Sukses

7 Potret RS Islam di Lampung yang Terbengkalai, Kisahnya Bikin Merinding

Kondisi RS Islam yang dulunya ternama jadi mengenaskan.

Liputan6.com, Jakarta Banguan terbengkalai tak hanya merusak pemandangan. Namun bagi sebagian orang, bangunan terbengkalai bakal menimbulkan nuansa menyeramkan. Selain tak terurus, asal muasal bagunan terbengakali jadi cerita rakyat yang kerap bikin merinding. Salah satunya sebuah rumah sakit islam yang dulunya sempat jadi objek vital di Lampung.

Tepatnya di Kecamatan Natar, Lampung Selatan, RSI Alkhairiuah Umbul Thoif kini sudah mangkrak usai lama tak beroperasi. Di balik terbengakalinya RS Umbul Thoif, dikatakan penyebab utamanya ialah para pasien yang tak betah dirawat di sana. Alhasil RS tersebut akhirnya pailit dan berakhir tak beroperasi sejak awal tahun 2000.

Berdasarkan informasi yang dibagikan kanal YouTube Bang Brew Tv, RS Islam di Lampung yang terbengkalai itu sudah berdiri dan diresmikan pada tahun 1981. Lewat penelusuran yang sama, diketahui RS tersebut berdiri dari hasil kerjasama dengan Duta Besar Arab Saudi. Hingga 29 Juli 1985 diresmikan oleh Suwardjono Suryaningrat, Menteri Kesehatan RI kala itu.

Akibat mangkraknya RS Islam di Lampung tersebut, banyak warga sekitar yang kerap mencium bau mistis. Hingga terkuak lokasi RS Umbul Thoif ternyata jauh dari pusat kota namun bisa diresmikan oleh Dubes Arab Saudi. Sebelum penasaran, berikut Liptuan6.com merangkum potret RS Islam di Lampung yang terbengkalai melansir dari YouTube Bang Brew TV, Jumat (27/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Punya desain bak rumah umum, RS Umbul Thoif di Lampung Selatan terlihat sederhana, namun saat itu mungkin jadi bangunan yang terbilang megah.

3 dari 8 halaman

2. Namun kondisinya kini sudah berbalik, RS Islam Umbul Thoif terbengkalai usai ditinggalkan akibat lama tak beroperasi.

4 dari 8 halaman

3. Inilah batu peresmian yang jadi saksi bisu awal berdirinya RS Islam di Lampung ini, bisa dibayangkan betapa meriahnya sampai Dubes Arab dan Menkes RI mendatangi RS ini.

5 dari 8 halaman

4. Lorong rumah sakit ini penuh dengan nuansa mistis, bahkan plafon yang roboh makin memperparah kondisi RS Islam terbengkalai ini.

6 dari 8 halaman

5. Inilah ruangan rontgen yang masih tersisa separuh tulisannya, sebagian besar ruangan di RS ini kumuh dan jorok.

7 dari 8 halaman

6. Lebih dari itu, menurut penuturan warga sekitar, sering terlihat penampakan anak kecil saat malam hari di lorong menuju kamar mayat.

8 dari 8 halaman

7. Mengejutkannya, kini RS Islam di Lampung Selatan ini jadi sarang berbagai hewan liar seperti tikus, kecoa yang makin memperburuk keadaan rumah sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.