Sukses

Profil PT Kao Indonesia, Perusahaan di Bidang Manufaktur dan Distribusi Produk Konsumsi

Liputan6.com, Jakarta PT Kao Indonesia adalah salah satu perusahaan di bidang manufaktur, serta distribusi berbagai produk konsumsi. Awal berdirinya, Kao memulai dengan sabun namun juga memiliki keinginan, dalam menemukan solusi untuk kotoran yang tidak bisa dihilangkan dengan sabun saja. Hal ini membuat Kao berfokus pada penelitian yang mencakup bahan-bahan baku. Pada tahun 1950an, Kao mulai mengembangkan teknologi-teknologi baru, utamanya di bidang alkohol lemak alami.

PT Kao Indonesia mulai berinovasi, dengan adanya teknologi yang menghasilkan banyak produk pembersih baru untuk rambut, pakaian, dan rumah. Perusahaan ini merupakan gabungan dari dua perusahaan, yaitu PT. Dino Indonesia Industrial Ltd, dan PT. RODAMAS yang memiliki saham sama besarnya. KAO Corporation terus berusaha memasyarakatkan cara hidup yang lebih bersih, lebih cantik dan lebih sehat.

Di dalam bidang usaha ini, PT Kao Indonesia berusaha sepenuh hati untuk kepuasan dan peningkatan kualitas hidup konsumen. Dengan menciptakan produk-produk yang berkualitas baik dan perspektif konsumen yang disebut "YOKI-MONOZUKURI". Adapun berbagai komoditas yang dimiliki oleh PT Kao Indonesia adalah produk perawatan wajah dan tubuh, perawatan pakaian, lantai, kesehatan, thermal dan juga rambut. 

Berikut ini sejarah singkat dari PT Kao Indonesia yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (2/12/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Mengenal PT Kao Indonesia

PT Kao Indonesia sejak berdirinya, mulai berkomitmen untuk selalu berinovasi sepenuh hati dengan teknologi yang terus dikembangkan, serta disesuaikan dengan kebutuhan konsumen melalui layanan dan produk unggulannya yaitu Attack, Bioré, Laurier, Merries, Men's Biore, Magiclean, Megrhythm dan Relief, untuk kepuasan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia. 

PT Kao Indonesia juga bergerak dalam berbagai bidang usaha barang-barang konsumsi, yang secara garis besar dikelompokkan dalam 3 kategori sebagai berikut:

a. Health & Beauty

- Sabun muka dan badan "BIORE"

- Masker mata "MEGRHYTHM"

- Cat rambut "LIESE" dan body lotion "JERGENS".

b. Hygiene & Living

- Pembalut & panty liner "LAURIER"

- Detergen & pelembut pakaian "ATTACK"

- Pembersih lantai "MAGICLEAN".

c. Baby Diapers

- Popok bayi "MERRIES".

 

3 dari 6 halaman

Sejarah PT Kao Indonesia

Melansir dari laman resmi PT Kao Indonesia, adapun pendiri Kao yaitu Tomiro Nagase. Awal berdirinya, Kao telah mengusung semangat Yoki-Monozukuri dari Nagase selama 130 tahun sekarang. Pada tahun 1890, Kao Sekken (Sabun Kao) mulai diluncurkan di Jepang. Sabun yang tersedia di Jepang waktu itu hanya sabun domestik berkualitas buruk atau sabun impor berharga tinggi. Oleh karena itu, pendiri Kao bertekad membuat sabun wajah berkualitas tinggi dan terjangkau buatan Jepang. Pada tahun 1934, Kao mulai mendirikan Laboratorium Housework Science (berganti nama menjadi Laboratorium Nagase Housework Science pada tahun 1973) dengan ide belajar lebih tentang pelanggan dan menawarkan saran-saran gaya hidup berkualitas. Laboratorium ini juga membuat saran-saran gaya hidup baru untuk konsumen Jepang melalui Majalah Sains Pekerjaan Rumah (1937) yang diterbitkannya

Seiring dengan berjalannya waktu, Kao Corporation mulai hadir di Indonesia dengan keyakinan bahwa bangsa yang bersih adalah bangsa yang sejahtera. Dan cara hidup yang sehat adalah cerminan sebuah tingkat kehidupan yang lebih baik. Pada tahun 1985, Kao Corporation membuat sebuah langkah besar dengan menggandeng PT. DINO INDONESIA INDUSTRIAL Ltd. yang telah memproduksi bubuk deterjen Dino sejak tahun 1969. Adanya gabungan dari dua perusahaan ini, tetap bernama PT. Dino Indonesia Industrial Ltd. dengan perbandingan saham 50:50. Bersama PT. RODAMAS, KAO Corporation terus berusaha memasyarakatkan cara hidup yang lebih bersih, lebih cantik dan lebih sehat.

 

 

4 dari 6 halaman

Profil PT Kao Indonesia

Pada tahun 1960, mulai ada ekspansi ke Asia dan Kao mengembangkan produk untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup lokal. Divisi Produk Konsumen Kao, memulai dengan mengekspor produk ke Thailand, yaitu Kao Industrial (Thailand) Co., Ltd. dan Taiwan-Kao Company, LTd. Perusahaan ini mulai didirikan pada tahun 1964 sebagai perusahaan luar negeri Kao pertama. Pada tahun-tahun berikutnya, Kao mengembangkan bisnisnya dengan fokus pada produksi lokal dan penjualan di Asia.

PT Kao Indonesia berdiri pada 18 Januari 1985, berdirinya perusahaan ini tentu dengan sebuah visi yaitu menjadi perusahaan yang paling memahami dan dekat di hati konsumen dan pelanggan. Dalam melakukan produksi produk-produk berkualitas untuk konsumen, Saat ini PT Kao Indonesia memiliki dua fasilitas produksi di Cikarang dan Karawang serta Logistic Center. Sekarang salah satu pemilik PT Kao Indonesia Rodamas, dengan masa jabatan mulai dari 1985 hingga sekarangyaitu, 花王株式会社 Kaō Kabushiki-gaisha. Perusahaan kimia dan kosmetik ini bermarkas di Nihonbashi-Kayabacho, Chūō, Tokyo, Jepang. 

 

5 dari 6 halaman

Komoditi PT Kao Indonesia

Adapun sejumlah komoditi dari PT Kao Indonesia adalah:

Melansir dari laman resmi PT Kao Indonesia, pada tahun 1950-an–1960-an perusahaan ini mulai merambah ke dalam berbagai bidang, diantaranya:

- Bidang pembersihan rambut

- Pakaian, dan rumah tangga

1970–1980 mulai diversifikasi ke industri kecantikan dan kesehatan berdasarkan penelitian, dan pada tahun 1970an, Kao berfokus pada penelitian dasar yang terkait dengan masyarakat, termasuk penelitian tentang rambut dan kulit. Dengan memadukan teknologi-teknologi yang baru ditemukan di biokimia, kertas, dan makromolekul, Kao meluncurkan banyak merek yang berhasil dan semakin memperbanyak ragam produk Kao.1978 

- Pembalut Laurier tahun 1980 

- Pembersih wajah Bioré tahun 1982 

- Kosmetik Sofina pada tahun 1983 

- Aditif air mandi berkarbonasi Bub pada tahun 1983 

- Popok bayi sekali pakai Merries pada tahun 1984 

- Sabun mandi Bioré u pada tahun 1987 

- Deterjen cuci pekat Attack

6 dari 6 halaman

Penghargaan PT Kao Indonesia

Adapun capaian yang telah diraih oleh PT Kao Indonesia, yaitu TOP CSR Awards 2021 yang diselenggarakan oleh Majalah TOP Bisnis. Kurang lebih dari 36 tahun, Kao Indonesia berkomitmen untuk terus membawa nilai Inovasi Untuk Peduli yang tertuang dalam produk, layanan, serta kegiatan kontribusi sosial untuk masyarakat dan bumi yang lebih berkelanjutan. Sehingga TOP CSR Awards merupakan ajang pemberian penghargaan tertinggi kepada perusahaan yang telah menjalankan progam CSR serta Community Development secara efektif dan berkualitas.

Sejumlah penghargaan lain diantaranya: 

- Pada tahun 2021, Merries Skin Protection juga meraih penghargaan 'Pertama di Indonesia' Oleh Infobrand, sebagai "Popok Pertama di Indonesia dengan Kandungan Ekstrak Natural Daun Teh"

- Pada bulan Oktober 2021, Attack Easy menghadirkan mesin isi ulang pintar di Alfamart, untuk mendukung kebiasaan baik selamatkan bumi, dan mendapatkan penghargaan di Easy Smart Station.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS