Sukses

10 Potret Padepokan 1000 Patung Ki Puger Ismoyo yang Terbengkalai, Bikin Merinding

Liputan6.com, Jakarta Biar seberapa mewah rumah, jika dibiarkan dan tak terurus bakal jadi terbengkalai. Tak heran jika bagi yang percaya, kerap menyebut rumah terbengkalai punya aroma mistis. Bahkan tak segan warga sekitar rumah terbengkalai menjulukinya sebagai rumah hantu. Seperti sebuah padepokan yang terletak di Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta ini. 

Potret bangunan dua lantai di tengah rindangnya pohon jati ini belakangan jadi perbincangan lagi. Lewat laman Instagram @wonderfulljogja, anak dari pemilik Padepokan Ki Puger Ismoyo menuturkan fungsi awal mula bangunan “mistis” itu. Menariknya, Padepokan Ki Puger Ismoyo punya banyak patung yang akhirnya warga mengenalnya dengan Padepokan 1000 Patung.

Berada tepat di depan jalan raya, bangunan yang didominasi warna gelap ini punya deretan patung yang terkenal mistis. Mulai dari patung semar, patung ular naga, prajurit kecil yang membopong ular naga, hingga patung singa. Sepintas terasa angker, apalagi jika malam tiba. Tak sedikit yang menyebutnya rumah hantu.

Dulunya padepokan menjadi sarana Ki Puger Ismoyo menjalankan pengobatan alternatif. Namun kini dibiarkan terbengkalai mengingat sang pemilik sudah lanjut usia. Menariknya, bangunan megah dua lantai ini tengah disewakan atau dijual. 

“Alhamdulillah skrg sudah memutuskan u/ berhenti dan menikmati masa tuanya di jogja bersama anak cucu,bangunan ini memang ingin disewakan bahkan klo ada yg mau beli jg dipersilahkan, komentar akun Instagram @esa_ayu_meta, putri Ki Puger Ismoyo

Punya patung mistis dan barang antik, berikut Liputan6.com menelusuri Padepokan 1000 Patung Ki Puger Ismoyo melansir dari YouTube Kucu, Selasa (24/1/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 11 halaman

1. Beginilah potret penampakan Padepokan Ki Puger Ismoyo yang terlihat angker penuh dengan patung mistis, sekilas mirip padepokan Ki Joko Bodo.

3 dari 11 halaman

2. Terletak di samping jalan raya, padepokan ini dibiarkan terbengkalai, pemiliknya diketahui sudah pindah di kawasan Wates, Yogyakarta.

4 dari 11 halaman

3. Lewat berbagai potret yang beredar, padepokan Ki Puger Ismoyo dulunya dijadikan tempat pengobatan alternatif yang menampung orang dari luar Yogyakarta.

5 dari 11 halaman

4. Sekilas memang terlihat seperti rumah terbengkalai seperti pada umumnya, namun melihat lebih dekat, patung yang jumlahnya puluhan ini membuat bulu kuduk para pengguna jalan bisa merinding.

6 dari 11 halaman

5. Bahkan sejak dari luar, ada patung berjajar di pagar, masuk ke halaman akan disambut dengan patung penjaga gerbang dan dua patung naga besar.

7 dari 11 halaman

6. Ada juga patung Ki Puger Ismoyo yang terlihat mengenakan pakaian serba hitam dan blangkon.

8 dari 11 halaman

7. Inilah potret foto pemilik rumah yang kini sudah berpindah domisili.

9 dari 11 halaman

8. Tak kalah menyeramkan, di dalam padepokan ini juga punya benda mistis seperti lukisan Nyi Roro Kidul.

10 dari 11 halaman

9. Ada juga pintu dengan desain yang unik, menjadikan penampakannya bak di dunia lain.

11 dari 11 halaman

10. Bagi warganet, tak sedikit yang menyebut padepokan Ki Puger Ismoyo ini kerap dijadikan tempat uji nyali.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS