Sukses

Jenis Makanan yang Merupakan Sumber Karbohidrat Adalah Beras, Kenali Alternatif Lainnya

Jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat adalah beras dan makanan-makanan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat adalah asupan yang dibutuhkan tubuh. Karbohidrat adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk memproduksi glukosa atau bahan bakar dalam tubuh. Namun, banyak orang menghindari karbohidrat karena takut gemuk. Padahal karbohidrat adalah sumber energi yang tak boleh dilewatkan.

Hal ini karena sekitar 45 sampai 65 persen sumber kalori tubuh diperoleh dari karbohidrat. Jika kamu mengonsumsi karbohidrat kurang dari jumlah yang disarankan, maka tubuh dapat mengalami kelelahan, sakit kepala, dan mudah sakit.

Jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat adalah beras dan makanan-makanan lainnya. Bahkan, kamu bisa mengonsumsi sumber karbohidrat yang juga mengandung serat tinggi untuk menurunkan berat badan atau melakukan diet.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (30/12/2022) tentang jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jenis Makanan yang Merupakan Sumber Karbohidrat

Beras

Pertama, jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat adalah biji-bijian. Biji-bijian ini di antaranya beras, jagung, oat, dan gandum. Beras atau nasi merupakan sumber karbohidrat utama bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Beras memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi. Kamu bisa memilih nasi merah yang lebih sehat. Nasi merah adalah lauk umum dan alternatif sehat untuk nasi putih. Satu cangkir nasi merah yang dimasak mengandung 36 g karbohidrat. Biji-bijian ini juga kaya akan antioksidan.

Oatmeal

Oatmeal juga merupakan jenis makanan karbohidrat yang bisa menjadi menu makanan kamu saat sedang diet. Serat dalam oatmeal dapat membantu kamu agar kenyang lebih lama, membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan juga dapat mengontrol kadar gula darah. Namun, biasanya kamu memakan oatmeal dengan ditemani oleh makanan lain. Hal inilah yang harus diperhatikan karena terkadang makanan yang ditambahkan ke dalam oatmeal justru memiliki lebih banyak kalori dan gula dibandingkan oatmeal itu sendiri.

Jagung

Jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat adalah jagung. Jagung adalah sayuran populer yang bisa dinikmati orang sepanjang tahun sebagai lauk, rebusan, atau salad. 100 g jagung mengandung 25 g karbohidrat dan 3,36 g protein. Jagung juga menyediakan vitamin C dalam jumlah yang baik. Menurut sebuah penelitian tahun 2007, jagung bermanfaat untuk kadar gula darah dan tekanan darah tinggi.

3 dari 5 halaman

Jenis Makanan yang Merupakan Sumber Karbohidrat

Ubi Jalar

Berikutnya, jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat adalah sayuran, salah satunya yaitu ubi jalar. Ubi jalar memiliki manfaat kesehatan yang berlimpah. Satu ubi jalar berukuran sedang mengandung 100 gram kalori, 25 gram karbohidrat sehat, bahkan kadar vitamin A dengan jumlah 6 kali lipat dari kebutuhan harian kamu.

Tak hanya itu, kandungan serat di dalam ubi jalar juga dapat menyehatkan jantung serta membantu menurunkan risiko diabetes karena mengatur pelepasan insulin dan glukosa dalam tubuh. Jika kamu menderita diabetes, konsumsi ubi jalar dapat membantu mencegah lonjakan gula secara drastis.

Buah Bit

Jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat adalah buah bit. Buah bit kaya akan antioksidan seperti antosianin, betain dan lutein. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan betain dalam buah bit mampu mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular. Tiga buah bit memiliki 100 kalori, 23 gram karbohidrat, 7 gram serat, dan 800 miligram kalium.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan nitrat dalam buah bit dapat meningkatkan performa fisik, khususnya pada kegiatan yang bersifat atletik. Ini menjadi alasan kenapa bit sering dikonsumsi oleh para atlet.

Kentang

Bagi kamu yang sedang diet, mungkin kamu bisa mengganti nasi dengan kentang. Kentang memiliki kandungan pati resisten (pati yang tidak dapat tercerna), sehingga bisa membantu dalam menurunkan berat badan. Namun, jangan menggoreng kentang karena ini akan menambah asupan lemak, yang justru dapat menyumbang kenaikan berat badan, sehingga menggagalkan diet kamu. Pilih memasak kentang dengan cara dikukus atau direbus.

4 dari 5 halaman

Jenis Makanan yang Merupakan Sumber Karbohidrat

Kacang Merah

Kacang merah adalah salah satu kacang yang paling umum untuk dimasukkan dalam berbagai hidangan. Satu cangkir kacang merah mengandung 21 g karbohidrat. Kacang merah juga merupakan sumber protein dan serat yang baik, masing-masing dengan 6,99 g sampai 8,1 g per cangkirnya.Kacang ini juga mengandung kalium dan zat besi.

Buncis

Jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat adalah buncis. Buncis juga termasuk dalam keluarga kacang-kacangan. Satu cangkir buncis mengandung 19,01 g karbohidrat serta 5 g protein. Buncis kaya akan serat dan kalsium. Hasil studi menunjukkan bahwa buncis dapat meningkatkan kesehatan jantung dan pencernaan.

Kurma

Ada banyak varietas kurma, dan mereka secara alami cukup manis untuk digunakan sebagai camilan manis atau hidangan penutup. Ada 17,99 g karbohidrat dalam satu tanggal Medjool yang diadu. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, kalium, dan vitamin A.

Kismis

Kismis adalah anggur kering yang berfungsi sebagai camilan mandiri atau dapat menambahkan rasa dan tekstur pada sereal bar, salad, yogurt, atau granola. Satu cangkir kismis bungkus dalam 129,48 g karbohidrat. Mereka juga mengandung mineral, termasuk kalium, magnesium, fosfor, dan kalsium. Kismis juga merupakan sumber antioksidan yang baik.

5 dari 5 halaman

Jenis Makanan yang Merupakan Sumber Karbohidrat

Mangga

Jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat adalah mangga. Sebanyak satu cangkir buah mangga mengandung 25 gram karbohidrat dengan 100 gram kalori, dan sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian kamu.

Mangga bisa diolah menjadi berbagai macam kudapan sehat selama tidak ditambahkan pemanis buatan. Selain berbagai kandungan di atas, buah mangga juga merupakan sumber utama vitamin A yang berperan penting dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Pisang

Tidak kalah ampuh dari buah mangga, jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat adalah pisang. Buah pisang memiliki rasa yang manis dan dapat mengenyangkan tubuh. Satu pisang berukuran sedang mengandung 100 kalori dan 26 gram karbohidrat sehat.

Selain itu, pisang juga mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan. Para peneliti bahkan menemukan bahwa zat pati dalam pisang dapat mendukung kesehatan usus dan membantu mengontrol gula darah.

Apel

Jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat adalah apel. Satu apel sedang mengandung 25,13 g karbohidrat. Apel juga menyediakan vitamin A dan C, kalium, dan serat. Menurut sebuah penelitian yang melibatkan wanita yang lebih tua, apel dapat menurunkan risiko kematian terkait penyakit, termasuk kematian akibat kanker.

Jeruk

Jeruk terdiri dari air dan mengandung 11,8% karbohidrat. Jeruk adalah sumber serat yang baik. Mereka juga mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi dan senyawa tanaman sehat lainnya. Makan jeruk dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan membantu mencegah anemia.

Blueberry

Blueberry sebagian besar terdiri dari air serta sekitar 14,5% karbohidrat. Blueberry mengandung banyak vitamin, mineral dan antioksidan, dan melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif. Jadi, jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat adalah blueberry.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.