Sukses

Efek Makan Kecubung, Pria Ini Berhalusinasi Badannya Dikerubungi Semut

Seorang pria mengalami halusinasi, merasa badannya dikerubungi semut setelah diketahui mengonsumsi kecubung.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video menampilkan seorang pria yang merasa badannya dikerubugi semut viral di media sosial. Menurut video yang diunggah di laman TikTok @alukat4l, pria tersebut mengalami hal demikian karena efek makan kecubung. Lantaran efek tersebut, pria itu pun harus menerima perawatan di rumah sakit.

"Efek makan kebucung obatnya yang manjur apa lorrr," tulis pemilik akun TikTok @alukat4l pada keterangan video, dikutip Liputan6.com, Selasa (10/1/2023).

Perlu diketahui, kecubung merupakan salah satu tanaman yang tumbuh liar di sejumlah wilayah di Indonesia. Pohon kecubung bisa tumbuh mencapai 3 meter dengan daun berwarna hijau, lebar, berbulu dan memiliki sisi yang bergerigi. Bunganya sendiri berbentuk seperti terompet dan dapat mekar pada malam hari.

Tumbuhan ini memiliki bentuk buah kapsul berduri yang berisi biji halus seperti buah tomat. Bila disalahgunakan, buah kecubung bisa berbahaya bagi manusia. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa mengakibatkan halusinasi selama tiga hari. Seperti yang dialami oleh pria dalam video tersebut.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penasaran makan buah kecubung

Video viral yang memperlihatkan seorang pria merasa dikerubungi semut itu pun membuat warganet penasaran dengan kronologinya. Dalam video yang berbeda, pemilik akun menjelaskan jika awalnya pria tersebut penasaran dengan buah kecubung, lalu memakannya.

Alhasil, selama tiga hari belum juga sembuh dan terus berhalusinasi. Karena hal itu, pria tersebut dibawa ke rumah sakit untuk menerima perawatan dan di infus. Tampak dalam video, pria itu terbangun dari tidur dan langsung mengusap semua anggota badannya. Mulai dari kepala, leher, tangan hingga kaki.

Pria tersebut terus merasa jika di badannya ada semut sehingga ia terus melakukan gerakan seperti sedang mengusirnya. Namun, pada kenyataannya tidak ada semut sama sekali di badannya. Efek halusinasi itu pun terus ia rasakan sampai pulang ke rumah.

Menurut keterangan pemilik akun, pria itu masih linglung dan tidur terus meski sudah lewat 4 hari. Saat menerima telepon pun ia masih belum nyambung kalau diajak ngobrol. Pemilik akun pun ikut mendoakan untuk kesembuhan temannya itu.

3 dari 4 halaman

Efek bahaya kecubung

Efek memakan kecubung memang tidak main-main. Bukan hanya bisa merasa halusinasi, namun bisa juga menimbulkan perasaan ketakutan, hingga dehidrasi. Tanaman kecubung memang beracun tetapi memiliki sifat obat tertentu yang dapat bermanfaat bagi manusia.

Kecubung, dalam bahasa Inggris dikenal sebagai tanduk malaikat atau terompet setan adalah tanaman yang berasal dari China yang telah digunakan sebagai ramuan dalam pengobatan tradisional.

Tanaman ini mengandung hyosin, oksalat, lemak dan hyosiamine yang beracun jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Itu bisa menyebabkan ruam kulit, migrain, halusinasi, kejang, kram dan bahkan membuat seseorang koma. Beruntung, pria tersebut hanya menderita halusinasi dan bukan sesuatu yang lebih buruk.

 

4 dari 4 halaman

Komentar warganet

Video yang telah ditonton hingga 4,1 juta kali oleh pengguna TikTok itu juga menuai berbagai komentar dari warganet. Banyak yang masih penasaran apa itu kecubung dan kenapa efeknya sampai begitu. Ada pula yang menceritakan pengalamannya bertemu orang yang juga makan kecubung.

"Ya Allah mas...ngapa makan gituan. Tetangga saya makan gituan keliling rumah pas ditanya sama bokapnya katanya saya lagi umroh," tulis akun @ka_yos1.

"Adikku dlu juga, pulang ke rumah bawa daun nangka kering sekarung dia bilang duit," tulis akun @www.yulai69.

"Air kelapa ijo /degan mas, memang nggak 100% langsung sadar tapi cepet ngilangin halusinasinya," saran akun @zezeutha3.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.