Sukses

Yang Bukan Termasuk Cara Melestarikan Budaya Daerah Sekitar adalah Mempelajari Seni Daerah Lain

Yang bukan termasuk cara melestarikan budaya daerah sekitar adalah mempelajari seni bela diri daerah lain.

Liputan6.com, Jakarta Yang bukan termasuk cara melestarikan budaya daerah sekitar adalah mempelajari seni bela diri daerah lain. Hal ini tentunya sangat bertolak belakang dengan cara melestarikan budaya daerah sekitar tempat tinggalmu.

Mempelajari seni daerah lain di sini maksudnya adalah seni daerah yang bukan di tempat tinggalmu. Misalkan, saat seseorang merupakan orang Betawi atau orang Minangkabau, tapi dia malah mempelajari seni bela diri Karate yang berasal dari negeri lain.

Cara melestarikan budaya daerah ini sangat penting dipahami oleh generasi muda sekarang ini. Pasalnya, budaya-budaya asing makin merajalela dan banyak digemari anak muda. Akibatnya, budaya daerah semakin dilupakan dan bisa saja punah ditelan zaman.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (17/1/2023) tentang yang bukan termasuk cara melestarikan budaya daerah sekitar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa itu Budaya?

Sebelum mengetahui yang bukan termasuk cara melestarikan budaya daerah sekitar adalah, kamu tentunya perlu memahami apa itu budaya terlebih dahulu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), budaya adalah pikiran, akal budi, adat istiadat, dan sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan dan sukar diubah. Secara umum, pengertian budaya adalah cara hidup sekelompok orang, yang berarti cara mereka melakukan sesuatu.

Kebudayaan adalah karakteristik dan pengetahuan sekelompok orang tertentu, yang meliputi bahasa, agama, masakan, kebiasaan sosial, musik, dan seni. Budaya adalah pola bersama perilaku dan interaksi, konstruksi kognitif dan pemahaman yang dipelajari oleh sosialisasi. Kelompok yang berbeda mungkin memiliki budaya yang berbeda. Suatu budaya diturunkan ke generasi berikutnya dengan pembelajaran. Paling luas, budaya mencakup semua fenomena manusia yang bukan murni hasil genetika manusia.

3 dari 4 halaman

Fungsi dan Unsur Budaya

Sebelum mengenali yang bukan termasuk cara melestarikan budaya daerah sekitar adalah, kamu juga perlu memahami fungsi budaya. Fungsi budaya adalah sebagai berikut:

- Sebagai Identitas

Budaya memberikan rasa identitas kepada anggota organisasi.

- Sebagai Batas

Budaya berperan sebagai penentu batas-batas, yang artinya budaya menciptakan perbedaan atau yang membuat unik suatu organisasi dan membedakannya dengan organisasi lainnya.

- Sebagai Komitmen

Budaya memberikan fasilitas lahirnya komitmen terhadap sesuatu yang lebih besar daripada kepentingan individu.

- Sebagai Stabilitas

Budaya meningkatkan kemantapan sistem sosial.

- Sebagai pembentuk sikap dan perilaku

Budaya bertindak sebagai mekanisme pembuat makna serta kendali yang menuntun dan membentuk sikap serta perilaku individu.

 

Unsur-Unsur Budaya

Kluckhohn mengemukakan ada 7 unsur kebudayaan secara universal (universal categories of culture) yaitu:

- Bahasa

- Sistem pengetahuan

- Sistem teknologi, dan peralatan

- Sistem kesenian

- Sistem mata pencarian hidup

- Sistem religi

- Sistem kekerabatan, dan organisasi kemasyarakatan

4 dari 4 halaman

Cara Melestarikan Budaya Daerah

Yang bukan termasuk cara melestarikan budaya daerah sekitar adalah lawan dari cara melestarikannya. Cara melestarikan budaya daerah adalah sebagai berikut:

Mengenali dan Praktik Budaya Daerah

Cara melestarikan budaya daerah yang pertama adalah dengan mengenalinya. Kamu harus turun langsung untuk belajar dan berusaha untuk mempertahankan budaya asli daerahmu. Contoh culture experience adalah dengan mengikuti dan mempelajari kegiatan budaya secara langsung, salah satunya menari. Dengan terjun dan menyentuh budaya secara langsung, akan memperkuat rasa dan ikatan antara diri kamu dan budaya itu sendiri. Jadi, yang bukan termasuk cara melestarikan budaya daerah sekitar adalah suatu hal yang perlu kamu hindari.

Dalam mengenali dan praktik budaya daerah, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas. Hal ini dapat memperluas jaringan pelestarian budaya, sehingga kebudayaan daerah tetap berkembang di tengah modernisasi. Dalam satu komunitas, seseorang akan bertemu dengan orang yang memiliki visi dan misi yang sama dalam mempertahankan budaya. Tak hanya itu, di komunitas seseorang juga bisa berdiskusi tentang budaya masing-masing.

Mempelajari Budaya Daerah

Mempelajari budaya daerah merupakan cara melestarikan budaya daerah sekitar yang sangat ampuh. Mempelajari budaya daerah berarti menambah pengetahuan tentang kebudayaan dan mengembangkannya. Jadi, dalam hal ini yang bukan termasuk cara melestarikan budaya daerah sekitar adalah mempelajari budaya daerah lain, atau negara lain.

Memperkenalkan Budaya Daerah Melalui Sosial Media

Memperkenalkan budaya ke ruang yang lebih luas juga merupakan salah satu cara melestarikan budaya daerah. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui sosial media. Jangkauan sosial media sangat luas, sehingga budaya yang dikenalkan pun akan lebih cepat tersebar ke semua kalangan hingga ke mancanegara. Selain itu, melalui hal ini, budaya daerah juga akan berkembang mengikuti modernisasi. Yang bukan termasuk cara melestarikan budaya daerah sekitar adalah malah memperkenalkan budaya daerah lain.

Menggunakan Produk Lokal Daerah

Salah satu hal yang bukan termasuk cara melestarikan budaya daerah sekitar adalah menggunakan produk-produk impor. Jadi, menggunakan produk asli Indonesia juga merupakan bentuk cara melestarikan budaya daerah dan memperkenalkannya. Saat sedang pergi ke luar negeri, gunakan produk Indonesia untuk menarik perhatian warga setempat.

Ekspor Barang Hasil Kerajinan Daerah

Cara melestarikan budaya daerah yang satu ini bisa dilakukan oleh pengusaha. Mempromosikan produk budaya atau kesenian lokal ke luar negeri juga merupakan bentuk menjaga eksistensi budaya. Barang-barang tersebut dapat diekspor ke luar negeri, sehingga akan memperluas pasar. Melalui hal ini, budaya daerah akan tetap terjaga kelestariannya sekaligus dapat berkembang lebih luas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.