Sukses

PT Sigap Prima Astrea, Anak Perusahaan PT Astra International yang Bergerak di Bidang Keamanan

PT Sigap Prima Astrea merupakan salah satu anak perusahaan dari PT Astra International Tbk yang berfokus pada lini bisnis keamanan.

Liputan6.com, Jakarta PT Sigap Prima Astrea merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengamanan. Sebagai sebuah perusahaan di bidang jasa pengamanan, PT Sigap Prima Astrea menyediakan jasa untuk memenuhi kebutuhan penjagaan dan sistem keamanan bagi Astra Corporate Group.

PT Sigap Prima Astrea memiliki visi untuk menjadi penyedia solusi keamanan terintegrasi nomor 1 di Indonesia. Untuk mewujudkan visi tersebut, PT Sigap Prima Astra berkomitmen untuk terus menyediakan solusi keamanan terintegrasi untuk pelanggan, menyediakan teknologi keamanan sesuai perkembangan zaman, dan memberikan pelayanan prima kepada pelanggan.

Tidak hanya menyediakan solusi keamanan bagi Astra Corporate Group, PT Sigap Prima Astrea kini juga telah mengembangkan bisnisnya dengan menyediakan jasa keamanan bagi perusahaan lain.

Untuk mengenal PT Sigap Prima Astrea, berikut profil selengkapnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari laman resmi perusahaan dan akun media sosialnya, Rabu (18/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anak Perusahaan PT Astra International Tbk

PT Sigap Prima Astrea merupakan salah satu anak perusahaan dari PT Astra International Tbk yang berfokus pada lini bisnis keamanan. PT Sigap Prima Astrea didirikan oleh PT Astra Internasional melalui Koperasi Astra International.

Tujuan didirikannya Pt Sigap Prima Astrea adalah untuk memenuhi kebutuhan penjagaan dan sistem keamanan bagi perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam Astra Corporate Group atau setiap anak perusahaan dari PT Astra International Tbk.

Tidak cukup dengan pencapaian itu, PT Sigap Prima Astrea pun terus mengembangkan bisnisnya. Pada tahun 2004, berbekal kepercayaan yang diberikan PT Astra International Tbk, manajemen PT Sigap Prima Astrea pun memperluas jaringan bisnisnya.

Kini, PT Sigap Prima Astra pun tidak hanya menyediakan jasa penjagaan dan keamanan bagi perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam Astra Corporate Group saja. Selain itu, PT Sigap Prima Astrea juga memenuhi kebutuhan penjagaan serta sistem keamanan di perusahaan lain.

PT Sigap Prima Astrea terus berkomitmen untuk mengoptimalkan integrasi pengamanan fisik berbasis teknologi dengan didukung sistem pelatihan maupun konsultasi di bidang keamanan yang tersebar di seluruh Indonesia.

3 dari 4 halaman

Produk dan Layanan PT Sigap Prima Astrea

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, PT Sigap Prima Astrea merupakan anak perusahaan dari PT Astra International Tbk, yang bergerak di bidang jasa keamanan. Untuk memperoleh keuntungan dan mengembangkan bisnisnya, PT Sigap Prima Astrea menyediakan produk dan layanan antara lain Security Guard, Sigap Academy, Security Intelligence, Security System & Technology, dan K9 - Service.

Di samping itu, Pt Sigap Prima Astrea juga memiliki produk dan layanan tambahan berupa Security Risk Assessment, Government Sales Operation, Task Force Team & Rescue, serta menjual sejumlah produk keamanan. Berikut rincian dari produk dan layanan yang disediakan PT Sigap Prima Astrea.

1. Security Guard

Security Guard merupakan layanan dari PT Sigap Prima Astrea yang memenuhi kebutuhan untuk perlindungan Eksekutif dan Bodyguard Pribadi, pengamanan baik untuk pribadi, kunjungan VIP, dan eksekutif. PT Sigap Prima Astrea siap menyediakan perlindungan baik untuk pengamanan perlindungan secara dekat dan penyediaan keamanan bisnis Anda, diri Anda sendiri, keluarga Anda atau kegiatan Anda. Adapun tim yang bertugas dalam memberikan perlindungan ini merupakan tim yang berkompeten dan terlatih.

2. Sigap Academy

Sigap Academy merupakan salah satu layanan dari PT Sigap Prima Astrea yange berbentuk Lembaga pendidikan dan pelatihan Satuan Pengamanan yang tersertifikasi dan berbasis pada kompetensi sesuai standar Mabes Polri.

3. Security Intelligence

Security Intelligence merupakan salah satu proiduk PT Sigap Prima Astrea yang memberikan informasi secara komprehensif, terpercaya kepada User untuk deteksi dan pencegahan dini gangguan keamanan yang berpotensi mengganggu keberlangsungan bisnis serta sebagai pertimbangan manajemen dalam proses pembuatan keputusan.

4. Security System & Technology

Security System & Technology memrupakan layanan dari PT Sigap Prima Astrea yang hadir untuk memberikan solusi sistem keamanan yang terintegrasi bagi seluruh User dengan memperkuat koordinasi dan monitoring selama 24 jam nonstop.

5. K9 - Service

PT Sigap Prima Astrea telah bekerja sama dengan partner dalam layanan pendukung keamanan menggunakan Satwa (K-9). K-9 telah terlatih dan tersertifikasi untuk mendeteksi barang – barang yang dapat mengganggu keamanan sekitar.

6. Security Risk Assessment

PT Sigap Prima Astrea juga menyediakan layanan jasa perencanaan konsep pengamanan dengan sistem terintegrasi untuk mengakomodir seluruh kebutuhan pelanggan. PT Sigap Prima Astrea akan memberikan rekomendasi keamanan berdasarkan analisis secara teliti dan menyeluruh agar menghasilkan rekomendasi yang tepat, efektif dan efisein.

7. Government Sales Operation

Upaya dan komitmen PT Sigap Prima Astrea dalam memperluas segmentasi pasar ke ranah pemerintah yang juga telah terdaftar dalam LKPP dan dapat mengikuti lelang di jalur LPSE. Dengan adanya GSO, PT Sigap Prima Astrea juga akan membuka peluang dalam menambah relasi bisnis dan kontinuitas perusahaan.

8. Taskforce Team & Rescue

Ini adalah suatu unit atau formasi yang dimiliki PT Sigap Prima Astrea yang dibentuk untuk menjalankan tugas khusus yaitu Investigasi, Pam VVIP, Patroli, Rescure (Penanganan Banjir, Kebakaran, Gempa), Pam Event, Pam Kedukaan serta layanan pengamanan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

4 dari 4 halaman

Alamat Kantor dan Manajemen

Untuk melancarkan operasional bisnisnya, PT SIgap Prima Astrea kini berkantor pusat di Gedung Koperasi Astra Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 66, Cempaka Putih Timur Jakarta Pusat, DKI Jakarta – 10510.

Di kantor tersebut manajemen, termasuk dewan direksi bekerja untuk memenuhi kebutuhan layanan keamanan yang terintegrasi. Adapun dewan direksi dari PT Sigap Prima Astrea saat ini adalah sebagai berikut:

1. Suwito - Presiden Direktur

Suwito menjabat sebagai Presiden Direktur PT Sigap prima Astrea sejak April 2019. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Direktur Operasional pada April 2018.

2. Tarsisius Wijaya - Direktur

Tarsisius Wijaya menjabat sebagai Direktur PT Sigap Prima Astrea sejak Maret 2022. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Direktur Finance PT Marga Mandalasakti pada periode 2018-2022.

3. Harjanto Nurya Hadiwidjaja - Direktur

Harjanto Nurya Hadiwidjaja menjabat sebagai Direktur PT Sigap Prima Astrea sejak April 2020. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Kepala Divisi General Affair di PT Astra Daihatsu Motor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.