Sukses

Sudut Siku-Siku Adalah Besarnya 90 Derajat, Begini Cara Membuatnya

Sudut siku-siku adalah berupa potongan garis tegak lurus.

Liputan6.com, Jakarta - Apa itu sudut siku-siku? Sudut siku-siku adalah berupa potongan garis tegak lurus dengan besaran 90 derajat. Sudut siku-siku adalah diwakili oleh simbol ∟.

Contoh sudut siku-siku dalam kehidupan sehari-hari apa saja?

Dalam buku berjudul Tematik Matematika Peristiwa Kelas 2 (2017) oleh Andri, dkk, contoh sudut siku-siku adalah ujung jendela, ujung pintu, pinggiran buku, keramik, tembok rumah, papan tulis, bingkai foto, kardus kotak, dan hampir semua sudut ruang.

Secara bahasa, sudut siku-siku adalah istilah yang berasal dari bahasa Inggris “right angle.” Bangun datar segitiga yang memiliki sudut siku-siku disebut sebagai segitiga siku-siku.

Agar lebih memahami dan mengenali jenis sudut ini, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang sudut siku-siku dan cara membuatnya, Kamis (1/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudut Siku-Siku Besarnya 90 Derajat

Sudut siku-siku adalah bagian dari konsep geometri yang memiliki ciri khusus. Besaran sudut siku-siku adalah 90 derajat. Sudut siku-siku berupa garis tegak lurus. Potongan dari garis tegak lurus itulah yang disebut sebagai sudut siku-siku.

Dalam buku berjudul Tematik Matematika Peristiwa Kelas 2 (2017) oleh Andri, dkk, contoh sudut siku-siku yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari ada banyak sekali.

Contoh sudut siku-siku adalah ujung jendela, ujung pintu, pinggiran buku, keramik, tembok rumah. Kemudian contoh sudut siku-siku lainnya adalah papan tulis, bingkai foto, jam pukul 03.00 dan 09.00, laci meja, kardus kotak, dan hampir semua sudut ruangan.

Bangun datar segitiga yang memiliki sudut siku-siku adalah segita siku-siku. Dalam modul berjudul Pembelajaran SMA Matematika Umum Kelas X (2020) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), ini rumus segitiga siku-siku yang dimaksudkan:

1. Rumus Luas Segitiga Siku-Siku

L = ½ x a x t

Keterangan:

L = luas

a = Alas

t = Tinggi

2. Rumus Keliling Segitiga Siku-Siku

K = sisi a + sisi b + sisi c

Keterangan:

K = Keliling

Sisi a = Sisi 1

Sisi b = Sisi 2

Sisi c = Sisi 3

Bagaimana cara membuat sudut siku-siku? Dalam buku berjudul Matematika Jilid 4A (2004) oleh Siti M Amin dkk, cara membuat sudut siku-siku adalah sebagai berikut:

1. Mulailah cara membuat sudut siku-siku dengan mengambil sehelai kertas apa saja.

2. Kemudian, lipatlah kertas hingga bekas lipatannya saling berhimpitan.

3. Buatlah garis lurus di kedua sisi lipatan kertas.

4. Selesaikan cara membuat sudut siku-siku dengan mengangkat kertas hingga diperoleh sudut siku-siku.

3 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Sudut dalam Matematika dan Penjelasannya

Apabila sudah memahami tentang sudut siku-siku, kemudian ketahui tentang jenis-jenis sudut lainnya. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, ada enam jenis sudut lain yang perlu diketahui:

1. Sudut Nol Derajat

Dalam bahasa Inggris sudut ini disebut dengan "zero degree". Sudut ini memiliki 0° di mana kedua garis pada sudut saling berimpit dan sama sekali tidak membentuk daerah sudut. Sudut tersebut hanya terlihat seperti sebuah garis lurus, padahal sebenarnya merupakan 2 garis yang saling berimpit. Sudut sulit untuk dibayangkan.

Jika ini sulit untuk dibayangkan, bayangkan dua garis yang membentuk beberapa sudut lebih besar dari nol derajat. Kemudian bayangkan salah satu garis berputar ke arah garis lainnya sampai keduanya terletak pada garis yang sama. Sudut yang mereka buat telah menyusut dari ukuran aslinya menjadi nol derajat. Sudut yang sekarang terbentuk memiliki ukuran nol derajat.

2. Sudut Lancip

Sudut lancip adalah salah satu jenis sudut, selain siku-siku, lurus, dan tumpul. Bentuk sudut lancip adalah lebih kecil daripada sudut siku-siku. Sudut lancip adalah mudah ditemukan dalam benda-benda di kehidupan sehari-hari.

Contoh sudut lancip adalah pada ujung setrika, ujung potongan kue, ujung potongan pizza, ujung pensil, paruh burung, segitiga, dan masih banyak lagi lainnya. Besaran dari sudut lancip adalah 0 derajat hingga kurang dari 90 derajat.

Dalam notasi matematika, sudut lancip adalah memiliki besaran 0° < x < 90°, di mana x merupakan besar sudut yang diukur. Sementara dalam istilah bahasa Inggris, sudut lancip adalah memiliki sebutan acute angle.

Bangun segitiga yang dibentuk dari sudut lancip adalah memiliki sebutan segitiga lancip. Selain segitiga, bangun yang memiliki sudut lancip adalah jajaran genjang dan trapesium.

3. Sudut Tumpul

Sudut tumpul merupakan salah satu jenis sudut yang mempunyai besar sudut antara 90° hingga kurang dari 180°. Jika diterjemahkan ke dalam notasi matematika, sudut tumpul dituliskan dengan 90° < x < 180°, di mana x adalah besar sudut yang diukur.

Dalam bahasa Inggris sudut tumpul disebut juga sebagai "obtuse angle". Sudut tumpul sebuah segitiga adalah segitiga yang salah satu sudutnya lebih besar dari 90 derajat. Segitiga tumpul bisa berupa segitiga sama kaki atau tak sama panjang.

4. Sudut Lurus

Sudut dengan ukuran 180 derajat disebut sudut lurus. Itu terlihat seperti garis. Tapi sudut lurus berbeda dengan sudut 0 derajat. Bayangkan dua garis yang membentuk beberapa sudut lebih besar dari nol derajat. Kemudian bayangkan salah satu garis berputar berlawanan arah garis lainnya sampai keduanya terletak pada garis yang sama. Inilah yang disebut dengan sudut lurus.

Dalam bahasa Inggris, sudut lurus disebut "straight angle". Sudut lurus terlihat seperti garis lurus, tetapi memiliki dua lengan. Di sisi lain, garis lurus hanya memiliki satu lengan yang menunjuk ke satu arah.

5. Sudut Refleks

Jenis sudut ini memiliki besar sudut antara 180° hingga kurang dari 360°, atau jika ditulis dalam notasi matematika 0° < x < 90°, dengan x merupakan besar sudut yang diukur.

Sudut refleks memiliki julukan "reflex angle" dalam bahasa Inggris. Sudut ini lebih dari satu sudut lurus, tetapi kurang dari satu rotasi penuh. Ukuran sudut refleks ditambahkan ke sudut lancip atau tumpul untuk membuat lingkaran 360 derajat penuh.

6. Sudut Penuh

Sudut penuh merupakan jenis sudut yang mempunyai besar 360°. Sudut penuh cenderung membentuk daerah lingkaran penuh. Sudut penuh di dalam bahasa Inggris umum disebut dengan “complete angle”.

Pada sudut ini garis lurus membentuk sudut 360 derajat untuk mencapai posisi awalnya sepenuhnya dengan rotasi. Sudut lengkap direpresentasikan sama dengan sudut nol perbedaanya adalah arah dan jumlah rotasinya.

Jika sudut nol salah satu garis berputar ke arah garis lainnya sampai keduanya terletak pada garis yang sama. Makan sudut penuh didefinisikan sebagai salah satu garis berputar berlawanan arah garis lainnya sampai garis terebut mencapai garis yang satunya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.