tidak perlu khawatir tidak dapat menghafalkannya. Karena untuk dapat menghafalkan hari-hari dalam bahasa Inggris ini, anda bisa menggunakan beberapa trik yang mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun. Tuesday artinya Selasa dan Thursday yang artinya Kamis contohnya, dapat dibedakan dengan mudah melalui pemahaman tentang asal muasal kedua nama ini.

Lebih lengkapnya berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (1/2/2023). Pengertian tuesday dan nama-nama hari dalam seminggu lainnya, serta fakta menarik dibalik penamaan nama hari dalam seminggu. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tuesday Artinya

Tuesday Artinya

Tuesday artinya dalam bahasa Indonesia adalah hari Selasa. Kata ini dilafalkan seolah ada huruf ‘y’ di antara huruf ‘t’ dan ‘u’ yang diucapkan samar-samar. Sehingga, pelafalannya menjadi /t(y)uz-de/. Kata ini diambil dari istilah Latin Twi’s Day. Ini merupakan nama dewa dalam mitologi Nordik, yaitu Tyr. Tuesday biasa disingkat Tue.

Berikut adalah contoh penggunaan kata Tuesday dalam kalimat : 

1. On Tuesday (Pada hari Selasa)

2. The sale starts on Tuesday (Penjualan dimulai pada hari Selasa)

3. I’m sorry I can’t make it this Tuesday. (Maaf saya tidak bisa datang hari Selasa ini)

4. Shall we meet next Tuesday? (Bisakah kita bertemu Selasa depan?)

5. We left Miami on a Tuesday. (Kami meninggalkan Miami pada hari Selasa)

6. The report is due Tuesday. (Laporan akan jatuh tempo pada hari Selasa)

7. Agus did not return phone calls late Tuesday. (Agus tidak membalas panggilan telepon Selasa malam)

8. Do you want to see that new movie with me on Tuesday? (Apakah Anda ingin melihat film baru dengan saya pada hari Selasa?)

9. No relief appeared in sight Tuesday. (Tidak ada kelegaan yang terlihat pada hari Selasa)

10. Monday, Tuesday, Thursday and Friday, and 9 a.m. to 5 p.m. (Senin, Selasa, Kamis, dan Jumat, dan pukul 09.00 hingga 17.00)

3 dari 4 halaman

Nama Hari dalam Seminggu Bahasa Inggris

Nama Hari dalam Seminggu Bahasa Inggris

Selain memahami arti dan makna kata Tuesday yang artinya adalah hari Selasa, penting juga untuk mengetahui nama lain dari hari-hari yang ada dalam satu minggu lainnya. Berikut adalah daftar  lengkap nama hari dalam bahasa Inggris.

1. Monday = Senin

Hari Senin dalam bahasa Inggris disebut dengan Monday. Pelafalan kata ini adalah /man-de/. Penulisan Monday biasanya disingkat menjadi Mon. Kata ini berasal dari istilah Latin dies lunae yang berarti Moon’s Day.

2. Wednesday = Rabu

Hari Rabu dalam bahasa Inggris disebut Wednesday. Wednesday biasa disingkat Wed. Pelafalan kata yang satu ini berbeda dengan bentuk tulisannya—bukan diucapkan /wed-nes-de/, melainkan /wenz-de/. Asal-usul kata ini masih berasal dari mitologi dewa, lebih tepatnya dalam kepercayaan Jerman. Dewa tersebut adalah Wado, yang masih berhubungan dengan dewa Odin.

4. Thursday = Kamis

Hari Kamis dalam bahasa Inggris disebut dengan Thursday. Pengucapan kata ini adalah /therz-de/. Thursday biasa disingkat Thu. Penamaan ini agak mirip dengan hari Selasa, sehingga pelafalannya harus benar-benar diperhatikan. Kemiripan ini rupanya karena kedua nama tersebut sama-sama berasal dari dewa dalam mitologi Nordik. Lebih tepatnya, Thursday diambil dari nama dewa Thor’s Day.

5. Friday = Jumat

Sedangkan untuk hari Jumat dalam bahasa Inggris disebut Friday yang dilafalkan dengan /frae-de/. Friday biasa disingkat Fri. Kata ini juga berasal dari dewa mitologi Nordik, yaitu day of Frigg.

6. Saturday = Sabtu

Kemudian ada hari Sabtu atau Saturday adalah nama hari dalam bahasa Inggris yang biasanya dilafalkan dengan /sader-de/. Saturday biasa disingkat Sat.

7. Sunday = Minggu

Yang terakhir adalah hari Minggu atau Sunday adalah nama hari dalam bahasa Inggris yang biasanya diucapkan dengan /san-de/. Sunday biasa disingkat Sun.

4 dari 4 halaman

Fakta Menarik Hari dalam Seminggu

Fakta Menarik Hari dalam Seminggu

1. Dimulai Pada Hari Senin atau Minggu?

Banyak negara yang menggunakan periode 7 hari dalam seminggu. Yang mana di beberapa negara awal minggu dimulai pada hari Minggu, dan negara lainnya memulai pada hari Senin. Hampir semua negara di Amerika Utara dan Selatan memulai minggu mereka pada hari Minggu. Negara-negara di Eropa dan Oseania sebagian besar memulai pada hari Senin. 

Menurut standar internasional ISO 8601, Senin adalah hari pertama dalam seminggu. Diikuti oleh hari Selasa , Rabu , Kamis , Jumat , dan Sabtu . Minggu adalah hari ke-7 dan hari terakhir dalam seminggu. Meskipun ini adalah standar internasional, beberapa negara, termasuk Amerika Serikat dan Kanada, menganggap hari Minggu sebagai awal pekan.

2. Dinamai Berdasarkan Nama Dewa dan Planet

Nama-nama 7 hari dalam seminggu dalam sebagian besar bahasa berbasis Latin berasal dari kalender Romawi , yang menghubungkan setiap hari dengan 7 benda langit yang dianggap dewa: Matahari, Bulan, Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. .

Bahasa Inggris mempertahankan nama planet untuk hari Sabtu, Minggu, dan Senin. Namun, nama-nama untuk hari-hari lain dalam seminggu telah diganti dengan dewa Norse atau Jermanik yang setara. Beberapa bahasa Asia seperti Hindi, Jepang, dan Korea memiliki hubungan yang mirip antara hari kerja dan planet.

7 hari dalam satu minggu memberikan metode yang jelas untuk mewakili tanggal dan waktu untuk menghindari salah tafsir antara orang-orang dari berbagai negara dengan berbagai tradisi untuk menulis tanggal dan waktu numerik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.