Sukses

Profil Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Ketahui Jurusan dan Biaya Kuliahnya

Universitas Muhammadiyah Malang meraih peringkat pertama Universitas Islam Terbaik Dunia 2021 versi UniRank.

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah perguruan tinggi negeri berbasis Islam yang populer di kota Malang. Data tahun 2021 menunjukkan, Universitas Muhammadiyah Malang meraih peringkat pertama Universitas Islam Terbaik Dunia 2021 versi UniRank. Sejarah mencatat Universitas Muhammadiyah Malang sudah berdiri sejak tahun 1964.

Melansir dari situs website resminya, Rektor UMM, Dr. H. Fauzan, M.Pd, mengungkap Universitas Muhammadiyah Malang adalah Kampus Merdeka, dalam kegiatan belajar mengajarnya perguruan tinggi ini memberikan bekal dengan menggabungkan pembelajaran di kelas dengan aplikasi nyata selama masa studi.

Total mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang mencapai lebih dari 35 ribu yang berasal dari dalam dan luar negeri. Kemudian, saat ini terdapat 10 Fakultas dengan 6 Program Internasional, 5 Program Vokasi, 40 Program Studi Strata-1, 6 Program Profesi, 13 Program Magister, dan 4 Program Doktor. 

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang profil Universitas Muhammadiyah Malang, logo, jurusan, dan biaya kuliahnya, Selasa (17/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Terakreditasi A

Kegiatan belajar mengajar yang diterapkan Universitas Muhammadiyah Malang, berhasil mengukir prestasi nasional dan internasional seperti Juara 1 di Kontes Robot Amerika Serikat, juga melahirkan mahakarya yang bermanfaat bagi masyarakat.

Melansir dari situs website resminya, sebut saja Kampung Warna-Warni Jodipan dan Jembatan Kaca Ngalam, hingga Bukit Pelangi di Ponorogo. Selain itu, melalui Center of Excellent, mahasiswa juga didorong untuk menghasilkan inovasi seperti pesawat tak berawak, radar pelacak, minuman dari limbah rambut jagung hingga medical wristband.

Sejak tahun 2013 Universitas Muhammadiyah Malang telah meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nasional (BAN-PT) dalam Surat Keputusan No. 858/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/IX/2021. Peringkat terbaik ini terus dipertahankan. Pada tahun 2021, Universitas Muhammadiyah Malang kembali meraih Akreditasi Unggul melalui Surat Keputusan No. 858/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/IX/2021.

Sebagian besar Program Studi juga Terakreditasi A dan meraih predikat Unggul. Beberapa penghargaan lain juga diraih, salah satunya Akreditasi Sangat Baik dalam pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat dari Dikti dan kategori Bintang 3 (***) QS-Stars dari QS World University Ranking.

Berapa biaya kuliah Universitas Negeri Malang?

Informasi mengenai biaya kuliah Universitas Negeri Malang yang benar bisa diakses melalui situs website resminya di alamat keuangan.umm.ac.id atau klik di sini. Sementara itu, rincian biaya kuliah Universitas Muhammadiyah Malang untuk studi Mahasiswa Baru Vokasi Angkatan 2023 bisa dicek di sini.

Kemudian, biaya kuliah Universitas Muhammadiyah Malang untuk studi Mahasiswa sarjana atau S1 bisa diakses dengan klik di sini. Khusus biaya kuliah Universitas Muhammadiyah studi Mahasiswa Baru Pasca Sarjana bisa dicek di sini.

3 dari 4 halaman

Logo, Visi, dan Misi Universitas Muhammadiyah Malang

Logo dan Lambang Universitas Muhammadiyah Malang

Logo Universitas Muhammadiyah Malang adalah persis seperti pada gambar, bagian atas ada lambang dan bagian bawah tertulis UMM. Ada makna khusus pada logo Universitas Muhammadiyah Malang ini.

Melansir dari situs website resminya, logo Universitas Muhammadiyah Malang terdiri dari lambang berbentuk segi lima, warna dasar biru, di dalamnya tertera tulisan Universitas Muhammadiyah Malang. Ini disertai dengan gambar padi dan kapas dengan simbol "Muhammadiyah" yang mempunyai arti sebagai berikut:

 

1. Segi Lima

Segi lima adalah bagian dari logo Universitas Muhammadiyah Malang dengan arti sesuai dengan semangat rukun islam dan lima sila dalam Pancasila.

2. Warna Dasar Biru

Warna dasar biru adalah bagian dari logo Universitas Muhammadiyah Malang dengan arti lambang kedamaian.

3. Padi dan Kapas

Padi dan kapas adalah bagian dari logo Universitas Muhammadiyah Malang dengan arti memperjuangkan kesejahteraan bangsa dan negara.

4. Lambang Muhammadiyah

Lambang Muhammadiyah adalah bagian dari logo Universitas Muhammadiyah Malang dengan arti Matahari bersinar utama dua belas.

Kemudian, di tengah tertuliskan “Muhammadiyah” (dalam huruf Arab) dan lingkaran kalimat syahadat “Asyhadu an la illaha illa Allah wa asyhadu anna Muhammadan Rasul  Allah” (dalam huruf Arab).

Apa visi dan misi Universitas Muhammadiyah Malang yang perlu diketahui? Ini penjelasannya melansir dari situs website resminya:

Visi Universitas Muhammadiyah Malang

Pada tahun 2030 menjadi Universitas terkemuka dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) berdasarkan nilai-nilai Islam.

Misi Universitas Muhammadiyah Malang

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran secara profesional berbasis penelitian dan perkembangan IPTEKS.

2. Menyelenggarakan penelitian yang berkontribusi pada perkembangan IPTEKS.

3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

4. Menyelenggarakan kerjasama dengan pihak lain yang saling menguntungkan.

5. Menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan terhadap civitas akademika berlandaskan nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyah-an.

6. Menyelenggarakan tata kelola kelembagaan universitas secara profesional berdasarkan nilai-nilai Islam.

4 dari 4 halaman

Universitas Muhammadiyah Malang Punya Lebih dari 50 Jurusan atau Program Studi

Terus beriringan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, melansir dari situs website resminya Universitas Muhammadiyah Malang memiliki jumlah dan jenis program studi di UMM terus bertambah. Saat ini, terdapat 10 Fakultas dengan 6 Program Internasional, 5 Program Vokasi, 40 Program Studi Strata-1, 6 Program Profesi, 13 Program Magister, dan 4 Program Doktor. 

Total mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang mencapai lebih dari 35 ribu yang berasal dari dalam dan luar negeri. Perguruan Tinggi Negeri ini juga didukung oleh dosen, profesor, doktor, dan karyawan yang bersinergi kuat dengan semangat profesionalitas. 

Universitas Muhammadiyah Malang memiliki lebih dari 50 jurusan atau program studi. Ini rincian pilihan program studi Universitas Muhammadiyah Malang yang dimaksudkan melansir dari situs website resminya:

1. Fakultas Agama Islam (FAI)

FAI mencetak profesional di bidang ilmu-ilmu Islam, seperti da’i, tenaga pendidik, professional bidang keuangan syariah, hingga pengusaha. Ada 4 Program Studi yang bisa kamu pilih yakni, Pendidikan Agama Islam (Unggul), Hukum Keluarga Islam (A), Ekonomi Syariah (B) dan Pendidikan Bahas Arab (B).

2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)

FEB menghasilkan lulusan berdaya saing dan berjiwa entrepreneur  Islami. Setelah lulus, kamu bisa berkarir sebagai entrepreneur, penasehat keuangan, manajer lini pertama, dan konsultan bisnis. Jika kalian tertarik, berikut pilihan program studinya Manajemen (A), Akutansi Akreditasi (B) dan Ekonomi Pembangunan (A).

3. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)

Fakultas ini punya beberapa Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan, Hubungan Internasional, Kesejahteraan Sosial dan Sosiologi. Setelah menyelesaikan studi, alumni FISIP banyak berkarya sebagai konten creator, public relation dan humas, entrepreuner di bidang komunikasi kreatif, sineas serta jurnalis.

4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

Ingin jadi pengajar, praktisi atau wirausahawan di bidang pendidikan? Beragam program studi FKIP bisa jadi pilihan. Mulai dari Pendidikan Matematika (A), Pendidikan Biologi (A). Pendidikan Bahasa Indonesia (Unggul), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (A), Pendidikan Bahasa Inggris (Akreditasi A) dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Akreditasi Unggul).

5. Fakultas Psikologi

Selain meraih akreditasi A, Fakultas Psikologi membuka kelas internasional. Ada tiga program studi, yang bisa dipilih yaitu Sarjana Psikologi (S.Psi), Magister Sains Psikologi (M.Si.), dan Magister Profesi Psikologi (M.Psi., Psikolog). Ini cocok untuk kamu yang bercita-cita menjadi Asesor Psikodiagnostik, Konselor dan Psikoterapis, Peneliti serta Konsultan Psikologi.

6. Fakultas Hukum

Mengantongi akreditasi A, Fakultas Hukum UMM akan mengantar kamu menjadi Sarjana Hukum yang professional, humanis dan religius yang berwawasan global, memahami HAM serta berjiwa wirausaha (entrepreunership).

7. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Terdapat tiga program studi yang tersedia di FEB yakni Manajemen, Akutansi dan Ekonomi Pembangunan. Ketiganya telah terakreditasi A dari BAN-PT. Jika kamu memilih bergabung di fakultas ini, berikut beberapa karir yang bisa digeluti, entrepreunership, peneliti bidang ekonomi, bisnis dan pembangunan, hingga meniti karir di dunia perbankan.

8. Fakultas Pertanian – Peternakan

Fasilitas laboratorium dan pengajar professional FPP mendukung kamu jadi peternak dan petani modern yang handal, pengusaha bidang agronomi, hingga tenaga ahli di bidang makanan dan minuman. Pilihan program studi disini Agroteknologi/ Agronomi (A), Agribisnis (Unggul), Ilmu dan Teknologi Pangan (A), Kehutanan (Baik Sekali), Peternakan (Unggul) dan Akuakultur (A).

9. Fakultas Teknik

Fakultas Teknik penuh dengan prestasi membanggakan, baik di tingkat lokal maupun internasional. Mulai dari Kontes Bangunanan Gedung Indonesia (KBGI), Kontes Jembatan Indonesia (KJI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia, Mobil Hemat Energi dan Kontes Robot Internasional di Trinity, Amerika Serikat. Ada 5 program studi yang bisa kamu pilih di FT, yakni Teknik Mesin (A), Teknik Sipil (Baik Sekali), Teknik Industri (A), Informatika (AkA) dan Teknik Elektro (B).

10. Fakultas Kesehatan

Fakultas Ilmu Kesehatan UMM siap mengantarkanmu untuk menjadi tenaga kesehatan professional. Alumni Fikes UMM telah tersebar di berbagai rumah sakit dan pusat kesehatan internasional, mulai dari Jepang, Arab Saudi, hingga Australia. Pilihan program studi disini mulai dari Ilmu Keperawatan (A), Farmasi (B) dan Fisioterapi (B).

11. Fakultas Kedokteran UMM

Pendidikan Kedokteran UMM mengutamakan kualitas pendidikan pre-klinik dan klinik. Melalui jejaring dalam dan luar negeri yang terus dikembangkan, termasuk pengembangan distribusi kerjasama rumah sakit praktikum. Usai menyelesaikan Pendidikan Doker (B), kamu juga bisa langsung melanjutkan Profesi Doktermu di kampus ini.

12. Direktorat Pendidikan Vokasi dan Pelatihan (DVET-UMM)

Belajar di DVET-UMM mempersiapkan kamu untuk handal mengambil peluang dan menjadi pelaku utama dalam Making Indonesia 4.0. Menerapkan budaya CREATIVE (Care, Religious, Entrepreneurship, Agile, Teamwork, Innovative, Visionary, Excellence) lima program studi berikut bisa jadi pilihan, yaitu: D3 Keperawatan, D3 Teknik Elektro, D3 Keuangan dan Perbankan, D4 Agribisnis Unggas dan D4 Bisnis Properti.

13. Direktorat Program Pascasarjana (DPPs)

Pascasarjana UMM terdiri dari 12 Program Magister dan 3 Program Doktor. Berikut adalah pilhan program studi program pasca sarjana: Pendidikan Ilmu Agama Islam, Sosiologi, Pedagogi, Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Ilmu Hukum, Manajemen, Agribisnis, Psikologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Profesi, Biologi, S3, Ilmu Sosial dan Imu Politik, Sosiologi, Pendidikan Agama, Islam dan Ilmu Pertanian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.