Sukses

Surat Al-Fil dan Artinya Ayat 1-5, Begini Cara Meneladaninya

Surat al-Fil dan artinya mengisahkan kekalahan pasukan gajah.

Liputan6.com, Jakarta - Surat al-Fil dan artinya mengisahkan tentang apa? Al-Qur’an surat al-Fil dan artinya, terdiri dari lima ayat mengisahkan tentang pasukan gajah dan pasukan burung abail. Surat ini berisi tentang keserakahan dan karunia Allah yang Maha Besar.

Dalam buku berjudul Tafsir Ibnu Katsir Volume 7 oleh Dr. 'Abdullah, kisah surat al-Fil dan artinya ini bermula dari keirian Abrahah yang melihat Ka'bah sangat ramai pengunjung di setiap tahunnya. Inilah motivasinya menghancurkan Ka’bah untuk memindahkan kunjungan bangsa Arab ke gereja yang dibangunnya, maka Yaman akan ramai pengunjung.

Surat al-Fil dan artinya memiliki keistimewaan untuk diteladani. Bagi muslim yang membaca surat al-Fil dan artinya dengan kesungguhan, pasti akan dimudahkan Allah untuk mengalahkan lawannya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang surat al-Fil dan artinya, bacaan, serta cara meneladaninya dalam Islam, Selasa (31/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Surat al-Fil dan Artinya Gajah atau Pasukan Gajah

Surat al-Fil terdiri dari 1-5 ayat. Dalam Al-Qur’an, surat al-Fil adalah surat ke-105 setelah diturunkannya surat Quraisy. Surat al-Fil dan artinya apa?

Surat al-Fil merupakan surat pendek dalam Al-Qur’an yang mengisahkan tentang pasukan gajah dan burung ababil. Surat al-Fil dan artinya menggambarkan tentang karunia dan peringatan.

Dalam buku berjudul Sejarah Kebudayaan Islam kelas III oleh Suyud Lukman Hakim, surat al-Fil menceritakan tentang pasukan gajah yang dikalahkan burung ababil adalah kejadian besar yang terjadi pada masa kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Surat al-Fil mengisahkan pasukan gajah yang diutus untuk menghancurkan Ka’bah tetapi berhasil dikalahkan dengan pasukan burung Ababil yang dikirim Allah SWT. Pasukan gajah dikirim oleh Gubernur Yaman, Abrahah Al-Asyram.

Dalam buku berjudul Nabi Muhammad SAW, Kisah Manusia Paling Mulia di Dunia oleh Neti, dkk, surat al-Fil dan artinya mengisahkan Abrahah yang iri dengan ramainya Kota Mekkah, ini membuat mereka termotivasi menyerang Ka'bah agar orang-orang tidak berkunjung ke sana.

Adanya kabar ini, kaum Quraisy marah tetapi berhasil ditenangkan oleh Abdul Muthalib dengan meyakini bahwa Allah SWT akan membantu. Mereka pun memutuskan untuk memohon perlindungan dan bantuan dari Allah dengan berdoa.

Doa Abdul Muthalib dan seluruh orang Quraisy terjawab. Gambaran surat al-Fil saat Abrahah sampai Ka’bah, pasukan gajah dihujani batu kecil (sijjil) yang dibawa rombongan burung Ababil, mereka pun hancur.

Dalam buku berjudul Tafsir Ibnu Katsir Volume 7 oleh Dr. 'Abdullah, kisah surat al-Fil ini bermula dari keirian Abrahah yang melihat Ka'bah sangat ramai pengunjung di setiap tahunnya. Inilah motivasinya menghancurkan Ka’bah untuk memindahkan kunjungan bangsa Arab ke gereja yang dibangunnya, maka Yaman akan ramai pengunjung.

Kisah surat al-Fil yang menggambarkan pasukan Abrahah yang dimaksudkan terdiri dari 60.000 tentara dan gajah. Atas kuasa Allah SWT, mereka hancur dan kalah.

3 dari 3 halaman

Bacaan Surat al-Fil dan Artinya Ayat 1-5

Bacaan Surat al-Fil Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan surat al-Fil dan artinya terdiri dari ayat 1-5 sebagai berikut:

اَلَمۡ تَرَ كَيۡفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِاَصۡحٰبِ الۡفِيۡلِؕ

Alam tara kaifa fa'ala rabbuka bi ashaabil fiil

1. Tidakkah engkau (Muhammad) perhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan bergajah?

 

اَلَمۡ يَجۡعَلۡ كَيۡدَهُمۡ فِىۡ تَضۡلِيۡلٍۙ

Alam yaj'al kai dahum fii tad liil

2. Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia?

 

وَّاَرۡسَلَ عَلَيۡهِمۡ طَيۡرًا اَبَابِيۡلَۙ

Wa arsala 'alaihim tairan abaabiil

3. dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong,

 

تَرۡمِيۡهِمۡ بِحِجَارَةٍ مِّنۡ سِجِّيۡلٍ

Tar miihim bi hi jaaratim min sij jiil

4. yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar,

 

فَجَعَلَهُمۡ كَعَصۡفٍ مَّاۡكُوۡلٍ

Faja 'alahum ka'asfim m'akuul

5. sehingga mereka dijadikan-Nya seperti daun-daun yang dimakan (ulat).

Cara Meneladani Surat al-Fil

Surat Al-Fil menceritakan pasukan gajah yang dikalahkan burung ababil bukan hanya sekadar kekalahan perang dan keserakahan. Apa keistimewaan Surat al-Fil?

Dalam buku berjudul Sejuta Berkah dan Fadhilah Seratus Empat Belas Surah Al-Qur’an oleh Ali Hisyam Ibnu Hasyim, surat al-Fil dan artinya memiliki tiga keistimewaan yang bisa digunakan untuk meneladaninya. Berikut teladannya:

1. Akan dipermudah Allah SWT untuk bisa mengalahkan musuhnya, tidak mudah disakiti oleh musuhnya.

2. Pasti bisa mengalahkan musuh ketika berperang atau berada di medan peperangan.

3. Akan membuat musuh ketakutan dan lari dari medan peperangan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.