Sukses

Cara Mengedit Foto AI Pakai Aplikasi Lensa dengan Mudah dan Cepat, Anti Ribet

Liputan6.com, Jakarta Cara mengedit foto AI dengan menggunakan aplikasi Lensa kini banyak dicari oleh warganet. Pasalnya tren baru yang mengedit foto menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence atau AI) tengah ramai menjadi perbincangan publik.

Cara mengedit foto AI dengan menggunakan aplikasi Lensa dapat kamu lakukan secara mudah dan cepat. Bahkan aplikasi Lensa ini sudah tersedia untuk iOS dan Android, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya.

Dengan mengetahui cara mengedit foto AI dengan menggunakan aplikasi Lensa, maka kamu dengan mudah bisa mendapatkan hasil yang bagus dan menarik. Cara mengedit foto AI dengan menggunakan aplikasi Lensa ini juga bisa diterapkan bagi pemula.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara mengedit foto avatar AI (Artificial Intelligence) dengan menggunakan aplikasi Lensa secara mudah dan cepat yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Mengenal Teknologi Foto Artificial Intelligence atau AI

Dengan perkembangan teknologi yang semakin berkembang, ada banyak fitur-fitur baru di media sosial yang terus menjadi tren. Salah satunya mengedit foto menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Hasil dari mengedit foto dengan menggunakan AI cukup menarik dan sangat berbeda. Bahkan hasilnya lebih mirip seperti foto ilustrasi dengan perubahan pada wajah, serta warna rambut.

Pengguna dapat mengubahnya menjadi foto ilustrasi, foto kartun, foto yang dicat di kanvas, menambah aksesori pada wajah, mengubah bentuk wajah, menghilangkan noda di wajah, mengganti warna rambut, mengubah pose dari gambar yang diedit, dan masih banyak lagi.

3 dari 4 halaman

Apa Itu Aplikasi Lensa AI

Untuk menghasilkan foto AI tersebut harus diedit dengan menggunakan Lensa App yang serupa dengan filter. Aplikasi ini bekerja berdasar foto tertentu yang kamu pilih. Lensa App adalah salah satu aplikasi yang memungkinkan pengguna membuat gambar dengan artificial intelligence.

Aplikasi Lensa milik pengembang PRISMA Labs itu menyediakan beberapa pilihan untuk pengguna mengkreasikan foto sesuai dengan keingannya, yakni:

1. Face

Pengguna dapat menghaluskan wajah, mengecilkan kantong mata, mengubah warna rambut (disertai intensitas warna), bentuk wajah, dan lainnya. Pengguna juga dapat menyunting keburaman gambar.

2. Adjust

Pengguna dapat mengatur tingkat kecerahan, ketajaman, kontras, ketebalan, hingga keburaman warna dan cahaya gambar.

3. Art Styles

Pengguna dapat mengubah gaya gambar yang dipilih. Gambar dapat diubah menjadi seperti foto lawas, ilustrasi, dan sebagainya.

4. Backdrop

Pengguna dapat mengubah foto latar gambar. Ada beberapa opsi yang dapat dipilih, mulai dari latar langit hingga latar bergaya retro.

5. Borders

Pengguna dapat mengatur rasio gambar sesuai dengan keinginan.

6. Effect

Pengguna dapat menambah efek blur, titik salju, efek film, sebagainya.

7. Filters

Pengguna dapat menambahkan warna pada gambar.

Meskipun memiliki banyak fitur yang dapat digunakan, sayangnya aplikasi Lensa ini berbayar. Sebelum melakukan editing foto, pengguna harus membayar terlebih dahulu. Berikut adalah rinciannya:

a. 50 avatar unik (5 variasi dengan 10 gaya berbeda): Rp 47.000

b. 100 avatar unik (10 variasi dengan 10 gaya berbeda): Rp 78.000

c. 200 avatar unik (20 variasi dengan 10 gaya berbeda): Rp 109.000

Namun, jika kamu memilih untuk tidak membayar dan mengakses aplikasi ini secara gratis, pengguna masih bisa menggunakannya. Hanya saja, filter yang dapat digunakan hanya 2-3 variasi saja. Selain itu, pengguna yang mengakses secara gratis juga hanya dapat mengedit foto sebanyak tiga dalam satu hari saja. Apabila ingin menyunting lebih dari tiga gambar, pilihannya pengguna harus menunggu sampai besok atau melakukan pembayaran.

4 dari 4 halaman

Cara Mengedit Foto Avatar AI dengan Aplikasi Lensa

1. Cara mengedit foto AI dengan aplikasi Lensa yang pertama adalah download aplikasi Lensa AI di Google Play Store atau App Store.

2. Kemudian, buka aplikasi Lensa AI dan Klik “Add Photos”.

3. Pilih foto yang ada di galeri, usahakan foto selfie.

4. Pengguna akan diarahkan ke laman edit.

5. Di halaman itu, pengguna dapat melihat adanya opsi Face, Backdrop, Adjust, Effects, Art Styles, Filters, dan Canvas.

6. Pada bagian Face, pengguna dapat menyunting keburaman gambar, retouch muka seperti menghaluskan wajah, mengecilkan kantong mata, mengubah warna rambut (disertai intensitas warna), bentuk wajah, dan lainnya.

7. Sedangkan pada bagian Backdrop, foto latar gambar akan berubah dan terdapat latar yang dapat dipilih sesuai keinginan hingga mengubah latar langit.

8. Kemudian untuk bagian Adjust, pengguna dapat mengubah warna gambar, seperti tingkat kecerahan, ketajaman, kepekatan warna, ketebalan, hingga keburaman warna dan cahaya gambar.

9. Pada bagian Effect, ada sejumlah efek seperti cahaya siluet, titik salju, dan sebagainya.

10. Sementara di Art Styles, pengguna dapat mengubah tampilan gambar. Pilihan yang tersedia pada gambar dapat diubah menjadi foto lawas, foto yang digambar di kanvas, foto kartun/animasi, dan sebagainya.

11. Kemudian pada bagian Filtes, pengguna dapat menambahkan warna pada gambar.

12. Sementara pada bagian Canvas, pengguna bisa memotong gambar sesuai dengan keinginan. Ada yang bentuknya kotak, setengah lingkaran, lingkaran penuh, oval, pola bunga, dan sebagainya.

13. Setelah selesai diedit, jangan lupa untuk klik "Save" pada sisi kanan atas layar untuk menyimpan seluruh editan. Lalu foto kamu akan secara otomatis tersimpan pada galeri smartphone.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS