Sukses

Apa Itu Nepo Baby? Ketahui Makna dan Asal-usulnya

Nepo Baby adalah singkatan dari “Nepotism Baby” yang berstigma negatif.

Liputan6.com, Jakarta - Nepo Baby belakangan menjadi julukan yang cukup populer di media sosial. Apa itu Nepo Baby? Julukan Nepo Baby adalah singkatan dari “Nepotism Baby” yang artinya diambil dari kata “Nepotism” atau nepotisme. 

Apa itu Nepo Baby adalah mengarah pada julukan untuk seseorang yang “berhasil/sukses” karena kekuatan atau pengaruh dari orang tuanya sendiri. Apa itu Nepo Baby, pada hakikatnya merujuk pada hak istimewa atau privilege yang dimiliki anak-anak artis.

Istilah Nepo Baby pertama kali diungkap dalam esai majalah berjudul New York Magazine: Extremely Overanalyzing Hollywood’s Nepo-Baby Boom oleh penulis senior New York Magazine Nate Jane yang terbit untuk 19 Desember 2022 – 1 Januari 2023.

Seorang Nepo Baby yang diungkap dalam esai tersebut, menggambarkan anak-anak aktris senior hollywood yang bisa menembus industri perfilman tanpa bakat yang mumpuni. Selain industri perfilman, Nepo Baby pun selama ini menjamur di industri mode, televisi, komedi, seni, dan masih banyak lagi.

Nepo Baby adalah julukan yang mengarah pada stigma negatif. Ini mengingat nepotisme adalah kekuasaan atau pengaruh untuk mendukung kerabat, teman, atau rekan, terutama dengan memberi mereka pekerjaan.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang apa itu Nepo Baby, Kamis (29/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nepo Baby adalah Singkatan dari Nepotism Baby

Apa itu Nepo Baby adalah julukan yang lahir ketika Gen Z menemukan artis idolanya tidak sepenuhnya terkenal karena usahanya sendiri. Nepo Baby adalah singkatan dari “Nepotism Baby” yang artinya pengaruh untuk anak atau kekuatan untuk anak dari orang tuanya.

Istilah Nepo Baby pertama kali diungkap dalam esai majalah berjudul New York Magazine: Extremely Overanalyzing Hollywood’s Nepo-Baby Boom oleh penulis senior New York Magazine Nate Jane yang terbit untuk 19 Desember 2022 – 1 Januari 2023.

Apa itu Nepo Baby, pada hakikatnya merujuk pada hak istimewa atau privilege yang dimiliki anak-anak artis Hollywood. Seorang Nepo Baby yang diungkap dalam esai tersebut, menggambarkan anak-anak aktris senior yang bisa menembus industri perfilman tanpa bakat yang mumpuni.

Melansir dari The Sun, dijelaskan Nepo Baby adalah seseorang yang mendapatkan manfaat nepotisme atau kekuatan atau pengaruh, dengan kata lain mereka yang telah “berhasil/sukses” dalam karier karena pengaruh dari ketenaran atau popularitas orang tua mereka.

Nepotisme didefinisikan sebagai praktik yang dilakukan mereka dengan kekuasaan atau pengaruh untuk mendukung kerabat, teman, atau rekan, terutama dengan memberi mereka pekerjaan.

3 dari 4 halaman

Daftar Artis dengan Julukan Nepo Baby

Nama-nama yang disinggung dalam esai adalah Lily Rose Depp, anak dari Johny Depp dan Vanessa Paradis. Ada Maya Hawke, anak dari Uma Thurman dan Ethan Hawke.

Ada Zoe Kravitz, anak dari Lenny Kravitz dan Lisa Bonnet. Kemudian ada Kate Hudson, anak dari Goldie Hawn dan Kurt Russell. Ada Gwyneth Paltrow, anak dari Blythe Danner dan Bruce Paltrow. 

Kemudian, ini daftar artis yang terkenal dengan julukan Nepo Baby versi The Sun:

1. Hailey Beiber adalah putri Stephen Baldwin dan keponakan Alec Baldwin

2. Lily-Rose Depp adalah putri Vanessa Paradis dan Johnny Depp

3. Zosia Mamet adalah putri Lindsay Crouse dan David Mamet

4. Rumer Willis adalah putri Demi Moore dan Bruce Willis

5. Scott Eastwood adalah putra Clint Eastwood

6. Dan Levy adalah putra Eugune Levy

7. Ben Platt adalah putra Marc Platt

8. Maya Hawke adalah putri Uma Thurman dan Ethan Hawke

9. Lily Collins adalah putri Phil Collins

10. Maude Apatow adalah putri Judd Apatow dan Leslie Mann

11. John David Washington adalah putra Denzel Washington

12. O'Shea Jackson Jr adalah putra Ice Cube

13. Margaret Qualley adalah putri Andie Macdowell

14. Zoey Deutch adalah putri Lea Thompson dan Howard Deutch

15. Miley Cyrus adalah putri Billy Ray Cyrus, putri baptis Dolly Parton

16. Zoë Kravitz adalah putri Lenny Kravitz dan Lisa Bonet

4 dari 4 halaman

Nepo Baby Mengarah pada Stigma Negatif

Nepo Baby adalah julukan yang mengarah pada stigma negatif. Praktik apa itu Nepo Baby, diungkap sebenarnya tidak hanya terjadi di industri perfilman. Nepo Baby adalah praktik yang selama ini sudah menjamur di industri mode atau modeling, televisi, komedi, seni, dan masih banyak lagi.

Apa itu Nepo Baby masuk salah satu kategori julukan yang populer di tahun 2022 ini. Melansir dari Vulture dengan penulis yang sama Nate Jones, masih ada julukan lain yang serupa. Ada julukan “Industry Baby” yang menggambarkan aktris sukses di industri perfilman Hollywood karena koneksi.

Kemudian, ada julukan “Culture-Capital Baby” yang menggambarkan artis-artis sukses karena pengaruh dari keuntungan sosial. Secara sosial orang-orang ini bisa menjadi artis karena memiliki mobilitas untuk mudah dikenali oleh banyak orang atau masyarakat. Misalnya seperti berkencan atau menikah dengan seseorang yang orang tuanya terkenal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.