Sukses

11 Manfaat Menangis, Bisa Perbaiki Mood dan Turunkan Tekanan Darah

Liputan6.com, Jakarta Menangis adalah respon emosional yang ditandai dengan pelepasan air mata dari mata. Hal ini adalah salah satu reaksi fisiologis alami, yang dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti perasaan negatif, kehilangan, trauma, kondisi medis, atau stimulasi fisik. Manfaat menangis umumnya dilakukan untuk melepas tekanan, di mana kondisi ini juga bisa dikaitkan dengan perasaan positif seperti terharu atau senang.

Manfaat menangis dapat membantu seseorang untuk melepaskan tekanan emosional, dan meningkatkan kesehatan mental. Ketika seseorang menangis, tubuh melepaskan hormon seperti endorfin yang dapat membantu meredakan rasa sakit, dan meningkatkan kualitas tidur.

Manfaat menangis juga dapat meningkatkan kreativitas, dan meningkatkan kualitas hubungan dengan orang lain. Namun, menangis juga dapat menjadi tanda masalah kesehatan mental jika seseorang menangis terlalu sering atau tidak dapat mengendalikan perasaan mereka. 

Menangis juga dapat digunakan sebagai bentuk komunikasi non verbal, di mana seseorang dapat mengekspresikan perasaan, yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Hal ini dapat membantu dalam meningkatkan komunikasi dengan orang lain. Berikut ini manfaat menangis yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (24/1/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Manfaat Menangis

Menangis dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan mental dan fisik. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Melepaskan tekanan

Saat kita merasa cemas, marah, atau sedih, hormon seperti kortisol dan adrenalin dikeluarkan dalam tubuh kita. Manfaat menangis dapat membantu melepaskan kadar hormon ini, dan mengurangi tekanan emosional yang terkumpul.

2. Menurunkan stres

Menangis dapat menurunkan kadar hormon stres seperti kortisol dalam tubuh. Hal ini dapat membantu mengurangi perasaan cemas dan tegang, dan meningkatkan perasaan damai dan tenang.

3. Memperbaiki mood

Manfaat menangis dapat membantu membuang emosi negatif seperti marah, sedih, atau cemas. Ini dapat membuat Anda merasa lebih baik setelah menangis, dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

4. Menurunkan tekanan darah

Menangis dapat menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan aliran darah ke otak. Ini dapat membuat Anda merasa lebih segar dan fokus setelah menangis.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Menangis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena saat Anda menangis tubuh akan melepaskan hormon seperti prolaktin dan oksitosin yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Membuat Anda lebih empati

Menangis dapat meningkatkan empati, karena saat Anda melihat seseorang menangis, Anda cenderung merasakan empati terhadap orang tersebut.

3 dari 5 halaman

Manfaat Menangis

7. Menyembuhkan rasa sakit

Saat Anda menangis, tubuh melepaskan hormon endorfin yang dapat membantu meredakan rasa sakit. Ini dapat membantu mengurangi rasa sakit fisik yang Anda alami.

8. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat menangis dapat membuat Anda merasa lebih santai, sehingga meningkatkan kualitas tidur Anda. Metode ini juga dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak, dan membuat Anda merasa lebih segar saat bangun.

9. Meningkatkan kreativitas

Menangis dapat membantu Anda mengejar emosi yang mendalam, dan mengejar kreativitas. Dengan cara ini, Anda dapat mengejar ide-ide baru untuk meningkatkan kreativitas yang dimiliki.

10. Meningkatkan komunikasi

Menangis dapat menjadi cara yang efektif untuk mengungkapkan perasaan, dan meningkatkan komunikasi dengan orang lain. Saat Anda menangis, Anda dapat mengungkapkan perasaan yang mungkin tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata, dan ini dapat membantu meningkatkan komunikasi dengan orang lain.

11. Meningkatkan kualitas hubungan

Menangis dapat membuat Anda merasa lebih diterima dan diterima oleh orang lain, sehingga dapat meningkatkan kualitas hubungan Anda dengan orang lain. Secara keseluruhan, menangis merupakan reaksi alami yang penting bagi kesehatan fisik dan mental. Namun, jika Anda merasa bahwa Anda menangis terlalu sering atau tidak dapat mengendalikan perasaan, maka sebaiknya minta bantuan kepada profesional kesehatan. 

4 dari 5 halaman

Faktor Penyebab Seseorang Menangis

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang menangis, beberapa di antaranya adalah:

- Emosi negatif

Saat seseorang merasa marah, sedih, cemas, atau stress, otak mereka melepaskan hormon yang dapat menyebabkan perasaan emosional yang kuat. Ini dapat menyebabkan seseorang menangis karena perasaan negatif yang mereka alami.

- Kehilangan

Kehilangan seseorang atau sesuatu yang berharga, dapat menyebabkan perasaan negatif yang kuat seperti sedih atau kesepian. Hal ini dapat menyebabkan seseorang menangis karena kehilangan yang mereka alami.

- Trauma

Trauma seperti kekerasan fisik, kekerasan seksual, atau kehilangan dapat menyebabkan seseorang mengalami perasaan negatif yang kuat, dan menyebabkan mereka menangis.

- Kondisi medis

Beberapa kondisi medis seperti depresi, gangguan kecemasan, atau skizofrenia dapat menyebabkan perasaan negatif yang kuat dan menyebabkan seseorang menangis.

- Stimuli fisik

Stimuli fisik seperti matahari yang terlalu terang atau suara yang keras, dapat menyebabkan seseorang merasa tidak nyaman dan menyebabkan mereka menangis.

- Hormon

Beberapa hormon seperti progesteron dan estrogen, dapat menyebabkan perubahan dalam mood dan menyebabkan seseorang menangis.

5 dari 5 halaman

Faktor Penyebab Seseorang Menangis

- Reaksi terhadap film, musik, atau karya seni

Seseorang dapat menangis saat menonton film, mendengarkan musik, atau melihat karya seni yang menyentuh karena emosi yang terlibat dalam itu.

- Kelelahan

Kelelahan dapat menyebabkan seseorang merasa lebih sensitif terhadap emosi, dan menyebabkan mereka menangis lebih mudah.

- Kebutuhan untuk melepaskan tekanan

Seseorang dapat menangis karena merasa perlu, untuk melepaskan tekanan yang terkumpul dalam hidup mereka, yang dapat membuat mereka merasa lebih baik setelah menangis.

- Kebutuhan untuk mengekspresikan perasaan

Seseorang dapat menangis karena merasa perlu, untuk mengekspresikan perasaan yang mereka tidak dapat ungkapkan dengan kata-kata. Menangis dapat menjadi cara untuk mengekspresikan perasaan, tanpa harus menggunakan kata-kata. Hal ini tentu membantu seseorang untuk melepaskan perasaan yang mereka alami.

- Reaksi fisiologis

Menangis juga merupakan respon fisiologis dari tubuh, yang dapat dikendalikan oleh sistem saraf parasimpatis yang memicu pelepasan air mata sebagai respon dari perasaan emosional. Semua orang memiliki alasan yang berbeda-beda untuk menangis, beberapa orang menangis karena merasa sedih atau cemas, sementara yang lain menangis karena merasa senang atau terharu. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS