Sukses

Profil PT Haleyora Power, Anak Perusahaan PT PLN Bidang Operation dan Maintenance

Profil PT Haleyora Power, sejarah berdirinya PT Haleyora Power, serta produk dan layanan PT Haleyora Power.

Liputan6.com, Jakarta PT Haleyora Power merupakan anak perusahaan dari PT PLN (Persero) yang bergerak di bidang Operation dan Maintenance pada jaringan transmisi dan distribusi kelistrikan. Berdiri pertama kali pada 18 Oktober 2011, PT Haleyora Power merupakan perusahaan yang bertugas untuk memenuhi kebutuhan listrik dari tambang dan pabrik peleburan feronikel.

Selain itu, PT Haleyora Power juga bergerak di bidang pengamanan layanan operasi dan pemeliharaan jaringan transmisi tegangan menengah, tegangan rendah dan jaringan distribusi listrik. PT Haleyora Power juga melayani jasa survei teknis, operasi dan pemeliharaan instalasi transmisi serta distribusi tenaga listrik.

Terus berkembang dan berinovasi, PT Haleyora Power telah berhasil menjadi anak perusahaan BUMN yang berkontribusi besar dalam proses penyediaan dan perawatan listrik di Indonesia. Dengan komitmen menjaga kualitasnya, PT Haleyora Power menjadi perusahaan yang telah banyak dikenal dan dipercaya oleh masyarakat. 

Lebih lengkapnya, berikut ini ulasan PT Haleyora Power yang Liputan6.com rangkum dari laman resmi haleyorapower.co.id pada Jumat (30/12/2022). Profil PT Haleyora Power, sejarah berdirinya PT Haleyora Power, serta produk dan layanan PT Haleyora Power.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil PT Haleyora Power

Profil PT Haleyora Power

PT Haleyora Power (biasa disingkat HP) bergerak dibidang Operation & Maintenance pada jaringan Transmisi dan Distribusi Kelistrikan. Didirikan sejak 18 Oktober 2011, PT Haleyora Power beroperasi di wilayah Sumatera, Jawa dan Bali.

Sebagai Anak Perusahaan PT PLN (Persero), HP ditugaskan untuk mengelola bisnis penjualan tenaga listrik (ritel), yang di masa mendatang diperkirakan akan makin kompetitif melalui pengembangan penyediaan tenaga listrik dengan layanan dan tarif khusus, sehingga dapat menekan subsidi.

Diawali dengan Direksi PLN melakukan kerjasama dengan PT Pelindo untuk menyalurkan dan menjual listrik kepada tenants di kawasan milik Pelindo dengan skema penjualan listrik secara bulk dan tarif premium kepada perusahaan patungan yang dibentuk oleh Pelindo II dengan HP sebagai wakil dari PLN. Perjanjian pendirian perusahaan No. 001/041/HP/2012 telah ditandatangani pada 4 Oktober 2012.

Visi PT Haleyora Power

- To Be Global

Diartikan bahwa HP mampu memberikan pelayanan dengan standar kelas dunia, dimana pada tahun 2024 HP menjadi trend setter dan pemimpin bagi perusahaan perusahaan yang bergerak pada operasi dan pemeliharaan di bidang transmisi dan distribusi di wilayah Indonesia maupun Asia Tenggara.

- Electricity Network Service Solution

Diartikan bahwa HP berperan sebagai service provisioning yang lean – green – innovative – customer focused dalam sistem ketenagalistrikan terutama operasi dan pemeliharaan di bidang transmisi dan distribusi di captive maupun non captive market.

 

Misi PT Haleyora Power

- Customer Focused

Menyediakan standar layanan kepada pelanggan yang unggul dan berstandard best practice.

- InnovAtive

Mendorong pertumbuhan berkelanjutan melalui model bisnis inovatif berbasis teknologi dan environmental friendly.

- REliable

Menjadi trendsetter O&M Transmisi & Distribusi yang andal & kompetitif.

 

PT Haleyora Power sebagai anak perusahaan wajib melakukan ratifikasi Tata Nilai PLN “AKHLAK”. Sesuai dengan peraturan direksi PT Haleyora Power nomor 0023.P/DIR/2020 Tentang Budaya Perusahaan, Tata Nilai perusahaan memuat 2 hal yakni, Values dan Core Behaviors dimana Values menjadi pondasi dasar timbulnya Core Behaviors, sedangkan Core Behaviors merupakan wujud perilaku utama yang diimplementasikan dalam bersikap, bertindak dan berperilaku. 

Values terdiri atas 6 nilai (AKHLAK) dan core behaviors terdiri atas 20 perilaku utama (Panduan Perilaku). Seluruh pegawai PT Haleyora Power dan anak perusahaan wajib menanamkan Tata Nilai AKHLAK sebagai dasar bersikap, bertindak dan berperilaku untuk mewujudkan budaya perusahaan yang selaras dengan visi, misi dan strategi PT Haleyora Power.

“HALEYORA POWER, BerAKHLAK, ANDAL, TERBAIK”

Alamat : Kindo Square, Blok A15-16. Jl. Duren Tiga Raya No. 101. Duren Tiga Jakarta Selatan 12760.

Email : info@haleyorapower.co.id

Telp : +6221 79192517

Fax : +6221 79192516

3 dari 4 halaman

Sejarah PT Haleyora Power

Sejarah PT Haleyora Power

PT Haleyora Power merupakan anak perusahaan dari PT PLN (Persero) yang bergerak di bidang Operation dan Maintenance pada jaringan transmisi dan distribusi kelistrikan. Didirikan sejak 18 Oktober 2011, PT Haleyora Power beroperasi di wilayah Sumatera, Jawa dan Bali.

Sebagai Anak Perusahaan PT PLN (Persero), HP ditugaskan untuk mengelola bisnis penjualan tenaga listrik (ritel), yang di masa mendatang diperkirakan akan makin kompetitif melalui pengembangan penyediaan tenaga listrik dengan layanan dan tarif khusus, sehingga dapat menekan subsidi.

Diawali dengan Direksi PLN melakukan kerjasama dengan PT Pelindo untuk menyalurkan dan menjual listrik kepada tenants di kawasan milik Pelindo dengan skema penjualan listrik secara bulk dan tarif premium kepada perusahaan patungan yang dibentuk oleh Pelindo II dengan HP sebagai wakil dari PLN. Perjanjian pendirian perusahaan No. 001/041/HP/2012 telah ditandatangani pada 4 Oktober 2012.

Perusahaan patungan ini selanjutnya menyalurkan listrik kepada tenants dengan tarif “business to business” (B2B). Selain bisnis tersebut, HP juga ditugaskan untuk mendukung layanan operasi dan pemeliharaan bidang transmisi dan distribusi tenaga listrik, bekerja sama dengan unit-unit PLN Wilayah melalui Keputusan Direksi No. 459.K/DIR/2012 tertanggal 14 September 2012, tentang Pengamanan Layanan Operasi dan Pemeliharaan Transmisi dan Distribusi Ketenagalistrikan.

4 dari 4 halaman

Produk Dan Layanan PT Haleyora Power

Produk Dan Layanan PT Haleyora Power

1. Transmisi

- Operator Gardu Induk 150 kV dan 20 kV

Pengoperasian Gardu Induk 150 kV dan 20 kV meliputi supervisi, pencatatan, control dan penyetelan kondisi operasi dari semua peralatan, demikian juga dengan patroli harian, perbaikan kecil maupun tindakan-tindakan darurat ketika ada gangguan.

- Inspeksi Jalur Transmisi

Inspeksi jaringan transmisi yang mencakup pemeliharaan.

 

2. Distribusi

- Readiness and Emergency Team

Pekerjaan pelayanan teknik (yantek) untuk operasi dan pemeliharaan bidang distribusi yang mencakup jaringan distribusi dan gardu distribusi.

- Inspeksi dan Pemeliharaan Jaringan Distribusi

Sebuah pekerjaan yang terdiri dari Inspeksi Jaringan Distribusi, Inspeksi Gardu Distribusi, Inspeksi Trafo, Pengukuran beban dan Manajemen Data Aset.

- Inspeksi dan Pemeliharaan Gardu dan Trafo

Pekerjaan Pemeliharaan Jaringan Distribusi dan Gardu Distribusi melingkupi Manajemen ROW, Pemeliharaan Jaringan Distribusi dan Pemeliharaan Gardu Distribusi.

- Pemeliharaan Remote Island

 

3. Niaga

- Meter Reading

Sebuah sistem yang terdiri dari pembacaan kWh Meter dan tata cara penagihan dengan sistem yang saling terintegrasi.

- Billing Collection

Aktivitas perusahaan untuk memastikan bahwa sistem proses, praktik lapangan dan prosedur akan meminimalisasi revenue leakage dan memaksimalkan pendapatan.

- Pemasaran ICONNET

Meliputi feeder, activation, dan pemeliharaan service point

 

4. Layanan

- ListriQu IML

Jasa layanan perbaikan instalasi listrik milik pelanggan rumah tangga meliputi pemasangan instalasi, pemeriksaan instalasi, hingga konsultasi instalasi listrik.

- ListriQu Premium

Jasa layanan instalasi listrik milik pelanggan bisnis, instasi, dan industri. Layanan ListriQu Premium meliputi, pemeriksaan, pemeliharaan, perbaikan, pemasangan baru serta membantu commisioning test dan SLO instalasi kelistrikan pada gedung, trafo, kubikel dan panel tegangan rendah.

- Operation And Maintenance EV Charging

PT Haleyora Power menjawab tren pasar green energy untuk mendukung penggunaan Kendaraan Listrik dengan memberikan layanan pemasangan EV Home Charging Service, SPKLU Private, SPKLU Sharing Economy, SPKLU Investor Owned Investor Operated (IO2)

- PLTS Atap

Untuk mendukung program PT PLN (Persero) dan pemerintah terkait Energi Baru Terbarukan (EBT) 23% pada 2025 maka PT Haleyora Power menyediakan layanan PLTS Atap meliputi pemasangan PLTS Atap On Grid, penanganan gangguan PLTS Atap, dan pemeliharaan PLTS Atap

 

5. Produk Kerjasama

- ICONNET

Haleyora Power juga memberikan kualitas layanan di era digital dengan menjadi operator instalasi Layanan Internet ICONNET berkolaborasi dengan Anak Perusahaan PLN, ICON+.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.