Sukses

14 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan, Ketahui Nutrisi dan Efek Sampingnya

Liputan6.com, Jakarta Seledri merupakan jenis tanaman yang banyak dimanfaatkan daunnya sebagai sayur. Seledri dikenal dengan aromanya khas dapat meningkatkan selera makan. Aroma seledri kerap kali ditemukan pada menu sop, soto, dan makanan berkuah lainnya. Selain menambah aroma sedap pada masakan ada juga manfaat daun seledri untuk kesehatan.

Sebagai salah satu bahan makanan, manfaat daun seledri untuk kesehatan didapat dari kandungan nutrisinya. Daun seledri kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Tanaman ini sangat mudah ditemukan di berbagai daerah dan dimanfaatkan dalam berbagai masakan dan ramuan.

Manfaat daun seledri untuk kesehatan belakangan mulai dikenal secara luas, oleh sebab itu banyak orang yang memasukan seledri pada menu yang dikonsumsi untuk mendapat manfaat kesehatan. Berikut manfaat daun seledri untuk kesehatan yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (24/1/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan: Nutrisi

Manfaat daun seledri untuk kesehatan didapat dari kandungan nutrisinya. Berikut nutrisi yang terdapat pada daun seledri.

1. Vitamin C

2. Vitamin A

3. Vitamin K

4.  Vitamin B

5. Kalsium

6. Fosfor

7. Zat besi 

8. Kalium

9. Antioksidan

10. Serat

11. Folat 

12. Flavonoid

13. Asam amino

14. Minyak esensial

3 dari 5 halaman

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

1. Mencegah Anemia

Manfaat daun seledri untuk kesehatan yang pertama adalah mencegah anemia. Anemia adalah kondisi kesehatan yang disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam tubuh. Zat besi diperlukan untuk produksi sel darah merah yang mengantar oksigen ke seluruh tubuh. Daun seledri mengandung zat besi, fosfor, dan kalium  yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu mencegah anemia dengan meningkatkan produksi sel darah merah.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium adalah mineral penting yang diperlukan untuk membuat tulang dan gigi kuat. Daun seledri mengandung kalsium yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab utama masalah kesehatan jantung. Kalium adalah mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Daun seledri mengandung kalium yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Mencegah Kanker

Manfaat daun seledri untuk kesehatan selanjutnya adalah sebagai penangkal kanker. Kanker adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti di dunia. Antioksidan adalah senyawa yang dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker. Daun seledri mengandung antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu mencegah kanker.

5. Mengatasi Masalah Pencernaan

Sembelit dan perut kembung adalah masalah pencernaan yang umum. Serat adalah jenis makanan yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan ini. Daun seledri mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

B9 adalah vitamin yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mencegah pembentukan plak di pembuluh darah. Daun seledri mengandung folat yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit jantung seperti stroke dan serangan jantung.

4 dari 5 halaman

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat daun seledri untuk kesehatan dapat meningkatkan kinerja sistem imun dalam tubuh. Vitamin C yang terkandung dalam daun seledri sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dapat memperkuat sistem imun dan mencegah infeksi.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin A dan C yang terkandung dalam daun seledri dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

9. Meningkatkan Kinerja Otak

Vitamin K yang terkandung dalam daun seledri dapat membantu dalam proses pembentukan protein yang dibutuhkan oleh otak untuk berfungsi dengan baik.

10. Turunkan Tekanan Darah

Manfaat daun seledri untuk kesehatan berikutnya memberi dampak positif dari n-butylphthalide untuk menurunkan tekanan darah. Melalui berbagai uji coba, konsumsi seledri mampu menurunkan tekanan darah pada tikus yang mengalami hipertensi.

11. Membantu Menurunkan kadar kolesterol

Daun seledri mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan senyawa 3-n-butylphthalide pada seledri yang sangat tinggi.Kandungan 3-n-butylphthalide mampu mengatasi kadar lemak yang ada dalam darah.

12. Mengurangi Peradangan

Daun seledri mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, sehingga dapat membantu mencegah dan mengatasi berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh peradangan.

13. Menurunkan Resiko Diabetes

Manfaat daun seledri untuk kesehatan selanjutnya dapat menurunkan resiko diabetes. Daun seledri mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan resiko diabetes dengan mengontrol kadar gula dalam darah.

14. Mengurangi Gejala PMS

Daun seledri mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi gejala PMS seperti sakit kepala, sakit perut, dan sakit payudara.

5 dari 5 halaman

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan: Efek Samping

Manfaat daun seledri untuk kesehatan sangat baik bagi tubuh. Namun, ingat bahwa daun seledri tidak dapat digunakan sebagai obat tunggal untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu. Sebaiknya, daun seledri dikonsumsi sebagai bagian dari diet seimbang dan diimbangi dengan gaya hidup sehat lainnya, termasuk olahraga dan istirahat yang cukup. 

Secara umum, daun seledri aman dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Namun, beberapa orang mungkin mengalami efek samping dari konsumsi daun seledri. Berikut efek samping yang dapat ditimbulkan dari konsumsi daun seledri

1. Reaksi Alergi

Beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap daun seledri. Gejala yang mungkin muncul termasuk gatal-gatal, ruam, sesak nafas, atau bahkan shock anafilaksis.

2. Perut Kembung

Daun seledri mengandung senyawa yang dapat menyebabkan perut kembung atau diare pada beberapa orang.

3. Mengganggu Kinerja Obat

Beberapa obat, seperti antikoagulan, dapat berinteraksi dengan daun seledri dan meningkatkan risiko perdarahan. Jika sedang dalam masa penyembuhan dan mengonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi daun seledri.

4. Menyebabkan Kram Otot

Beberapa orang mungkin mengalami kram otot setelah mengonsumsi daun seledri, terutama jika mereka memiliki masalah kesehatan seperti sindrom kram otot yang mendasar.

5. Menyebabkan Kesulitan Mencerna

Beberapa orang yang memiliki masalah pencernaan seperti IBS (Irritable Bowel Syndrome) atau kolitis dapat mengalami masalah dalam mencerna daun seledri.

Walau demikian, efek samping yang disebutkan di atas sangat jarang terjadi dan dapat dihindari dengan mengonsumsi daun seledri dalam jumlah yang wajar. Sebaiknya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan daun seledri dalam jumlah besar dalam diet jika memiliki masalah kesehatan tertentu.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS