Sukses

Transformasi adalah Perubahan Rupa, Berikut Sinonim dan Contoh Penggunaannya

Transformasi adalah kata serapan dari Bahasa Inggris transformation yang memiliki makna perubahan menyeluruh atau dramatis dalam bentuk atau penampilan.

Liputan6.com, Jakarta Transformasi adalah kata yang merujuk pada perubahan rupa suatu objek. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia transformasi adalah kata yang memiliki 2 makna. Pertama, transformasi adalah perubahan rupa bentuk, sifat, fungsi, lain-lai. Kedua, dalam konteks linguistik transformasi adalah perubahan struktur gramatikal menjadi struktur gramatikal lain dengan menambah, mengurangi, atau menata kembali unsur-unsurnya.

Kata transformasi kerap digunakan untuk mewakili kondisi perubahan yang signifikan. Transformasi dapat terjadi secara cepat maupun lambat, kata ini lebih menyorot perubahan besar yang terjadi bukan para lama proses perubahan tersebut.

Transformasi adalah kata serapan dari Bahasa Inggris transformation yang memiliki makna perubahan menyeluruh atau dramatis dalam bentuk atau penampilan. Berikut ulasan  Liputan6.com tentang makna transformasi beserta sinonim dan contoh penggunaannya yang dilansir dari berbagai sumber, Senin (16/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Transformasi adalah Perubahan

Secara sederhana transformasi adalah perubahan perubahan terhadap suatu hal atau keadaan. Jika hal yang berubah adalah budaya, artinya budaya tersebut mengalami pergeseran nuansa atau budaya. Transformasi budaya terjadi dapat diakibatkan oleh pergeseran zaman yang memengaruhi manusia sebagai penghasil budaya.

Transformasi adalah sebuah proses perubahan secara berangsur-angsur sehingga sampai pada tahap ultimate. Perubahan yang digambarkan dengan kata transformasi terjadi karena pengaruh unsur eksternal dan internal yang akan mengarahkan perubahan dari bentuk yang sudah dikenal sebelumnya melalui proses menggandakan secara berulang-ulang atau melipatgandakan

Dalam kehidupan sosial, transformasi kerap digunakan untuk menilai penampilan orang lain karena lama tidak bertemu dengan waktu yang agak lama sehingga ada perubahan signifikan pada bentuk fisik seseorang.

Transformasi tidak hanya mewakili perubahan bentuk fisik maupun sifat, konteks transformasi dapat dikaitkan dengan perubahan struktur dasar menjadi struktur lahir dengan menerapkan kaidah transformasi. Transformasi juga dapat diartikan sebagai perubahan tempat yang beralih fungsi, misalnya ‘rumah kosong transformasi menjadi cafe’.

3 dari 4 halaman

Sinonim Transformasi

Alih Bentuk

Alterasi

Alternasi

Canggaan

Deformasi

Konversi

Metamorfosis

Modifikasi

Mutasi

Peralihan

Pergantian

Permutasi

Persilihan

Pertukaran

Perubahan

Renovasi

Salin Jirim

Transfigurasi

Transisi

Transmutasi

Transposisi

Variasi

4 dari 4 halaman

Contoh Kalimat Menggunakan kata Transformasi

1. Transformasi sejati membutuhkan kejujuran sejati. Jika kamu ingin maju, jadilah nyata dengan dirimu sendiri.

2. Rangkul setiap tantangan dalam hidupmu sebagai kesempatan untuk transformasi diri.

3. Sayap transformasi lahir dari kesabaran dan perjuangan.

4. Tujuan meditasi adalah transformasi pribadi

5. Ketika kita berhenti memikirkan terutama tentang diri kita sendiri dan pelestarian diri kita sendiri, kita mengalami transformasi kesadaran yang benar-benar heroik.

6. Pertumbuhan dan transformasi terjadi bukan dengan mengubah siapa diri kita, tetapi ketika kita mengumpulkan keberanian untuk menjadi diri kita sendiri.

7. Kamu tidak dapat memiliki transformasi fisik sampai kamu memiliki transformasi spiritual

8. Hanya cinta dan kasih sayang yang dapat membawa transformasi sejati dan abadi.

9. Ketika seseorang memilih untuk menghargai dirinya sendiri daripada hal-hal yang dapat dibeli, transformasi sejati dimulai.

10. Transformasi di dunia terjadi ketika orang disembuhkan dan mulai berinvestasi pada orang lain.

11. Solusi terbaik untuk semua masalah manusia adalah transformasi batinnya sendiri.

12. Transformasi tidak otomatis. Itu harus dipelajari; itu harus dipimpin.

13. Latihan adalah bagian tersulit dari pembelajaran, dan pelatihan adalah inti dari transformasi.

14. Transformasi adalah proses berkelanjutan yang cenderung tampak biasa, padahal sebenarnya sedang terjadi sesuatu yang luar biasa.

15. Transformasi tidak dimulai dengan orang lain mengubahmu; Transformasi adalah pengerjaan ulang batin dari dirimu yang sekarang menjadi dirimu yang akan datang.

17. Transformasi tidak terjadi dengan mempelajari informasi baru. Itu terjadi ketika kamu mengubah caramu melihat dan bereaksi terhadap orang lain, peristiwa, dan hal-hal di sekitarmu.

18. Bagiku, kunci umur panjang dan keabadian, dalam arti tertentu, berkaitan dengan transformasi.

19. Dalam jenis dunia yang kita miliki saat ini, transformasi umat manusia mungkin merupakan satu-satunya harapan nyata kita untuk bertahan hidup.

20. Saat ulat mengalami transformasi di dalam kepompong sebelum muncul sebagai kupu-kupu; demikian juga, pengalaman hidup membentuk karakter.

21. Setiap pengalaman negatif menyimpan benih transformasi

22. Pertumbuhan dan transformasi diri tidak dapat didelegasikan

23. Kunci transformasi kita hanyalah ini: makin baik kita mengenal diri sendiri, makin siap kita untuk membuat pilihan dengan bijak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.