Sukses

PT Primafood International, Perusahaan di Bidang Distribusi dan Makanan Olahan

PT Primafood International merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi dan makanan olahan beku merk Fiesta dan Champ. PT ini adalah anak perusahaan Charoen Pokphand Group.

Liputan6.com, Jakarta PT Primafood International merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi dan makanan olahan beku merk Fiesta dan Champ. PT ini adalah anak perusahaan Charoen Pokphand Group. Adapun Prima Freshmart memiliki toko retail yang menjual ayam segar, ayam beku, daging ayam parting, telur omega selain itu juga menyediakan produk olahan dengan merek dagang FIESTA dan CHAMP seperti, nugget, chicken sausage, chicken ball dan kentang olahan dengan harga hemat . 

PT Primafood International berhasil diakuisisi oleh Charoen Pokphand Group (C.P. Group) yang kemudian mengoperasikan beragam lini bisnis diantaranya Agro-Industri dan Makanan, Bisnis Ritel dan Distribusi, Media dan Telekomunikasi, Bisnis E-Commerce dan Digital dan masih banyak lagi. 

PT Primafood International adalah salah satu perusahaan yang berkomitmen menghasilkan produk produk berkualitas, sehingga setiap produknya sudah memiliki sertifikat dan terdaftar yaitu ISO 9001 versi 2008 & HACCP versi CODEX2. Tak hanya itu, sertifikat Halal dari MUI3, juga telah terdaftar di BPOM ( Badan Pengawasan Obat dan Makanan ). PT Primafood International yang berada di bawah naungan PT.Charoen Pokphand Indonesia telah memiliki kantor cabang di Medan, Palembang,Banten, Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya. 

Berikut ini profil singkat PT Primafood International yang Liputan6.com rangkum dari beerbagai sumber, Selasa (13/12/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal PT Primafood International dan Kegiatan Usahanya

 

PT Primafood International adalah salah satu anak perusahaan PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk. Pada tahun 1997 perusahaan ini kemudian mengembangkan bisnis yang bergerak, dibidang industri pengolahan makanan berbahan baku ayam dengan membuka pabrik di daerah Cikande, Serang. Perseroan ini merupakan salah satu pabrik pengolahan ayam termodern, yang ada di Indonesia.

PT. Primafood International juga memiliki standar pengolahan produk, diantaranya pengawasan quality control (QC) yang ketat, dengan menerapkan sistem ISO 9001:2008. Selain itu, ada juga HACCP (Hazard Analytical CriticalControl Point). Berbagai produk yang diproses, dilakukan dengan mesin pengolahan makanan high technology yang canggihdan modern.

Setelah mengenal anak perusahaannya, maka sebaiknya Anda perlu mengetahui PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (”Perseroan”) yang didirikan di Indonesia dengan nama PT Charoen Pokphand Indonesia Animal Feedmill Co. Limited, berdasarkan Akta Notaris Drs. Gde Ngurah Rai, S.H., No. 6 tanggal 7 Januari 1972. Berdasarkan dengan Anggaran Dasar terakhir yang tertuang, maka ada beberapa kegiatan usaha yang digeluti oleh perusahaan ini diantaranya:

- Pembibitan Ayam Ras

- Kegiatan Rumah Potong dan Pengepakan Daging Bukan Unggas

- Kegiatan Rumah Potong dan Pengepakan Daging Unggas

- Industri Pengolahan dan Pengawetan Produk Daging dan Daging Unggas

- Industri Pembekuan Buah-Buahan dan Sayuran

- Industri Tepung Campuran dan Adonan Tepung

- Industri Makanan dan Masakan Olahan

- Industri Bumbu Masak dan Penyedap Masakan

- Industri Ransum Makanan Hewan

- Industri Produk Farmasi untuk Hewan

- Industri Barang Dari Plastik Untuk Pengemasan

- Industri Perlengkapan dan Peralatan Rumah Tangga (TidakTermasuk Furnitur)

- Perdagangan Besar Binatang Hidup dan masih banyak lagi. 

3 dari 5 halaman

Tentang Prima Fresh Mart

Salah satu bidang usaha PT. Primafood International adalah Prima Freshmart, yang tercatat sudah melayani konsumen selama 10 tahun dan memiliki hampir 1200 gerai di Pulau Jawa, Bali dan Sumatera. Tak lama setelah itu, PT. Primafood International kemudian melakukan inovasi baru, dengan membuka toko online yang bisa diakses oleh masyarakat.

PT. Primafood International sebagai bagian dari PT. Charoen Pokphand Indonesia, Tbk, yang saat ini merupakan salah satu perusahaan pakan ternak terbesar di Indonesia. Perusahaan ini kemudian menyediakan ragam pilihan produk yang lengkap, dengan harga terbaik bagi pelanggan. Adapun berbagai varian produk pilihan saat ini adalah:

- Menyediakan beragam produk kebutuhan pangan dalam berbagai bentuk varian seperti

a. Daging ayam segar

b. Daging ayam beku

c. Daging ayam parting

d. Telur omega dan produk olahan ayam

e. Bahan makanan seperti beras kualitas super

f. Produk makanan instan

g. Beragam bumbu dapur dan lain sebagainya.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Fiesta

PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (Food Division), selanjutnya disebut CP Food, mengembangkan bisnis di bidang industri pengolahan makanan berbahan baku ayam, dengan membuka pabrik di daerah Kawasan Industri Modern Cikande, Jalan Modern Industri IV kav 6-8, Desa Nambo Ilir, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, Banten.

Salah satu bidang usaha PT. Primafood International adalah Fiesta. Anak perusahaan PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk memiliki standar dalam pengolahan produk, yang dilakukan dengan pengawasan quality control, serta menerapkan sistem HACCP (Hazard Analytical Critical Control Point). CP Food Indonesia berkomitmen menghasilkan produk-produk berkualitas, maka produk-produk yang dihasilkan sudah memiliki sertifikat dan terdaftar di BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) Dengan Nomor NKV, RPHU (Rumah Potong Hewan Unggas), dan UPD (Usaha Pengolahan Daging)

Dengan kualitas produk yang baik, maka berikut ini berbagai produk yang tersedia diantaranya:

- Golden fiesta

- Fiesta

- Fiesta ready meal

- Fiesta ready to service

- Fiesta Ready to eat

- Fiesta fresh eggs 

- Champ

- Akumo

- Okey, dan Asimo yang layak dijadikan makanan pilihan keluarga. 

5 dari 5 halaman

Produk Charoen Pokphand Group

PT Primafood International adalah salah satu anak perusahaan PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk, yang juga memiliki beberapa produk utama diantaranya:

1. Pakan Ternak, yang diproduksi oleh 7 fasilitas produksi Perseroan dan anak perusahaan yang berada di Medan, Bandar Lampung, Tangerang, Semarang, Sidoarjo (2 unit) dan Makassar. Bentuk dari pakan ternak yang diproduksi oleh Perseroan, dapat berupa concentrate (konsentrat), mash (tepung), pellet (butiran) atau crumble (butiran halus). Sedangkan merek produk yang dipakai oleh Perseroan antara lain HI-PRO, HI-PRO-VITE, BINTANG, BONAVITE, ROYAL FEED, TURBO FEED dan TIJI.

 

2. DAY OLD CHICKS, merupakan salah satu produk Perseroan yang memberikan kontribusi terbesar kedua kepada penjualan adalah Day Old Chicks (“DOC”) atau anak ayam usia sehari komersial. DOC Perseroan diproduksi oleh beberapa fasilitas pembibitan milik anak perusahaan Perseroan yang tersebar di seluruh Indonesia. Adapun fasilitas pembibitan tersebut, terletak di Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jambi, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur dan Papua.

3. Makanan Olahan adalah produk Perseroan, yang memberikan kontribusi terbesar kepada penjualan. Produk makanan olahan Perseroan diproduksi oleh beberapa fasilitas pengolahan daging ayam milik Perseroan yang terletak di Cikande (Banten), Salatiga (Jawa Tengah), Medan (Sumatera Utara), Sidoarjo (Jawa Timur) dan Mojokerto (Jawa Timur). Perseroan menjual makanan olahan tersebut dengan menggunakan 4 (empat) merek yaitu Golden Fiesta, Fiesta, Champ dan Okey.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.