Sukses

Bahaya Diabetes, Kenali Penyebab, Gejala dan Cara Mencegahnya

Pengertian penyakit diabetes, bahaya diabetes, gejala diabetes, jenis diabetes, beserta dengan cara pengobatan dan pencegahan diabetes yang perlu diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Diabetes adalah penyakit yang menghantui banyak orang karena diabetes yang tidak ditangani bisa menjadi sangat berbahaya, hingga mengancam jiwa. Dapat diderita oleh siapapun, penyakit diabetes adalah kondisi dimana terdapat gangguan metabolisme kronis, beserta dengan kadar gula darah meningkat atau berada di ambang batas normal.

Tidak hanya mengganggu metabolisme tubuh, bahaya diabetes juga dapat membawa dampak serius pada kesehatan tubuh lainnya, seperti jantung, pembuluh darah, ginjal, sistem saraf hingga mata. Tingginya komplikasi penyakit diabetes, membuat diabetes masuk kedalam daftar penyakit yang harus diwaspadai ciri-cirinya.

Oleh karena itu, kesadaran masyarakat akan diabetes perlulah ditingkatkan. Tidak hanya tentang bahaya diabetes, namun juga gejala, penyebab, cara pengobatan hingga cara mencegah diabetes, menjadi hal yang perlu untuk diketahui oleh masyarakat luas.

Untuk itu, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (28/12/2022). Pengertian penyakit diabetes, bahaya diabetes, gejala diabetes, jenis diabetes, beserta dengan cara pengobatan dan pencegahan diabetes yang perlu diketahui.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Apa Itu Diabetes?

Apa Itu Diabetes?

Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis (tahan lama) yang mempengaruhi cara tubuh Anda mengubah makanan menjadi energi. Diabetes terjadi ketika tubuh tidak dapat mengambil gula (glukosa) ke dalam selnya dan menggunakannya untuk energi. Ini menghasilkan penumpukan gula ekstra dalam aliran darah.

Tubuh memecah sebagian besar makanan yang dimakan menjadi gula (glukosa) dan melepaskannya ke aliran darah. Ketika gula darah naik, itu memberi sinyal pada pankreas untuk melepaskan insulin. Insulin bertindak seperti kunci untuk membiarkan gula darah masuk ke sel tubuh untuk digunakan sebagai energi.

Dengan diabetes, tubuh anda tidak membuat cukup insulin atau tidak dapat menggunakannya sebagaimana mestinya. Ketika tidak ada cukup insulin atau sel berhenti merespons insulin , terlalu banyak gula darah tetap berada di aliran darah anda. 

Seiring waktu, hal itu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti penyakit jantung, kehilangan penglihatan dan penyakit ginjal .Salah urus diabetes juga dapat menyebabkan konsekuensi serius, seperti menyebabkan kerusakan pada berbagai organ dan jaringan tubuh secara menyeluruh. 

3 dari 9 halaman

Jenis Diabetes

Jenis Diabetes

1. Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 diduga disebabkan oleh reaksi autoimun (tubuh menyerang dirinya sendiri secara tidak sengaja). Reaksi ini menghentikan tubuh Anda membuat insulin. Sekitar 5-10% penderita diabetes memiliki tipe 1. Gejala diabetes tipe 1 seringkali berkembang dengan cepat. Biasanya didiagnosis pada anak-anak, remaja, dan dewasa muda. Jika Anda menderita diabetes tipe 1, Anda harus mengonsumsi insulin setiap hari untuk bertahan hidup. Saat ini, tidak ada yang tahu cara mencegah diabetes tipe 1.

2. Diabetes Tipe 2

Dengan diabetes tipe 2, tubuh Anda tidak menggunakan insulin dengan baik dan tidak dapat menjaga gula darah pada tingkat normal. Sekitar 90-95% penderita diabetes memiliki tipe 2. Ini berkembang selama bertahun-tahun dan biasanya didiagnosis pada orang dewasa (tetapi lebih banyak pada anak-anak, remaja, dan dewasa muda). Anda mungkin tidak melihat gejala apa pun, jadi penting untuk memeriksakan gula darah jika anda berisiko.

3. Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional berkembang pada wanita hamil yang tidak pernah menderita diabetes. Jika anda menderita diabetes gestasional, bayi anda mungkin berisiko lebih tinggi mengalami masalah kesehatan. Diabetes gestasional biasanya hilang setelah bayi anda lahir. Namun, itu meningkatkan risiko diabetes tipe 2 di kemudian hari. Bayi lebih cenderung mengalami obesitas saat masih anak-anak atau remaja dan mengembangkan diabetes tipe 2 di kemudian hari.

4. Prediabetes

Tipe prediabetes merupakan stadium sebelum diabetes tipe 2. Dimana kadar glukosa darah anda lebih tinggi dari normal tetapi tidak cukup tinggi untuk secara resmi didiagnosis dengan diabetes tipe 2.

4 dari 9 halaman

Faktor Resiko Diabetes

Faktor Resiko Diabetes

Terdapat faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang dapat terkena diabetes. Setiap resiko diabetes memilih faktor yang berbeda tergantung pada jenis diabetes yang akhirnya akan kembangkan.

Faktor risiko diabetes tipe 1 meliputi:

- Memiliki riwayat keluarga (orang tua atau saudara kandung) diabetes tipe 1.

- Cedera pada pankreas (seperti karena infeksi, tumor, pembedahan atau kecelakaan).

- Adanya autoantibodi (antibodi yang secara keliru menyerang jaringan atau organ tubuh Anda sendiri).

- Stres fisik (seperti operasi atau penyakit).

- Paparan penyakit yang disebabkan oleh virus.

 

Faktor risiko prediabetes dan diabetes tipe 2 meliputi:

- Riwayat keluarga (orang tua atau saudara kandung) pradiabetes atau diabetes tipe 2.

- Menjadi kulit hitam, Hispanik, Amerika Asli, ras Asia-Amerika atau Kepulauan Pasifik.

- Memiliki kelebihan berat badan/obesitas.

- Memiliki tekanan darah tinggi .

- Memiliki kolesterol HDL rendah ( kolesterol "baik") dan kadar trigliserida tinggi.

- Menjadi tidak aktif secara fisik.

- Berusia 45 tahun atau lebih.

- Memiliki diabetes gestasional atau melahirkan bayi dengan berat lebih dari 9 pon.

- Memiliki sindrom ovarium polikistik .

- Memiliki riwayat penyakit jantung atau stroke .

- Perokok aktif dan pasif

 

Faktor risiko diabetes gestasional meliputi:

- Riwayat keluarga (orang tua atau saudara kandung) pradiabetes atau diabetes tipe 2.

- Menjadi Afrika-Amerika, Hispanik, Amerika Asli, atau Asia-Amerika.

- Memiliki kelebihan berat badan/obesitas sebelum hamil.

- Berusia di atas 25 tahun.

5 dari 9 halaman

Penyebab Diabetes

Penyebab Diabetes

Penyebab diabetes apa pun jenisnya adalah terlalu banyak glukosa yang beredar di aliran darah anda. Namun, alasan mengapa kadar glukosa darah anda tinggi berbeda tergantung pada jenis diabetesnya. Berikut penjelasan lengkapnya :

Penyebab diabetes tipe 1: Ini adalah penyakit sistem kekebalan tubuh. Tubuh anda menyerang dan menghancurkan sel penghasil insulin di pankreas anda. Tanpa insulin untuk memungkinkan glukosa memasuki sel Anda, glukosa menumpuk di aliran darah anda. Gen juga dapat berperan pada beberapa pasien. Juga, virus dapat memicu serangan sistem kekebalan tubuh.

Penyebab diabetes tipe 2 dan prediabetes: Sel-sel tubuh anda tidak mengizinkan insulin bekerja sebagaimana mestinya untuk membiarkan glukosa masuk ke dalam selnya. Sel-sel tubuh anda menjadi kebal terhadap insulin. Pankreas anda tidak dapat mengimbangi dan menghasilkan cukup insulin untuk mengatasi resistensi ini. Kadar glukosa meningkat dalam aliran darah anda.

Diabetes gestasional: Hormon yang diproduksi oleh plasenta selama kehamilan anda membuat sel-sel tubuhanda lebih tahan terhadap insulin. Pankreas anda tidak dapat membuat cukup insulin untuk mengatasi resistensi ini. Terlalu banyak glukosa tetap dalam aliran darah anda.

6 dari 9 halaman

Gejala Diabetes

Gejala Diabetes

Gejala diabetes secara umum dapat meliputi:

- Meningkatnya rasa haus.

- Lemah, perasaan lelah.

- Penglihatan kabur.

- Mati rasa atau kesemutan di tangan atau kaki.

- Luka atau luka yang penyembuhannya lambat.

- Penurunan berat badan yang tidak direncanakan.

- Sering buang air kecil.

- Infeksi yang sering tidak dapat dijelaskan.

- Mulut kering.

Sedangkan secara khusus berdasarkan tipe diabetes yang ada, berikut adalah gejala yang mungkin ditimbulkan : 

Gejala diabetes tipe 1 : Gejala dapat berkembang dengan cepat selama beberapa minggu atau bulan. Gejala dimulai saat anda masih muda sebagai anak-anak, remaja atau dewasa muda. Gejala tambahan termasuk mual, muntah atau sakit perut dan infeksi jamur atau infeksi saluran kemih.

Diabetes tipe 2 dan gejala pra diabetes : Anda mungkin tidak memiliki gejala sama sekali atau mungkin tidak menyadarinya karena berkembang perlahan selama beberapa tahun. Gejala biasanya mulai berkembang saat anda dewasa, tetapi prediabetes dan diabetes tipe 2 meningkat di semua kelompok umur.

Diabetes gestasional : Anda biasanya tidak akan menyadari gejalanya. Dokter kandungan anda akan menguji anda untuk diabetes gestasional antara 24 dan 28 minggu kehamilan anda.

7 dari 9 halaman

Bahaya Diabetes

Bahaya Diabetes

Jika kadar glukosa darah anda tetap tinggi dalam jangka waktu yang lama, jaringan dan organ tubuh anda bisa rusak parah. Diabetes yang anda alami bisa jadi sangat berbahaya dan beberapa komplikasi yang muncul dapat mengancam jiwa dari waktu ke waktu. Komplikasi diabetes meliputi:

- Masalah kardiovaskular termasuk penyakit arteri koroner, nyeri dada, serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan aterosklerosis.

- Kerusakan saraf (neuropati) yang menyebabkan mati rasa dan kesemutan yang dimulai dari jari kaki atau jari kemudian menyebar.

- Kerusakan ginjal (nefropati) yang dapat menyebabkan gagal ginjal atau perlunya dialisis atau transplantasi .

- Kerusakan mata (retinopati) yang dapat menyebabkan kebutaan, katarak dan glaukoma .

- Kerusakan kaki termasuk kerusakan saraf, aliran darah yang buruk dan penyembuhan luka dan luka yang buruk.

- Infeksi kulit.

- Disfungsi ereksi.

- Gangguan pendengaran.

- Depresi.

- Demensia.

- Masalah gigi.

 

Komplikasi diabetes gestasional:

Pada ibu : Preeklampsia (tekanan darah tinggi, kelebihan protein dalam urin, kaki bengkak), risiko diabetes gestasional selama kehamilan berikutnya dan risiko diabetes di kemudian hari.

Pada bayi baru lahir : Berat lahir lebih tinggi dari normal, gula darah rendah (hipoglikemia), risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 dari waktu ke waktu dan kematian segera setelah lahir.

8 dari 9 halaman

Pengobatan Diabetes

Pengobatan Diabetes

Perawatan dan pengobatan untuk diabetes tergantung pada jenis diabetes yang diderita, seberapa baik kadar glukosa darah anda dapat dikelola dan kondisi kesehatan anda yang lain juga turut mempengaruhi.

- Diabetes tipe 1 : Jika anda memiliki tipe ini, anda harus mengonsumsi insulin setiap hari. Hal ini karena pankreas anda tidak lagi membuat insulin.

- Diabetes tipe 2 : Jika anda memiliki tipe ini, pengobatan dapat mencakup obat-obatan (baik untuk diabetes maupun untuk kondisi yang merupakan faktor risiko diabetes), insulin dan perubahan gaya hidup seperti menurunkan berat badan, membuat pilihan makanan sehat dan lebih aktif secara fisik.

- Prediabetes : Jika anda menderita prediabetes, tujuannya adalah mencegah anda berkembang menjadi diabetes. Perawatan difokuskan pada faktor risiko yang dapat diobati, seperti menurunkan berat badan dengan makan makanan sehat (seperti diet Mediterania) dan berolahraga (setidaknya lima hari seminggu selama 30 menit). Banyak strategi yang digunakan untuk mencegah diabetes sama dengan yang direkomendasikan untuk mengobati diabetes.

- Diabetes gestasional : Jika anda memiliki tipe ini dan kadar glukosa anda tidak terlalu tinggi, pengobatan awal anda mungkin mengubah pola makan dan berolahraga secara teratur. Jika tujuan target masih belum tercapai atau kadar glukosa anda sangat tinggi, tim kesehatan anda mungkin akan memulai pengobatan atau insulin.

Obat oral dan insulin bekerja dengan salah satu cara berikut untuk mengobati diabetes :

- Merangsang pankreas untuk membuat dan melepaskan lebih banyak insulin.

- Memperlambat pelepasan glukosa dari hati (glukosa ekstra disimpan di hati).

- Membantu membersihkan tubuh dari glukosa melalui peningkatan buang air kecil.

- Memblokir pemecahan karbohidrat di perut atau usus sehingga jaringan lebih sensitif terhadap insulin.

9 dari 9 halaman

Cara Mencegah Diabetes

Cara Mencegah Diabetes

Meskipun faktor risiko diabetes seperti riwayat keluarga dan ras tidak dapat diubah, ada faktor risiko lain yang dapat anda atasi, sampai batas tertentu. Mengadopsi beberapa kebiasaan gaya hidup sehat yang tercantum dibawah ini dapat menurunkan faktor risiko kemungkinan terkena diabetes :

- Makan makanan yang sehat, seperti diet Mediterania atau Dash. Simpan buku harian makanan dan hitung kalori dari semua yang dimakan. Memotong 250 kalori per hari dapat membantu menurunkan ½ pon per minggu.

- Dapatkan aktif secara fisik. Bertujuan untuk 30 menit sehari setidaknya lima hari seminggu. Mulailah dengan lambat dan kerjakan hingga jumlah ini atau bagi menit-menit ini menjadi segmen 10 menit yang lebih bisa dilakukan. Berjalan adalah olahraga yang bagus.

- Berusahalah untuk mencapai berat badan yang sehat bagi anda. Jangan menurunkan berat badan jika anda sedang hamil, tetapi tanyakan kepada dokter kandungan anda tentang kenaikan berat badan yang sehat selama kehamilan anda.

- Turunkan stres. Pelajari teknik relaksasi, latihan pernapasan dalam, meditasi sadar, yoga, dan strategi bermanfaat lainnya.

- Batasi asupan alkohol. Pria harus minum tidak lebih dari dua minuman yang mengandung alkohol sehari, wanita harus minum tidak lebih dari satu.

- Dapatkan jumlah tidur yang cukup (biasanya 7 hingga 9 jam).

- Berhenti merokok .

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.