Sukses

PPT Adalah Singkatan dari PowerPoint, Kenali Fungsi dan Cara Membuatnya

PPT adalah singkatan dari PowerPoint, yaitu software yang biasanya digunakan untuk presentasi.

Liputan6.com, Jakarta PPT adalah istilah yang sering kali digunakan untuk menyebutkan Microsoft PowerPoint. Microsoft PowerPoint atau PPT merupakan aplikasi presentasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Fitur dari aplikasi yang dibuat oleh Microsoft ini juga cukup lengkap.

Micorosoft PowerPoint atau PPT menjadi satu paket dengan Microsoft Office. Penggunaannya pun juga cukup mudah tanpa harus mengaktifkan internet. Tampilan interface yag user friendly dan mudah digunakan oleh pemula menjadi daya tarik utamanya.

PPT adalah singkatan dari PowerPoint, yaitu software yang biasanya digunakan untuk presentasi. Dengan software Microsoft PowerPoint, presentasi yang kamu siapkan tentunya akan lebih menarik dan penuh dengan kreasi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (28/11/2022) tentang PPT.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal PPT

PPT adalah singkatan dari PowerPoint. Microsoft PowerPoint atau PPT adalah aplikasi presentasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Dari pelajar, tenaga kependidikan, hingga pekerja menjadikan PPT sebagai software favorit untuk presentasi. Fitur dari aplikasi yang dibuat oleh Microsoft ini juga cukup lengkap. Micorosoft PowerPoint atau PPT menjadi satu paket dengan Microsoft Office. Penggunaannya pun juga cukup mudah tanpa harus mengaktifkan internet.

PPT adalah aplikasi yang berguna sebagai media presentasi menggunakan beberapa slide. Penggunaan PowerPoint atau PPT adalah suatu hal yang sangat penting dalam presentasi, karena dapat memudahkan dan membuat presentasi lebih menarik.

Kelebihan Microsoft PowerPoint atau PPT adalah aplikasi ini mempunyai tampilan interface yang user friendly dan mudah digunakan oleh para pemula. Dalam setiap versinya, PowerPoint atau PPT adalah software yang selalu memiliki penambahan fitur yang lengkap. Sementara itu, kekurangan Microsoft PowerPoint atau PPT adalah karena satu paket dengan Microsoft office maka untuk menggunakan aplikasi power point harus membeli lisensinya terlebih dahulu.

3 dari 5 halaman

Fungsi PPT

Fungsi PPT adalah sebagai berikut:

- Sarana untuk mempermudah sebuah presentasi.

- Membuat sebuah presentasi berbentuk softcopy sehingga dapat diakses oleh berbagai perangkat gawai.

- Memudahkan pembuatan presentasi dalam bentuk slide yang menarik dengan fitur audio, video, gambar dan animasi serta template yang akan dipergunakan.

- Mempermudah dalam membuat, mengatur, dan mencetak berbagai slide.

- Tidak boros kertas dalam melakukan presentasi

- Memberikan materi pembelajaran agar mudah dipahami pendengar atau audiens.

- Dapat menuturkan sebuah cerita menjadi lebih sederhana dan mudah dipahami audiens.

- Menyampaikan permasalahan, solusi, dan cara kerja menjadi lebih sederhana.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Presentasi yang Menarik

Meminimalkan Jumlah Slide

Cara membuat presentasi yang menarik tentunya harus efektif dalam penyampaianya. Untuk mempertahankan pesan yang jelas dan membuat audiens tetap penuh perhatian dan tertarik, pertahankan jumlah slide dalam presentasi kamu seminimal mungkin. 

Pilih Font yang Mudah Dibaca Audiens

Selanjutnya, kamu harus bisa memilih font yang mudah dibaca oleh audiens. Memilih gaya font yang tepat, seperti Helvetica atau Arial, membantu menyampaikan pesan yang kamu bawakan dalam presentasi. Kamu juga harus memperhatikan apakah font yang kamu pilih bisa dibaca dari jarak yang jauh. Dirangkum dari Microsoft, kamu bisa berpatokan pada pengukuran berikut dalam menentukan ukuran font di layar komputer. Sebelumnya kamu harus mengaktifkan terlebih dahulu mode layar penuh pada tab tampilan, lalu dalam grup tampilan presentasi, klik peragaan slide.

- Huruf satu inci dapat dibaca dari 10 kaki.

- Huruf dua inci dapat dibaca dari 20 kaki.

- Huruf tiga inci dapat dibaca dari 30 kaki.

Pengukuran tersebut menunjukkan ukuran font pada layar komputer kamu, bukan saat diproyeksikan pada layar untuk audiens dalam mode layar penuh.

Membuat Teks Tetap Sederhana dengan Menggunakan Poin atau Kalimat Singkat

Gunakan poin atau kalimat singkat, dan cobalah untuk mempertahankan masing-masing satu baris artinya, tanpa kalimat-kalimat teks yang panjang. Salah satu cara membuat presentasi yang baik ini bertujuan agar audiens mendengarkan kamu dalam menyampaikan informasi, dan tidak terlalu berfokus ke layar monitor. Kalimat yang panjang tentunya menganggu konsentrasi audiens dari mendengarkan kamu karena membaca kalimat di slide presentasi.

Menggunakan Grafik Dalam Membantu Menyampaikan Pesan Presentasi.

Selanjutnya, kamu juga bisa memasukkan berbagai grafik art guna membantu menyampaikan presentasi. Kamu bisa menggunakan grafik untuk membantu bercerita. Hal ini sangat baik untuk menarik minat audiens pada presentasi kamu. Namun jangan membebani audiens dengan menambahkan terlalu banyak grafik ke slide. Hal ini tentunya membuat presentasi kamu menjadi membosankan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Presentasi yang Menarik

Membuat Label untuk Bagan dan Grafik Agar Mudah Dimengerti

Selanjutnya, supaya presentasi kamu lebih mudah dimengerti, kamu bisa menggunakan teks yang cukup untuk membuat elemen label dalam bagan atau grafik dipahami. Dengan begitu, tidak hanya menarik, presentasi kamu juga akan lebih efektif tersampaikan kepada para audiens.

Membuat Latar Belakang Slide Tetap Halus dan Konsisten

Hal ini dilakukan agar audiens lebih nyaman melihat presentasimu. Namun jangan pilih yang terlalu mencolok agar tidak mengaburkan pesan presentasimu. Pilih templat yang menarik, konsisten, atau tema yang tidak terlalu menarik perhatian. Kamu tentunya tidak ingin latar belakang atau desain malah mengalihkan pesan presentasi.

Menggunakan Kontras Tinggi antara Warna Latar Belakang dan Warna Teks

Masih seputar warna dan latar belakang, kamu bisa menggunakan kontras tinggi antara warna latar belakang dan warna teks. Tema secara otomatis mengatur kontras antara latar belakang yang terang dengan teks berwarna gelap atau latar belakang gelap dengan teks berwarna terang. Hal ini sangat penting agar audiens tidak merasa terganggu saat melihat slide presentasi.

Memeriksa Ejaan dan Tata Bahasa

Selanjutnya, selalu periksa ejaan dan tata bahasa dalam presentasi kamu. Hal ini kerap kali dianggap sepele, padahal adanya kesalahan kecil seperti ini sering sekali diperhatikan oleh audiens.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.