Sukses

25 Wisata Maluku yang Paling Hits dan Wajib Dikunjungi, Alamnya Memesona

Liputan6.com, Jakarta Wisata Maluku terkenal dengan keindahan pulau-pulaunya yang eksotis. Di Maluku kamu akan menemukan beragam destinasi wisata alam yang sangat memesona. Mulai dari keindahan alam bawah laut, pantai, pegunungan, dan lain sebagainya.

Tidak hanya wisata alam, banyak juga destinasi yang menawarkan nilai-nilai budaya yang unik. Banyak juga bangunan-bangunan bersejarah yang penting kamu kunjungi. Liburan ke Maluku menjadi paket wisata lengkap dengan pengalaman yang menyenangkan.

Wisata Maluku terdiri dari pulau-pulau yang memesona. Kombinasi wisata laut, gunung, hingga wisata sejarah membuat Maluku menjadi destinasi yang sangat lengkap. Kamu pasti akan dibuat terpesona saat liburan ke kepulauan di wilayah timur Indonesia ini.  

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (27/11/2022) tentang wisata Maluku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Wisata Maluku

Pulau Bair

Wisata Maluku pertama yang menawarkan keindahan alam adalah Pulai Bair. Pulau Bair sangat terkenal karena memiliki keindahan alam mirip dengan Raja Ampat yang ada di Papua. Pulau Bair juga memiliki gugusan pulau-pulau kecil. Kamu bisa menikmati keindahannya di pinggir pantai sambil menimmati keindahan laut dan pemandangan sekitarnya. Tanpa melakukan banyak aktivitas pun, kamu sudah merasa terpuaskan dengan menikmati pemandangannya yang benar-benar memesona.

Pantai Ora

Pantai Ora merupakan wisata Maluku yang begitu indah, sehingga mengangkat nama Kota Ambon. Pantai ini terbilang masih sangat sepi. Pantai Ora menawarkan pemandangan yang dihiasi oleh pegunungan di sekitarnya, air laut biru yang masih jernih, dan pepohonan yang rindang. Pemandangan ini membuat kamu dan pengunjung lainnya terpesona dan jatuh cinta.

Patung Martha Christina Tiahahu

Patung Martha Christina merupakan salah satu wisata Maluku berupa monumen bersejarah, yang terletak di daerah Kota Ambon. Jika berkunjung ke monumen ini kamu bisa menyaksikan keindahan Kota Ambon beserta panorama alam seperti pegunungan dan laut maluku yang memesona.

Pulau Molana

Destinasi selanjutnya yang menawarkan keindahan serta keunikan adalah Pulau Molana. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya terumbu karang, luasnya pasir putih, air laut yang jernih, dan koral yang menawan. Pulau ini tergolong sebagai pulau tropis yang memiliki pesona hijau yang sangat memukau. Di wisata Maluku ini terdapat tanaman bakau dan pepohonan yang rindang.

Gunung Api Banda

Gunung Api Banda adalah landmark dari wisata Maluku yang terdapat di Banda Neira. Gunung Api Banda merupakan ikon wisata Banda Neira. Kamu bisa mendaki gunung ini dan menikmati pemandangan alam yang tiada tara dari puncak gunung. Untuk sampai ke gunung ini, kamu harus menyewa perahu kecil dan melakukan perjalanan laut selama sepuluh menit dari pulau Neira.

3 dari 6 halaman

Wisata Maluku

Museum Siwalima

Museum Siwalima berisikan koleksi benda-benda seni budaya yang terdiri dari dua bangunan utama, yaitu museum etnografi dan museum kelautan. Bangunan pertama berisikan dengan koleksi etnografi. Di sini kamu dapat melihat benda-benda yang berhubungan dengan seni dan budaya dari suku asli Maluku, mulai dari miniatur rumah adat, pakaian tradisional, peralatan rumah tangga, hingga guci-guci peninggalan Jepang.

Kedua museum kelautan yang berjarak 500 meter dari museum koleksi etnografi. Bangunan ini berisikan benda-benda yang berhubungan dengan kehidupan laut masyarakat Maluku. Bagian bangunan ini memiliki koleksi tiga buah kerangka ikan raksasa yang berukuran sangat besar, berkisar 9 hingga 19 meter.

Desa Sawai

Desa Sawai di Maluku menyimpan pesona keindahan yang wajib dinikmati. Sebab, di sini terdapat Pantai Mata Air Belanda dan industri pembuatan sagu lokal. Desa wisata yang berada di Pulau Seram, Maluku, ini memiliki keeksotisan alam yang masih sangat alami. Tempat wisata Maluku ini dikelilingi oleh beberapa pulau kecil yang menambah keindahan Laut Sawai.

Danau Rana

Danau Rana merupakan danau terbesar di Provinsi Maluku yang terletak di pedalaman Pulau Buru. Oleh masyarakat Pulau Buru, danau ini dianggap sebagai tempat yang suci. Pulau ini merupakan pulau terbesar kedua di Provinsi Maluku setelah Pulau Seram. Danau Rana terletak di Kecamatan Air Buaya sekitar 63 km dan berada pada ketinggian 73 Mdpl. Suku Rana percaya, nenek moyang mereka yang diyakini sebagai dewa, hidup di 'tanggal' gunung dan di danau 'Rana'. Air yang tenang dan jernih serta dipenuhi dengan teratai di atasnya, melengkapi keelokan wisata Maluku ini.

Pulau Pombo

Rata-rata pantai di Maluku berpasir putih, salah satunya Pantai Pulau Pombo. Pulau Pombo terletak di Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, atau secara geografis berada di antara Pulau Haruku dan Pulau Ambon. Luasnya tidak terlalu besar, yakni hanya 4 km persegi saja. Namun, beragam pesona alam serta ketenangannya bisa kamu dapatkan jika berpelesir ke wisata Maluku ini.

Pantai Natsepa

Pantai Natsepa memiliki pasir berwarna putih yang cukup populer di kalangan wisatawan. Putihnya pasir yang bertemu dengan biru jernihnya laut menjadi pemandangan yang sayang untuk dilewatkan.

4 dari 6 halaman

Wisata Maluku

Pantai Liang

Pantai Liang merupakan salah satu pantai favorit orang Ambon. Pantai ini berjarak skitar 30 kilometer dari Kota Ambon. Wisata Maluku ini memiliki hamparan pasir putih yang memesona. Pantai Liang memiliki akses yang dekat dengan pelabuhan, sehingga banyak yang menjadikannya lokasi untuk piknik. Selain menikmati keindahan Pantai Liang, kamu juga bisa berburu beragam kuliner sambil menikmati pemandangan pantai yang asri.

Goa Hawang

Goa Hawang merupakan wisata Maluku yang tidak boleh terlewatkan. Goa ini terendam air laut memiliki keunikan yang wajib untuk dinikmati. Goa ini terendam di air laut dengan struktur bebatuan yang sangat memukau. Di dalam goa terdapat sebuah kolam jernih berwarna kebiruan yang menjadi spot paling banyak diminati oleh wisatwan. Di sini kamu juga bisa menikmati pemandangan bawah permukaan air.

Benteng Belgica

Wisata Maluku berikutnya yang tidak kalah menarik adalah Benteng Belgica. Benteng Belgica adalah peninggalan sejarah di Banda Neira, berupa benteng megah dan kombinasi alam yang sangat indah. Dari benteng ini kamu bisa menikmati pemandangan gunung dan laut sekaligus. Benteng Belgica memiliki bentuk yang unik, yaitu segi lima, cocok untuk kamu yang suka wisata sejarah atau menginginkan foto dengan view unik berupa benteng, gunung, dan laut.

Pantai Pintu Kota

Wisata Maluku bernuansa alam yang sudah terkenal adalah Pantai Pintu Kota. Bukan sekadar pantai biasa, pantai ini memiliki karang raksasa. Uniknya, ada lubang pada bagian tengah karang raksasanya tersebut. Megahnya karang raksasa dengan lubang di tengahnya menjadi pusat perhatian banyak wisatawan. Dari karang berlubang ini, kamu bisa melihat pamandangan laut Banda yang memesona.

Masjid Wapauwe

Masjid Wapauwe merupakan masjid tertua di Maluku yang menjadi saksi persebaran Islam di Maluku dan sekitarnya. Masjid Wapauwe sudah diabngun sejak 1414 Masehi juga menjadi masjid tertua kedua di Indonesia. Masjid ini dibuat dari pelepah sagu yang dikeringkan atau gaba-gaba dn beratapkan daun rumbia. Bentuk bangunan masjid ini bujur sangkar, dengan konstruksi bangunan induknya dirancang tanpa paku atau pasak.

5 dari 6 halaman

Wisata Maluku

Jembatan Merah Putih

Wisata Maluku berikutnya yang wajib dikunjungi adalah Jembatan Merah Putih. Sebelum atau sesudah menikmati alam Ambon yang memesona, kamu wajib menyempatkan diri menikmati keindahan Jembatan Merah Putih (JMP).

JMP dijadikan sebagai pusat rekreasi bagi masyarakat lokal maupun luar kota. Banyak wisatawan yang mengabadikan momen dengan latar belakang JMP karena memiliki pemandangan yang sangat indah. Keindahan diakibatkan oleh adanya lampu-lampu yang menyala menghiasi malam. Hal ini membuat JMP semakin enak untuk dinikmati.

Benteng Ferangi

Benteng Ferangi Ambon merupakan salah satu penyebab terbentuknya Kota Ambon. Benteng ini dibangun pada tahun 1575 pada masa penjajahan oleh Bangsa Portugis. Nama lain benteng ini adalah Benteng Victoria atau Benteng Kota Laha. Saat itu bangsa Portugis membangun Benteng Ferangi digunakan sebagai pusat pemerintahan.

Pulau Hatta

Wisata Maluku berikutnya juga dari Banda Neira, yaitu Pulau Hatta, atau yang dulunya disebut Pulau Rozengain. Di Pulau Hatta, kamu harus mencoba aktivitas menyelam, karena keindahan alam bawah lautnya tak kalah menawan. Gugusan terumbu karang yang masih sangat terjaga kealamiannya, hingga sebuah palung yang sangat memesona menjadi ciri khas lokasi wisata ini.

Lava Flow Banda Neira

Salah satu spot diving yang terkenal di wisata Maluku, tepatnya di Banda Neira yaitu Lava Flow. Lava Flow merupakan wisata Banda Neira yang menawarkan spot menyelam terbaik dengan kawasan terumbu karang yang alami. Sesuai dengan namanya, Lava Flow adalah aliran lava tercipta setelah gunung berapi meletus 

Taman Pattimura

Taman Pattimura diresmikan pada 7 September 2019 bertepatan dengan hari ulang tahun Kota Ambon ke-444. Di taman ini terdapat miniatur gitar dan speaker yang terus mengalunkan lagu-lagu khas Maluku.

6 dari 6 halaman

Wisata Maluku

Kepulauan Kei

Destinasi wisata Maluku yang tidak kalah menarik adalah Kepulauan Kei yang sangat menawan. Ada banyak pulau di Kepulauan Ki, seperti Pulau Dullah, Pulau Kai Kecil, hingga Pulau Kai Besar. Ada pula Pantai Pasir Panjang yang menjadi favorit banyak orang. Keindahan

Pulau Rhun

Wisata Maluku selanjutnya juga berada di Banda Neira, yaitu Pulau Rhun. Pulau ini merupakan penghasil pala dan cengkeh yang memesona dan cocok untuk dijadikan destinasi liburan. Keindahan alam bawah laut Pulau Rhun begitu memesona. Bahkan, terdapat banyak spot snorkeling yang bisa kamu nikmai di sini.

Pulau Nailaka

Wisata Maluku berikutnya yaitu Pulau Nailaka, pulau tanpa penghuni yang menawarkan keindahan pantai dengan pasir putih yang lembut dan suasana tenang dan nyaman. Pulau tropis indah di timur Indonesia ini memiliki ombak yang tenang dan pulau hijau yang memesona.

Pulau Syahrir

Pulau Syahrir merupakan wisata Maluku yang dikenal juga dengan nama Pulau Pisang. Masih berkaitan dengan alam bawah lautnya, Pulau Syahrir menawarkan keindahan yang masih terjaga dan tentunya sangat memesona. Ada berbagai spot diving menarik di Pulau ini, seperti Tanjung Serang dan Tanjung Pisang.

Rumah Pengasingan Bung Hatta

Rumah Pengasingan Bung Hatta merupakan wisata Maluku di Banda Neira yang juga perlu kamu kunjungi. Seperti yang diketahui, Bung Hatta sempat diasingkan ke Banda Neira selama enam tahun bersama Sutan Sjahrir. Tempat tinggal Bung Hatta selama diasingkan sekarang ini dijadikan sebagai museum dan tempat wisata sejarah.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS