Sukses

12 Manfaat Buah Kolang-Kaling Bagi Kesehatan, Atasi Radang Sendi

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah kolang-kaling dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, karena memiliki kadar air yang tinggi, mencapai 93%. Tak hanya itu saja, namun kolang-kaling juga memiliki sejumlah kandungan baik seperti protein, karbohidrat potassium, besi, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C hingga gelatin. Kolang-kaling juga memiliki tekstur yang unik, dan kerap dijadikan sebagai pelengkap es buah.

Buah ini akan mudah Anda jumpai di pasar tradisional ketika bulan Ramadhan, di mana kolang-kaling diolah menjadi kolak, es campur, dan berbagai menu minuman lainnya. Manfaat buah kolang-kaling akan membantu melancarkan sistem pencernaan, juga mengatasi dehidrasi. 

Manfaat buah kolang-kaling juga dikenal mampu mencegah osteoporosis, yang merupakan kondisi keropos dan rentan retak, saat kualitas kepadatan tulang mulai mengalami penurunan. Kolang-kaling juga bisa mengatasi radang sendi, menjaga daya tahan tubuh, hingga membantu menurunkan berat badan. 

Berikut ini manfaat buah kolang-kaling yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (11/28/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Kolang-kaling

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat buah kolang-kaling yang bisa Anda peroleh adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena buah kolang-kaling kaya akan nutrisi dan vitamin, sehingga membantu tubuh menangkal berbagai penyakit. Kandungan seperti kalium, zink, zat besi, serta kalsium akan membantu proses metabolisme yang bekerja di dalam sel-sel tubuh Anda.

2. Sebagai Obat gatal-gatal

Tidak hanya buah kolang-kaling bermanfaat untuk kesehatan tubuh, namun getah pada kolang kaling juga katanya memiliki manfaat untuk dijadikan obat gatal pada tubuh. Akan tetapi agar manfaatnya bisa Anda peroleh, maka dibutuhkan tutorial dari orang yang sudah dan pengalaman dalam mengobati gatal dengan buah kolang-kaling.

3. Sebagai obat radang sendi

Manfaat buah kolang-kaling juga berfungsi sebagai obat radang sendi, di mana kandungan zat galaktomanan yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan atau minimalnya dapat meredakan penyakit pada radang sendi. Untuk mendapatkan manfaatnya, maka konsumsi dengan direbus tanpa memakai segala macam perwarna dan gula.

4. Sebagai makanan diet

Sebuah penelitian menunjukan bahwa 100 gram buah kolang-kaling, mengandung hingga 0,69 gram protein, karbohidrat sebanyak 4,0 gram, kadar abu sebesar 1 gram, dan serat kasar sebesar 0,95 gram. Kadar air yang tinggi ini, membuat buah kolang-kaling menjadi sangat segar di tubuh ketika dikonsumsi. Tak hanya itu saja, kandungan gelatin yang dimilikinya, akan menimbulkan rasa kenyang apabila mengalami keadaan keadaan nafsu makan yang berlebihan. 

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Kolang-kaling

5. Cegah osteoporosis

Manfaat kolang-kaling yang sangat berkhasiat adalah menguatkan tulang, juga membantu menghindari tulang terkena osteoporosis. Buah ini memiliki 91 kalsium dan 243 fosfor per 100 gram, sehingga saat Anda rutin mengonsumsinya, membantu menjaga kesehatan dan tulang menjadi lebih kuat. Osteoporosis adalah kondisi saat kualitas kepadatan tulang menurun yang membuat tulang menjadi keropos dan rentan retak.

6. Hidrasi tubuh

Manfaat buah kolang-kaling juga bisa membantu tubuh Anda memiliki cairan yang cukup. Buah ini dapat mengisi kembali mineral dan nutrisi yang hilang, selain itu terdapat kandungan vitamin dan berbagai mineral yang menjadikan buah satu ini mampu membantu mencegah dehidrasi tubuh. Oleh karena itu, buah ini banyak dikonsumsi banyak orang untuk mengatasi masalah kesehatan yang dimilikinya. 

7. Sehatkan kulit

Manfaat kolang-kaling tidak hanya untuk kesehatan tubuh, namun membantu Anda menjaga kecantikan kulit. Hal ini karena buah kolang-kaling memiliki kandungan airnya yang banyak, sehingga saat cuaca panas akan membantu badan menjadi dingin. Buah ini juga memiliki sifat anti inflamasi, sehingga dapat meredakan kemerahan pada kulit yang terbakar matahari, apalagi bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. 

8. Untuk mengatasi masalah perut

Manfaat buah kolang-kaling juga bisa mengobati rasa panas yang ada di perut. Dengan mengonsumsi buah ini saat cuaca panas, dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mengatasi ulang mineral yang hilang. Buah ini juga cukup efektif dimanfaatkan dalam mengobati masalah pencernaan dan juga penyakit perut lainnya.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Kolang-kaling

9. Kaya akan kandungan serat

Manfaat buah kolang-kaling kaya akan kandungan serat, di mana buah ini memiliki zat yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Dengan rutin mengonsumsinya, maka membantu Anda terhindari dari susah buang air besar, sembelit dan bahkan diare sekalipun. 

10. Kaya akan kalsium

Kaya akan kalsium, membuat kolang-kaling mampu mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti masalah kesehatan tulang, gigi hingga persendian tubuh. Anda bisa mengonsumsi buah ini sehari-hari, agar memenuhi kebutuhan kalsium, utamanya untuk sebagian orang yang alergi pada susu sapi. Meskipun membantu mencegah dan mengobati masalah pada radang persendian, namun takaran saat dikonsumsi harus diperhatikan.

11. Lancakan pencernaan

Buah kolang-kaling mengandung serat yang baik untuk pencernaan, sehingga membantu melancarkan sistem pencernaan. Terdapat serat tidak larut di dalam cairan, sehingga mampu mendukung pergerakan sistem pencernaan dan meningkatkan massa feses. Konsumsi buah ini, apalagi bagi Anda yang menderita sembelit.

12. Turunkan Berat Badan

Manfaat buah kolang-kaling bagi kesehatan, juga membantu Anda menurunkan berat badan. Bagi Anda yang ada dalam program diet, disarankan untuk mengonsumsi buah kolang-kaling, namun harus dicampurkan dengan bahan-bahan segar, agar menghindari penimbunan gula serta garam berlebih. Buah kolang-kaling memiliki gelatin yang cukup tinggi, sehingga membantu menurunkan nafsu makan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS