Sukses

Flashback Artinya Kilas Balik, Ketahui Manfaat dan Cara Menghilangkan Kenangan Buruk

Liputan6.com, Jakarta Flashback artinya salah satu kosakata dalam bahasa Inggris yang kerap digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bahasa Inggris secara tidak sadar, sering digunakan dalam percakapan dan dipadukan dengan bahasa Indonesia, salah satunya flashback.

Penggunaan kata flashback artinya mungkin bisa saja anda lihat di dunia nyata mauoun di dunia maya seperti sosial media. Meskipun kata ini populer di kalangan anak remaja maupun orang dewasa, namun masih ada yang belum mengerti flashbak artinya.

Supaya tidak salah dalam mengucapkan ataupun mengartikan, Anda perlu paham flashback artinya apa. Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai flashback artinya dan manfaat dan cara menghilangkan kenangan buruk yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/1/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Arti FlashBack

Secara bahasa, flashback yang berasal dari bahasa Inggris ini memiliki arti kilas balik. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kilas balik adalah pandangan kembali atas kejadian sebelumnya. Biasanya, hal ini dilakukan saat menulis buku harian, melakukan renungan, atau sengaja bernostalgia tentang masa lalu.

Secara sederhana, kilas balik juga disebut dengan masa lalu. Setiap orang memiliki masa lalu dalam hidupnya, baik buruk maupun bagus. Masa lalu itulah membuat orang dapat membentuk kepribadian seseorang menjadi lebih dewasa dan memiliki pemikiran yang terbuka.

Menurut Cmabridge Dictuinary, flashback artinya bagian pendek dari film, cerita, atau drama yang kembali ke masa lalu. Selain itu, terdapat flashback artinya dalam kehidupan nyata, yaitu ingatan tentang peristiwa di masa lalu yang jelas dan terjadi secara tiba-tiba.

3 dari 4 halaman

Manfaat Flashback

Dikutip dari laman Health Liputan6, seseorang cenderung lebih mengingat masa lalu yang indah ketimbang peristiwa masa lalu yang menyakitkan. Hal ini seperti penelitian yang dilakukan oleh beberapa ilmuan yang mengatakan bahwa kenangan positif lebih mudah teringat jelas dibanding yang negatif. Bahkan, peristiwa yang tidak menyenangkan bisa menjadi positif. Hal ini menunjukkan, manusia cenderung melihat masa lalu dengan kacamata serba indah dan menyenangkan. Tentu saja, ini juga bagus untuk kesehatan, yang dapat mendorong pemulihan dari peristiwa negatif dan mempromosikan emosi positif.

Dengan pengalaman di masa lalu bisa menjadi rujukan bagi anda dalam mengatur emosi. Paling tidak, kalian pernah berada di situasi serupa di masa lalu sehingga punya bahan renungan dari pengalaman sebelumnya. Kalian bisa menggunakan kenangan itu untuk mengelola emosi negatif. Misalnya, kalian bisa berusaha mengingat hal positif saat kalian merasa terlalu sedih.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kenangan Buruk

Hal ini penting bagi anda yang susah untuk menghilangkan kenangan buruk di masa lalu yang menyakitkan. Cara menghilangkan kenangan buruk perlu diketahui supaya mental tidak terganggu. Berikut penjelasannya:

1. Dimulai dengan niat

Melansir dari laman Sains Liputan6, cara untuk menghilangkan kenangan buruk yang paling utama adalah didasari oleh niat dari seseorang tersebut. Hal ini karena tindakan melupakan yang memaksa justru akan membuat tingkat pemrosesan yang lebih tinggi di korteks temporal ventral dibandingkan dengan yang diikuti oleh instruksi untuk mengingat. Peningkatan dalam pemrosesan ini menyebabkan lebih banyak menuntun otak untuk melakukan kegiatan melupakan, terutama untuk hal yang menunjukkan aktivasi sedang.

2. Harus fokus

Cara menghilangkan kenangan buruk yang berikutnya adalah seseorang harus fokus. Sebuah studi baru yang dipimpin oleh para ilmuwan di Texas menunjukkan, tindakan sengaja melupakan sesuatu terkait dengan peningkatan keterlibatan otak dengan informasi yang tidak diinginkan tersebut. Dengan kata lain, untuk melupakan sesuatu, kita benar-benar harus fokus padanya.

Berusaha untuk fokus dan secara aktif melupakan ingatan yang tidak diinginkan, tidak hanya membantu mencegah otak kita dari kelebihan beban. Hal ini juga memungkinkan kita untuk bangkit (move on) dari pengalaman dan emosi yang menyakitkan.

3. Melatih mengingat hal positif

Meski tak mudah, cara menghilangkan kenangan buruk yang lainnya adalah dengan melatih mengingat hal positif dan menyenangkan. Langkah ini dapat secara perlahan bisa menghapus kenangan atau trauma buruk anda dalam kehidupan nyata.

Namun, apabila kenangan buruk anda datang secara tiba-tiba, maka anda bisa berlatih mengingat hal positif. Datangkan ingatan pribadi positif secara sengaja agar mendapat perspektif baru dari masa lalu.

4. Datang ke psikiater

Tak harus orang yang memiliki gangguan kesehatan mental untuk datang ke praktisi kesehatan ini, namun bagi anda yang tidak bisa memecahkan masalah karena kenangan masa lalu yang masih tertinggal di otak bisa datang ke psikiater. Dengan begitu, semua masa lalu yang buruk bisa teratasi dengan ahlinya.

5. Luangkan waktu dalam sehari

Kalian bisa meluangkan waktu dalam sehari untuk menulis di buku harian dan menjabarkan segala kekhawatiran. Menulis bisa menjadi tempat meluapkan emosional yang dapat meningkatkan kesehatan mental. Lakukan hal ini selama 15 menit dalam sehari.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS