Sukses

16 Manfaat Jeruk Bali Bagi Kesehatan, Tingkatkan Metabolisme Hingga Cegah Kanker

Manfaat jeruk bali bagi kesehatan dan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsinya.

Liputan6.com, Jakarta Jeruk bali merupakan salah satu buah yang sangat populer di Indonesia, tidak hanya karena memiliki rasa yang enak, namun juga karena manfaat jeruk bali yang sangat baik untuk kesehatan. Selayaknya buah sehat lainnya, jeruk bali juga kaya akan zat gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat jeruk bali bisa didapatkan dengan mengonsumsinya secara teratur. Untuk mendapatkan manfaat jeruk bali secara maksimal, anda dapat mengonsumsinya secara langsung. Namun selain itu jeruk bali juga bisa diolah menjadi jus atau olahan cemilan enak lainnya, seperti puding dan salad buah.

Dalam mengonsumsi jeruk bali meskipun memiliki sejuta manfaat, namun konsumsi jeruk bali tetap perlu diperhatikan jika anda berada dalam kondisi kesehatan tertentu. Sebagai contoh adalah ketika anda sedang mengonsumsi obat untuk menurunkan tekanan darah, karena jeruk bali dapat menyerap kandungan obat tersebut dan membuatnya tidak berfungsi.

Lantas apa saja manfaat jeruk bali dan apa saja yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsinya? Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (29/12/2022). Manfaat jeruk bali bagi kesehatan dan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Jeruk Bali Bagi Kesehatan

Manfaat Jeruk Bali Bagi Kesehatan

1. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Jus jeruk bali sangat menghidrasi tubuh karena jeruk bali mengandung sekitar 88% air. Air diperlukan untuk setiap fungsi dan sistem tubuh, dan menjaga tingkat hidrasi yang sehat membantu tubuh anda bekerja lebih efektif secara keseluruhan. Strategi terbaik untuk tetap terhidrasi adalah minum banyak air, tetapi memasukkan makanan tinggi air seperti jeruk bali dalam diet anda juga akan membantu anda tetap terhidrasi. 

2. Membantu menurunkan berat badan

Jeruk bali adalah alternatif yang sehat untuk orang yang menjaga berat badan karena hanya mengandung sekitar 100 kalori. Serat makanan dalam jeruk bali juga memperlambat pencernaan sehingga menunda pengosongan perut. Mereka meningkatkan waktu pencernaan yang dapat membantu anda merasa tetap kenyang dalam waktu yang lebih lama. Selain itu, Anda akan memiliki lebih banyak energi sebagai hasil pencernaan yang lebih lambat, yang merupakan hasil luar biasa lainnya. 

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat jeruk bali yang selanjutnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jeruk bali kaya akan vitamin C. Vitamin C memiliki peran penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan telah terbukti efektif melawan berbagai penyakit. Jeruk bali juga kaya akan vitamin A, yang telah terbukti mendukung fungsi kekebalan tubuh. Kombinasi vitamin C dan A dalam jus grapefruit ini akan menjaga daya tahan tubuh tetap kuat dan mencegahnya terkena berbagai penyakit. 

4. Kaya akan antioksidan

Jeruk bali mengandung banyak mineral sehat dan pelindung serta komponen tanaman dengan karakteristik antioksidan. Dengan kata lain, jeruk bali membantu mempertahankan sel dari potensi bahaya dari bahan kimia tidak stabil yang dikenal sebagai radikal bebas. Selain itu, jeruk bali juga merupakan sumber beta-karoten yang baik, yang diubah tubuh menjadi vitamin A dan dapat menurunkan berkembangnya penyakit kronis seperti degenerasi makula.

3 dari 5 halaman

Manfaat Jeruk Bali Bagi Kesehatan

5. Pencegahan Kanker Paru

Penelitian menunjukkan bahwa jeruk bali juga merupakan pencegahan dan melawan kanker paru-paru. Mengkonsumsi tiga gelas 6 ons setiap hari telah terbukti membalikkan bahaya yang ditimbulkan oleh cerutu dan rokok pada perokok. Jeruk bali mengaktifkan enzim yang melawan penyakit mematikan. Jeruk bali merah muda telah terbukti sangat efektif dalam pencegahan kanker paru-paru.

6. Membantu melindungi tubuh dari Kanker Prostat

Kaya antioksidan yang menyerang karsinogen yang mengintai di sujud adalah manfaat lain dari mengkonsumsi jeruk bali. Penelitian tampaknya menunjukkan bahwa buah bahkan memperbaiki sel yang rusak pada tingkat DNA. Kanker prostat adalah yang paling umum pada pria, penyebab kematian kedua setelah kanker paru-paru. Konsumsi jeruk bali secara teratur dengan diet sehat untuk memerangi dan mencegah penyakit ini.

7. Membantu membersihkan hati

Manfaat jeruk bali yang berikutnya adalah membantu membersihkan racun yang tidak sehat dari tubuh. Minum atau makan jeruk bali dapat membuat anda merasa lebih baik. Detoksifikasi hati dikatakan meningkatkan bantuan secara keseluruhan meringankan gejala kondisi kronis, seperti, depresi, otot kaku dan sakit kepala kronis. Racun berbahaya yang mempengaruhi kesehatan kita ada di sekitar kita, pembersihan dapat membantu menghilangkan beberapa racun mematikan ini.

8. Mencegah Penyakit Gusi

Para ilmuwan menemukan bahwa makan dua jeruk bali sehari mencegah dan dapat membalikkan kerusakan yang disebabkan oleh penyakit gusi. Kesimpulannya, radikal bebas tidak terbentuk saat jeruk bali ditambahkan ke dalam makanan. Penyakit gusi yang tidak diobati atau tidak terdiagnosis dapat menyebabkan kanker mulut. Penyakit gusi juga bisa menyebabkan bakteri yang merusak jantung.

4 dari 5 halaman

Manfaat Jeruk Bali Bagi Kesehatan

9. Meningkatkan Metabolisme 

Jeruk bali juga mempercepat metabolisme tubuh, mendukung upaya anda untuk menurunkan berat badan. Seiring dengan diet yang tepat dan olahraga, peningkatan metabolisme dapat membantu anda menurunkan hingga dua pon seminggu. Manfaat tambahan dari peningkatan metabolisme adalah lemak terus terbakar bahkan saat anda beristirahat. Berat badan bisa turun lebih cepat dan berat badan yang lebih sehat dipertahankan jauh lebih mudah.

10. Membantu mencegah Batu Ginjal

Manfaat jeruk bali yang berikutnya adalah mencegah batu ginjal. Batu ginjal biasanya merupakan penumpukan kalsium, setelah terbentuk, batu ini harus melewati uretra atau dipecah secara medis. Siapapun yang memiliki batu ginjal dapat mengalami kondisi yang sangat menyakitkan. Manfaat terbesar dapat diperoleh dengan meminum hingga satu liter jus grapefruit setiap hari.

11. Membantu menurunkan kolesterol jahat

Mengonsumsi satu jeruk bali setiap hari dapat membantu menurunkan LDL atau kolesterol jahat. Penelitian telah menemukan bahwa konsumsi setengah jeruk bali merah setiap kali makan dapat menurunkan kolesterol jahat hampir 12 miligram per deciliter dan kolesterol totalnya hingga 19 milligram per deciliter. Namun, jika anda sedang mengonsumsi obat penurun kolesterol, jangan menambahkan jeruk bali untuk efek tambahan, karena dapat memberikan akibat interaksi dengan obat tersebut dan menghilangkan khasiatnya.

12. Mempercepat penyembuhan luka

Vitamin C dalam jeruk bali membantu membuat kolagen, protein yang dibutuhkan untuk membantu penyembuhan luka. Dimana Vitamin C mempercepat penyembuhan luka pasca operasi, banyak dokter juga menyarankan untuk mengonsumsi 500 miligram vitamin C sebelum mereka menjalani operasi.

5 dari 5 halaman

Manfaat Jeruk Bali Bagi Kesehatan

13. Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan jeruk bali setiap hari selama enam minggu sedikit meningkatkan tekanan darah sistolik. Efek jeruk bali pada tekanan darah disebabkan karena kadar potasiumnya yang baik. Ini penting karena potasium membantu menetralkan efek negatif sodium.

14. Meningkatkan kesehatan jantung

Salah satu manfaat lain dari jeruk bali adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung. Jeruk bali menurunkan faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol. Selain itu, karena mengonsumsi banyak serat dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dan kadar kolesterol, serat jeruk bali juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Secara keseluruhan, konsumsi buah yang kaya serat dan antioksidan, sebagai bagian dari diet sehat akan membantu mencegah penyakit seperti penyakit jantung dan stroke.

15. Membantu mencegah resistensi insulin dan diabetes

Meski manfaat jeruk bali sudah dikenal luas, sangat sedikit orang yang menyadari potensinya untuk mencegah resistensi insulin. Konsumsi jeruk bali secara teratur memungkinkan tubuh untuk memiliki kemampuan untuk menangkis resistensi insulin penyebab diabetes. Mengkonsumsi jeruk bali dapat membantu mengatur kadar insulin, yang dapat menurunkan risiko anda terkena resistensi insulin.

16. Jeruk Bali baik untuk kulit

Manfaat jeruk bali yang terakhir adalah menjaga kesehatan kulit. Kaya akan vitamin C, jeruk bali sangat baik untuk kulit. Vitamin C bertanggung jawab untuk memproduksi kolagen dalam tubuh, Vitamin C juga menawarkan pertahanan terhadap penuaan dan kerusakan UV. 

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi jeruk bali juga bermanfaat untuk mengobati hiperpigmentasi, perubahan warna dan gejala penuaan. Selain itu, jeruk bali juga mengandung asam sitrat, malat dan tartarat. Asam ini adalah asam alfa-hidroksi (AHA). AHA juga memiliki manfaat untuk memperbaiki tekstur dan elastisitas kulit. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.