Sukses

Klimaks Adalah Puncak dari Suatu Hal, Pahami Makna dan Penggunaannya

Pengertian klimaks adalah puncak dari suatu hal yang berkembang secara berangsur-angsur.

Liputan6.com, Jakarta Klimaks adalah kata yang kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian klimaks adalah puncak dari suatu hal yang berkembang secara berangsur-angsur.

Penggunaan kata klimaks dapat dipakai untuk berbagai istilah, misalkan untuk majas kalimat, lokomotif hingga cara bicara. Kata klimaks adalah gaya bahasa yang menunjukkan urutan dari bawah ke atas.

Untuk lebih rinci, berikut ini Liputan6.com ulas mengenai makna klimaks dan penggunaannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (18/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Arti dan Makna Klimaks

Dikuttip dari Britannica, klimaks adalah bagian yang paling menarik dan penting dari cerita, bermain, atau film yang terjadi biasanya pada atau menjelang akhir. Tujuan dari klimaks adalah mencapai bagian yang paling menarik atau penting dalam sesuatu.

Klimaks biasanya digunakan untuk membuat pada bagian akhir supaya terkesan paling menarik atau penting dari sesuatu. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian klimaks adalah puncak dari suatu hal, kejadian, keadaan, dan sebagainya yang berkembang secara berangsur-angsur.

Secara etimologi, kata klimaks berasal dari bahasa Yunani yakni klimax yang berarti jenjang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kata klimaks adalah titik intensitas atau kekuatan yang terbesar dalam rentetan menanjak yakni kulminasi. Istilah klimaks memiliki sejumlah konotasi khusus dan digunakan dalam bahasa Indonesia.

3 dari 6 halaman

Penggunaan Kata Klimaks

Dalam bahasa Indonesia, penggunaan klimaks bisa untuk:

1. Klimaks (naratif).

2. Klimaks (cara berbicara).

3. Majas klimaks.

4. Masyarakat klimaks.

5. Vegetasi klimaks dalam sebuah ekosistem.

6. Klimaks seksual, istilah lain untuk orgasme.

7. Lokomotif klimaks, lokomotif uap bergigi.

4 dari 6 halaman

Majas Klimaks

Salah satu penggunaan kata klimaks adalah majas klimaks. Klimaks adalah sebagai puncak dari suatu hal (kejadian, peristiwa, dan sebagainya) yang berkembang secara berangsur-angsur. Majas klimaks adalah gaya bahasa yang menunjukkan tentang suatu hal yang berkembang secara runtut atau berangsur-angsur. Melalui majas ini, penikmat karya sastra dapat mengetahui perkembangan suatu hal dari terkecil sampai terbesar dalam hierarki tertentu. Ciri khas utama dari majas klimaks adalah penggunaan kata-kata berhierarki yang disebutkan secara berturut-turut. 

5 dari 6 halaman

Contoh Majas Klimaks

Supaya anda lebih memahami, berikut ini terdapat beberapa contoh majas klimaks adalah:

1. Ajang pencarian bakat teater itu diikuti oleh semua kalangan dari yang muda sampai yang tua.

2. Baik kalangan bawah, menengah, bahkan kalangan atas mengeluhkan atas kenaikan yang terjadi pada harga kebutuhan pokok rumah tangga.

3. Rakyat harus pandai dalam memilih pemimpin. Karena mulai dari pemimpin desa, kota, gubernur, DPR, MPR, dan presiden itu semua berada di tangan rakyat negara.

4. Manusia mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan semasa hidupnya mulai dari kandungan, bayi, anak-anak, remaja, dewasa, hingga usia lanjut.

5. Perkembangan fayra telah melewati masa tengkurap, merangkap, duduk, berdiri, dan berjalan, tak terasa waktu begitu cepat dilalui.

6. Toko murah menjual barang-barang yang dibanderol dengan harga yang sangat murah dari ribuan, puluhan, ratusan, dan jutaan, sehingga banyak macam pilihan yang dapat kamu beli di sana.

7. Harapan setiap orang tua terhadap anaknya sungguh mulia, orang tua ingin agar anak-anaknya menjadi anak yang berguna bagi keluarga, nusa, dan bangsa.

8. Para kepala keluarga, ketua RT, ketua RW, dikumpulkan oleh kepala desa untuk membahas keamanan desa yang akhir-akhir ini membuat onar.

9. Organisme multiseluler ini tersusun mulai dari sel, jaringan, organ, hingga sistem organnya.

10. Anak–anak, remaja, dewasa, dan orang tua asyik menikmati hiburan tradisional kuda lumping pada acara pergantian tahun baru imlek

11. Di toko kami, semua ukuran baju tersedia, mulai dari ukuran S sampai ukuran XL.

12. Toko kaset itu menjual kaset lama hingga kaset baru.

6 dari 6 halaman

Contoh Majas Klimaks

13. Mulai hari ini hingga lima tahun ke depan, Anda resmi bekerja di sini.

14. Berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan, kehadirannya masih aku nantikan.

15. Pulau Bali selalu dikunjung wisatawan, mulai dari lokal hingga mancanegara.

16. Semua berita tersaji di koran itu, mulai dari hiburan, bisnis, ekonomi, dan politik.

17. Di Liga Spanyol, setiap pesepakbola diberi nomor punggung 1 sampai 25.

18. Dari pagi hingga malam, proyek bangunan itu belum selesai juga.

19. Sidang skripsi tertutup hanya dihadiri peserta sidang, penguji, dan ketua sidang.

20. Buah catur terdiri atas pion, kuda, gajah, benteng, menteri, dan raja.

21. Kerabat dekat, tetangga, dan para kolega hadir pada acara resepsi tersebut.

22. Pak Aceng menetap di Jakarta dari tahun 1998 hingga 2005.

23. Pasar ikan itu menjual berbagai macam ikan, diantaranya: ikan teri, ikan mas, ikan lele, dan ikan patin.

24. Salah satu syarat untuk melakukan donor darah adalah orag tersebut harus berusia 16 hingga 35 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.