Sukses

Cara Mencari Siaran TV Digital secara Manual dan Otomatis, Mudah dan Praktis

Cara mencari saluran TV digital bisa dilakukan dengan dua cara, yakni secara otomatis dan manual.

Liputan6.com, Jakarta Peralihan dari TV analog ke TV digital tampaknya masih membuat banyak orang kesulitan untuk dapat menikmatinya. Banyak orang tampaknya belum terbiasa dengan saluran TV digital. Padahal TV digital memiliki sejumlah kelebihan yang tidak dimiliki TV analog.

Menurut keterangan resmi dari Kementerian Kominfo, seperti dikutip dari Liputan6.com, siaran TV digital menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi, sehingga masyarakat bisa menyaksikan siaran TV dengan kualitas gambar yang lebih bersih dan suara yang lebih jernih.

Peralihan siaran TV analog ke siaran TV digital juga membantu masyarakat untuk mendapatkan siaran televisi gratis selama 24 jam, yang sebelumnya hanya bisa diakses melalui parabola atau langganan berbayar. Hanya saja untuk mencari saluran TV digital, masyarakat tampaknya masih mengalami kesulitan.

Cara mencari saluran TV digital bisa dilakukan dengan dua cara, yakni secara otomatis dan manual. Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam cara mencari siaran TV digital secara manual. Berikut cara-caranya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (16/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pastikan TV dapat Mendukung Saluran Digital

Memastikan TV mendukung saluran digital adalah langkah penting dalam cara mencari siaran TV digital secara manual. Sebab, jika Tv tidak mendukung saluran digital, mau bagaimanapun cara mencari siaran TV digital secara manual atau otomatis, tidak akan ditemukan.

Cara untuk memastikan televisi milikmu dapat mengakses TV digital adalah dengan melihat spesifikasi produk. Umumnya setiap pembelian televisi akan disertai dengan buku atau kertas spesifikasi produk, tetapi jika kamu kehilangan buku tersebut kamu dapat mengeceknya di internet.

Adapun jenis TV yang mendukung saluran TV digital adalah jenis smart TV. Jenis TV analog atau TV tabung pun sebenarnya bisa digunakan untuk menikmati siaran TV digital, namun harus dilengkapi dengan alat tambahan, yakni STB (Set Top Box).

 

2. Masuk Menu Pengaturan di Televisi

Langkah berikutnya dalam cara mencari siaran TV digital adalah masuk ke menu pengaturan dalam layar kacamu. Ambil remot TV milikmu dan akses menu pengaturan dengan menekan tombol Settings.

Umumnya tombol ini memiliki gambar gerigi roda atau terdapat tulisan Settings di atasnya. Kemudian, tekan pilihan bernama Program atau Programs. Menu tersebut dapat membantu kamu mencari siaran televisi digital baik secara otomatis atau manual.

3 dari 5 halaman

3. Cara Mencari Siaran TV Digital secara Otomatis

Langkah berikutnya dalam cara mencari siaran TV digital adalah dengan melakukan pencarian sinyal. Untuk mempermudah pencarian sinyal, kita bisa menggunakan fitur pencarian otomatis. Setelah membuka menu Settings dan memilih tombol Program.

Lanjutkan pencarian dengan mengklik menu Auto Tuning. Klik menggunakan antena jika televisimu menggunakan alat penangkap sinyal antena. Namun, jika tidak memiliki antena, kamu dapat memilih menggunakan STB atau Cable. Terakhir, pilih Start untuk memulai pencarian sinyal televisi.

4. Tunggu sampai TV Menemukan Siaran

Langkah terakhir dalam cara mencari siaran TV digital secara otomatis adalah menunggu sampai perangkat menangkap semua saluran televisi. Umumnya anda dapat menonton di layar berapa banyak sinyal yang terbaca dan tersimpan di televisimu.

Simbol DTV menandakan jumlah program siaran televisi yang dapat ditangkap oleh barang elektronik milikmu. Tunggu sampai semuanya selesai, kemudian kamu dapat langsung menonton siaran televisi digital langsung dari layar kacamu.

4 dari 5 halaman

5. Cara Mencari Siaran TV Digital Secara Manual

Untuk cara mencari siaran TV digital secara manual, Anda hanya perlu mengikuti langkah 1 dan 2. Kemudian, jika tadi kita memilih auto tuning, makan dalam cara mencari siaran TV digital secara manual, kita memilih manual tuning, atau pencarian manual.

6. Masukkan Kode Towe Pemancar

Setelah itu masukkan kode tower pemancar dan parameter nomor MUX. Nomor ini bervariasi tergantung di mana Anda tinggal. Jika Anda tidak yakin apa milik Anda, Anda harus menghubungi penyedia layanan Anda.

Setelah memasukkan kode tower dan parameter nomor MUX, tunggu beberapa saat. Jika perlu putar antena untuk mendapatkan sinyal terkuat. Pilih menu Start untuk memindai saluran. Tunggu hingga selesai. Cara mencari siaran TV digital telah selesai, dan sejumlah siaran televisi akan tersimpan otomatis.

5 dari 5 halaman

Kelebihan TV Digital

Migrasi dari TV analog ke TV digital tentu karena berbagai pertimbangan. Adapun pertimbangan untuk migrasi ke TV digital antara lain adalah sejumlah kelebihan dari TV digital, antara lain sebagai berikut:

a. Siaran yang lebih beragam

Salah satu kelebihan TV Digital adalah jenis siarannya yang lebih beragam. Dengan pertambahan jumlah penyelenggara siaran inilah yang berpotensi meningkatkan keragaman siaran televisi.

b. Mendorong Industri Kreatif

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengatakan bahwa siaran TV digital juga bisa mendorong industri kreatif untuk lebih banyak berkontribusi di bidang penyiaran

c. Siaran Lebih Beragam

Industri kreatif yang terdorong ini nantinya akan menambahkan banyak saluran TV, yang nantinya juga akan program televisi menjadi semakin beragam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.