Sukses

Jannah Artinya dalam Islam, Ketahui Gambaran dan Jenis-Jenisnya

Jannah artinya tempat keabadian.

Liputan6.com, Jakarta - Jannah artinya berasal dari bahasa Arab "Jinan" yang artinya taman atau kebun yang banyak pohonnya. Jannah dalam Islam adalah taman yang diperuntukkan bagi orang-orang yang termasuk golongan saleh atau beriman. Jannah artinya dalam Al-Qur'an merujuk pada gambaran surga.

Dalam buku berjudul Ternyata Adam Dilahirkan (2007) oleh Agus Mustofa, kata surga dalam bahasa Indonesia diadaptasi dari pemahaman Hindu "swargaloka" yang artinya gambaran dari negeri para dewa-dewi di langit. Sementara itu, jannah artinya dalam Al-Qur'an merujuk pada gambaran taman indah yang berada di muka bumi. 

Jannah artinya surga yang demikian itu, juga dijelaskan sama dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jannah adalah tempat keabadian. Jannah artinya alam akhirat yang membahagiakan roh manusia yang hendak tinggal di dalamnya (dalam keabadian). Jannah artinya kayangan tempat kediaman Batara Guru (Siwa) atau surgaloka.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang jannah artinya dalam Islam, gambaran jannah, dan jenis-jenis jannah, Jumat (27/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jannah Artinya dalam Islam

Jannah artinya berasal dari bahasa Arab "Jinan" yang artinya taman atau kebun yang banyak pohonnya. Jannah dalam Islam adalah taman yang diperuntukkan bagi orang-orang yang termasuk golongan saleh atau beriman. Jannah artinya dalam Al-Qur'an merujuk pada gambaran surga.

Dalam buku berjudul 49 Teladan dalam Al-Quran oleh Ririn Rahayu Astutiningrum, jannah artinya dalam Islam adalah surga yang digambarkan berupa taman dengan banyak pohon. Gambaran jannah seperti taman tersebut adalah tempat yang kekal di akhirat, diperuntukan bagi hamba Allah yang beriman.

Gambaran jannah pertama kali disampaikan Allah SWT dalam kisah hidup Nabi Adam dan istrinya Hawa. Dalam review tesis berjudul Makna Al-Jannah dalam Al-Quran (Studi Prespetif Semantik pada Kisah Nabi Adam) (2014) oleh Moh. Hasyim Abd. Qadir, kata Janna atau Jannah sendiri memiliki arti gelap, menutupi dan menyembunyikan. Ini sesuatu yang tidak dapat dijangkau oleh panca indera manusia.

Dijelaskan, jannah artinya kebun yang rindang sebagaimana dikisahkan dalam perjalanan Nabi Adam. Pada kisah Nabi Adam, gambaran jannah lebih cocok diartikan sebagai taman atau kebun rindang dan tidak berada di luar planet bumi.

Sementara itu, al-Jannah atau jannah artinya sebagaimana kisah Nabi Adam tersebut dinamakan dengan al-Jannah al-Tadri yaitu al-Jannah yang menjadi medan latihan atau tempat latihan bagi Nabi Adam untuk kepentingan kehidupan di bumi yang penuh dengan pancaroba.

Gambaran jannah artinya dalam Islam sebagai surga, memiliki luas yang seluas langit dan bumi. Umat manusia yang berada di surga atau jannah akan senantiasa mendapat kecukupan nikmat tanpa kesulitan. Dalam buku berjudul Gambaran Indah Surga oleh Hafidz Muftisany, jannah artinya digambarkan sebagai berikut:

1. Jannah artinya surga yang memiliki luas lebih dari luas langit dan bumi.

"Dan bersegeralah (berlomba-lomba) meminta ampunan kepada Allah SWT dan mendapatkan surga yang seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa." (QS. Ali Imran ayat 133)

2. Jannah artinya surga tempat manusia akan diberi makanan dan minuman lezat yang dapat disantap sepuasnya. 

“Kepada mereka disajikan piring-piring dan gelas-gelas dari emas, dan di dalam surga itu terdapat apa yang diingikan oleh hati dan segala yang sedap (dipandang) mata. Dan kamu kekal di dalamnya, mereka terdiri atas berbagai macam jenis, terserah apa saja yang mereka inginkan, semuanya tersedia.” (QS. az-Zukhruf ayat 71)

3. Jannah artinya surga yang memiliki sungai yang dialiri air susu dan anggur yang tidak memabukkan.

“Perumpamaan (penghuni) taman surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa. Di dalamnya ada sungai-sungai yang airnya berubah rasanya, baunya, sungai-sungai dari air susu, dan sungai-sungai khamar (anggur yang tidak memabukkan) yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai madu yang murni. Di dalamnya mereka memperoleh segala macam buah-buahan dan ampunan dari Allah. Samakah mereka dengan orang yang kekal dalam neraka, dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga ususnya terpotong-potong?.” (QS. Muhammad ayat 15)

4. Jannah artinya surga sebagai tempat manusia bisa melihat Tuhannya secara langsung.

"Wajah-wajah (orang mukmin) pada hari itu berseri-seri. Memandang Tuhannya." (QS. Al-Qiyamah ayat 22-23)

5. Jannah artinya surga tempat manusia diberi perhiasan emas, mutiara, dan pakaian dari sutra.

“Penghuni surga Adn, mereka masuk ke dalamnya, mereka diberi perhiasan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka di dalamnya adalah sutera.” (QS. Fathir ayat 33)

3 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Jannah dalam Islam

Ada tujuh jenis jannah dalam Islam yang perlu diketahui. Dalam buku berjudul Misteri Bidadari Surga oleh Joko Syahban, tujuh jenis jannah artinya surga ini meliputi sebagai berikut:

1. Jannatul Ma’wa

Jannatul Ma’wa artinya tempat tinggal. Jannatul Ma’wa adalah tempat di Malaikat Jibril dan lainnya bersemayam. Di dalam jannah ini terdapat burung hijau yang membangunkan syuhada dan jiwa-jiwa syahid yang disemayamkan.

2. Jannatul Adn

Surga Adna memiliki arti tinggal untuk selamanya. Di dalam surga ini digambarkan dalam Al-Qur'an ada sungai yang sangat indah. Penghuninya akan mendapatkan gelang-gelang yang terbuat dari mutiara dan emas.

3. Jannatul Na’m

Jannatul Na’im artinya taman kenikmatan. Di dalam surga atau jannah ini terdapat semua nikmat. Baik nikmat makanan, minuman, wewangian, pemandangan, tempat tinggal dan nikmat lahir dan batin.

4. Darus Salam

Darus Salam adalah rumah keselamatan. Jannah ini merupakan tempat damai yang berada di sisi Allah SWT. Penghuninya akan diberikan apa saja yang mereka inginkan.

5. Darul Khuldi

Darul Khuldi artinya rumah keabadian. Jannah ini dideskripsikan seperti taman dengan pepohonan yang teduh dan berbuah. Para penghuninya ini tidak akan merasa kelelahan.

6. Al Maqamul Amin

Al Maqamul Amin artinya tempat yang aman dari semua keburukan dan bencana. Penghuni jannah ini adalah orang-orang yang beriman dan bertaqwa.

7. Surga Firdaus

Firdaus merupakan tingkatan surga tertinggi. Surga ini digambarkan seperti kebun yang dipenuhi pepohonan rimbun. Jannah Firdaus akan dihuni oleh orang-orang yang selalu memelihara sholat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.