Sukses

7 Potret Jokowi Sekeluarga di Prosesi Siraman Kaesang, Pakai Baju Adat Merah Muda

Liputan6.com, Jakarta Publik makin antusias menjelang pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. Tak heran jika akad nikah yang bakal digelar Sabtu (10/12/2022) besok, keduanya sudah menjalani berbagai tahapan. Usai melakukan pengajian, tepat di hari ini Jumat (9/12/2022) mereka telah melakukan prosesi siraman.

Calon istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono, akan menjalani prosesi siraman di rumahnya di Sleman, DI Yogyakarta. Sedangkan Kaesang Pangarep melakukan siraman di kediaman pribadi Presiden Joko Widodo di kawasan Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo. Momen siraman Kaesang sendiri dipandu langsung oleh Jokowi dan Iriana. 

Lewat video Instagram @agendasolo, terlihat Presiden Jokowi memakai pakaian Jawa bernuansa merah muda. Didampingi Ibu Negara, memulai prosesi siraman Kaesang. Mereka terlihat memasang bleketepe atau janur pada sepasang pisang raja di depan gerbang venue pernikahan. 

Jokowi dan Iriana segera melakukan prosesi siraman Kaesang yang aksesnya terbatas. Usai melakukan siraman, tepat pukul 10.00 WIB Kaesang, Jokowi, dan Iriana menemui awak media. 

“Alhamdulillah tadi prosesi sungkeman dan siraman sudah berjalan dengan baik, lancar. Kami sekeluarga berharap agar prosesi selanjutnya ijab qobul, tasyakuran di Pura Mangkunegaran semuanya berjalan dengan baik,” kata Jokowi usai melakukan siraman Kaesang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 8 halaman

1. Kedatangan Jokowi dan Iriana ini memulai prosesi siraman Kaesang menyongsong pernikahan.

3 dari 8 halaman

2. Jokowi terlihat memasang bleketepe atau daun kelapa muda pada sepasang pisang raja di depan gerbang venue siraman.

4 dari 8 halaman

3. Kental nuansa Jawa, usai memulai prosesi pembukaan siraman, orang tua Kaesang segera memasuki tempat siraman.

5 dari 8 halaman

4. Uniknya air yang digunakan Kaesang dan Erina untuk siraman berasal dari 7 sumber mata air yang diambil dari lokasi pernikahan dan kediaman yang akrab dalam hidup calon mempelai putra.

6 dari 8 halaman

5. Seperti air dari Masjid Agung Mangkunegaran Al-Wustho, Masjid Agung Kasunanan Surakarta, Pura Mangkunegaran, Keraton Surakarta, Umbul Pengging di Boyolali, Sumur rumah nenek Kaesang dan sumur rumah pribadi Presiden Jokowi.

7 dari 8 halaman

6. Usai melakukan siraman, Jokowi sekeluarga kompak mengenakan pakaian adat berwarna merah muda.

8 dari 8 halaman

7. Begitu pula Kaesang yang ikut mendampingi usai prosesi siraman, Kaesang juga berganti baju senada usai melakukan siraman.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS