Sukses

Pasangan Ini Melangsungkan Akad Nikah Pakai Bahasa Isyarat, Penuh Haru Bahagia

Unik, pernikahan pasangan ini begitu istimewa karena menggunakan bahasa isyarat.

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan terjadi ketika dua orang yang saling mencintai dipersatukan dalam satu kata atau ikatan. Selain perlu mengetahui tentang ilmu pernikahan, pasangan yang ingin memulai sebuah keluarga juga perlu saling mengetahui secara pasti tentang orang yang akan dinikahinya. Jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Kita sudah banyak melihat upacara pernikahan yang dilakukan oleh masyarakat umum. Bahkan di media sosial, biasanya suatu pernikahan menunjukkan berbagai macam momen. Tidak hanya momen sakralnya saja, namun juga ada cerita lucu yang terjadi di balik pernikahan. Mulai dari pakaian, tempat upacara atau peristiwa unik yang terjadi.

Seperti yang baru-baru ini terjadi. Pasangan difabel menjadi viral di media sosial setelah melakukan ijab dan kabul menggunakan bahasa isyarat yang jarang dibagikan di dunia maya saat ini. Sebuah rekaman video yang dibagikan juru bahasa isyarat akad nikah Siti Zubaidah@82 di laman TikTok pribadinya.

"Alhamdulillah selesai majlis pernikahan Hamizan dan Shafiyah. semoga kekal hinggakm ke syurga. amin," tulis pemilik akun pada keterangan video, dikutip Liputan6.com dari laman TikTok @sliexpertservice, Rabu (28/12/2022).

Dilansir dari Siakap Keli, dalam video tersebut memperlihatkan momen-momen bahagia pasangan spesial itu saat melangsungkan akad nikah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akad nikah menggunakan bahasa isyarat

Video berdurasi 54 detik itu sarat akan haru bercampur bahagia. Kekurangan bukanlah halangan bagi dua hati untuk menjadi satu. Di awal video memperlihatkan mempelai wanita bernama Shafiyyah bersiap-siap sebelum memasuki masjid untuk melaksanakan acara penting dalam pernikahan yaitu akad nikah.

Pria yang diyakini sebagai ayah Shafiyyah, menjadi wali bagi anaknya untuk membacakan akad kepada pria difabel, Hamizan. Setiap kata yang diucapkan, juru bahasa isyarat berdiri di depan pria itu dan menerjemahkannya dengan bahasa isyarat.

Setelah wali selesai, laki-laki itu pun 'mengucapkan' akad dengan bahasa isyarat dan diterjemahkan oleh penerjemah menggunakan kata-kata ayah Shafiyyah. Momen tersebut merupakan momen spesial yang diabadikan, khususnya bagi keluarga mempelai wanita.

Melihat kolom komentar, rata-rata banyak yang mengucapkan terima kasih kepada dua orang 'spesial' tersebut karena berhasil menjadi pasangan suami istri hanya dengan satu kata.

Dimaklumi bahwa tata cara pasangan khusus yang ingin mengucapkan ijab dan kabul sama dengan orang biasa, hanya saja pada saat pembacaan akad penerjemah akan ikut serta menerjemahkan di samping. Setelah itu, pengantin pria akan menerima dalam bahasa isyarat.

3 dari 3 halaman

Komentar warganet

Video pasangan yang menggunakan bahasa isyarat saat akad nikah itu sudah ditonton hampir 3ribu pengguna TikTok. Warganet pun ikut mendoakan pasangan tersebut dalam kolom komentar.

"Selamat pengantin baru semoga bahagia hingga ke akhir hayat," tulis akun @zainihasshim895.

"Hadir support," tulis akun @ersyan88,

"Alhamdulillah," tulis akun @lesung_pipit82.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.