Sukses

6 Fakta Sosok Nono Bocah Asal NTT Juara Dunia Matematika, Berprestasi Sejak Kecil

Nono harumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini nama Nono, bocah berprestasi asal NTT ramai menjadi perbincangan. Nono harumkan nama Indonesia setelah berhasil meraih juara dalam kompetisi matematika internasional.

Diketahui, bocah jenius NTT ini mampu mengalahkan 7.000 siswa lain dari berbagai negara di dunia dalam ajang ABG International Mathematics Competition yang diselenggarakan International Abacus Brain Gym. 

Viral karena prestasi, bocah dengan nama lengkap Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay diundang ke berbagai acara televisi. Masih berusia 8 tahun, Nono sudah bikin bangga keluarga dan masyarakat Indonesia.

Lewat laman Instagramnya, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, Mendikbud Nadiem Makarim hingga influencer Jerome Polin ungkap rasa bangganya atas pencapaian Nono di usianya yang belum genap 10 tahun.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang fakta sosok Nono bocah asal NTT yang raih juara dalam kompetisi matematika internasional, Senin (30/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Profil Singkat Nono

Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay merupakan bocah asal Nusa Tenggara Timur (NTT) yang masih berusia 8 tahun. Diketahui bocah viral karena prestasi yang telah diukirnya ini lahir di Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang pada 2 April 2015.

3 dari 7 halaman

2. Ayahnya Bekerja Sebagai Kuli Bangunan

Viral karena sabet juara dalam kompetisi matematika internasional, kehidupan hingga keluarga Nono ramai dikulik publik. Nono lahir dari pasangan Raflim Meo Tnunai dan Nuryati Seran. Ayah Nono diketahui bekerja sebagai kuli atau tukang bangunan. Sedangkan, ibu Nono merupakan guru honorer.

Jago matematika sejak usia belia, selain bikin bangga keluarga dan orangtuanya, Nono juga telah bikin masyarakat Indonesia bangga karena prestasi yang diukirnya hingga harumkan nama Indonesia.

4 dari 7 halaman

3. Beprestasi Sejak Kecil

Jadi juara dalam kompetisi matematika internasional, Nono rupanya sudah berprestasi sejak kecil. Sejak kecil Nono sudah menunjukkan prestasinya. Diketahui, ia pandai berbicara saat berusia satu tahun. Saat usianya 5 tahun, Nono sudah bisa membaca dan belajar bahasa Inggris.

Diketahui lewat unggahan Gubernur NTT di Instagram, Nono masih duduk di kelas 2 SD, Nono merupakan siswa di SD Inpres Buraen 2, Amarasi Selatan, NTT.

“…Nono atau Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay, siswa kelas 2 SD Inpres Buraen 2, Amarasi Selatan…” Tulis Gubernur NTT dalam keterangan unggahannya.

5 dari 7 halaman

4. Diundang ke Berbagai Acara TV

Nono mengikuti ajang ABG International Mathematics Competition yang diselenggarakan International Abacus Brain Gym. Nono berhasil mengalahkan 7.000 peserta dari berbagai negara.

Namanya viral berkat prestasi yang diukirnya, bocah asal NTT bernama Nono ini diundang ke berbagai acara televisi dan bertemu dengan beberapa artis seperti Raffi Ahmad, Melaney Ricardo bahkan sudah bertemu dengan Nadiem Makarim.

6 dari 7 halaman

5. Bertemu Jerome Polin

Sama-sama jago matematika, Jerome Polin bertemu dengan Nono. Meski baru pertama kali bertemu, Nono sudah sangat dekat dengan Jerome Polin seperti kakak kandungnya sendiri bahkan bocah berusia 8 tahun itu digendong oleh Jerome.

“Akhirnya ketemu Nono!! Siswa dari Kupang, NTT yang menang olimpiade matematika abascus internasional, mengalahkan 7000 siswa dari mancanegara! Kereenn 🔥🙌🏻.” Tulis Jerome Polin dalam keterangan unggahannya (28/1/2023).

Seperti berkaca, Jerome Polin juga mengungkapkan jika Nono sama seperti dirinya waktu kecil yang sangat akti

“Ngeliat dia superrr aktif, bener2 kayak ngeliat aku waktu kecil. Bener2 gak bisa diem😂😂 Tadi sempet coba tes cepet2an ngitung, seru bgtt HAHAHA!! Sukses terus Nono, harus terus belajar dan ga boleh cepet puas yah💪🏻.” Tambah Jerome Polin.

7 dari 7 halaman

6. Cita-Cita Nono

Diundang jadi bintang tamu di berbagai acara televisi dan ditanya cita-citanya menjadi apa, Nono menjawab jika cita-citanya adalah ingin menjadi tentara. Jawaban Nono sukses membuat Dewi Perssik tak bisa berkata-kata.

"Nono cita-citanya mau jadi apa sih Nono?" tanya Rian Ibram dalam tayangan Pagi Pagi Ambyar, seperti diunggah kanal YouTube salah satu stasiun televisi swasta, belum lama ini.

"Jadi tentara dan Elon Musk," jawab Nono.

Setelah terbengong mendengar jawaban Nono tersebut, Rian Ibram pun langsung menunjukkan reaksi kagum terhadap bocah jenius itu.

"Mau jadi tentara dan jadi kayak Elon Musk? Wow! Mau jadi tentara lo! Luar biasa!" celetuk Rian Ibram.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.