Sukses

15 Cara Menghilangkan Wajah Berminyak secara Alami, Cepat, dan Aman

Cara menghilangkan wajah berminyak kerap dicari sebagai upaya pencegahan timbulnya jerawat.

Liputan6.com, Jakarta Wajah berminyak menjadi permasalahan sebagian besar masalah bagi orang yang tinggal di daerah tropis, termasuk Indonesia. Kondisi iklim yang lembab dan cenderung panas mengakibatkan kelenjar minyak yang ada di kulit memproduksi lebih banyak sebum yang menyebabkan wajah menjadi berminyak. Tidak heran bila banyak orang yang mencari cara menghilangkan wajah berminyak.

Cara menghilangkan wajah berminyak kerap dicari sebagai upaya pencegahan timbulnya jerawat. Jerawat dan wajah berminyak memang merupakan satu rangkaian permasalahan kulit yang saling berkaitan. Semakin banyak sebum yang dihasilkan semakin tinggi risiko timbul jerawat di wajah.

Produksi sebum yang berlebih dapat menyumbat pori-pori, hal inilah yang menyebabkan timbulnya jerawat yang kerap mengganggu penampilan. Selain itu, wajah yang berminyak juga tapak kusam karena kotoran dapat dengan mudah menempel pada wajah yang berminyak. Berikut cara menghilangkan wajah berminyak yang sudah Liputan6.com kumpulkan dari berbagai sumber, Selasa (15/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Wajah Berminyak

1. Rutin Mencuci Wajah 

Mencuci muka secara rutin dapat menjadi salah satu cara menghilangkan wajah berminyak. Cuci muka sebaiknya dilakukan dengan sabun saat pagi sebelum mulai beraktivitas dan sore hari setelah selesai beraktivitas. Selain itu, cuci muka dengan sabun juga sebaiknya dilakukan setelah melakukan kegiatan di luar ruangan atau kegiatan yang menyebabkan berkeringat, seperti berolahraga. 

Meski demikian, tidak disarankan mencuci muka terlalu sering, sebab hal tersebut akan membuat kulit menjadi terlalu kering. Pada kulit yang berminyak kondisi kulit yang kering setelah mencuci muka justru akan mendorong kelenjar minyak memproduksi sebum lebih banyak lagi. Akibatnya wajah menjadi semakin berminyak.

Pilih sabun muka yang khusus diformulasikan untuk kulit berminyak. Apabila memiliki kulit berminyak yang cenderung sensitif sebaiknya hindari sabun muka yang mengandung parfum dan alkohol. 

2. Keringkan Wajah Dengan Lembut

Setelah mencuci muka, keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk wajah menggunakan handuk lembut. Hindari gerakan menggosok yang dapat membuat wajah menjadi terlalu kering dan mendorong produksi sebum berlebih. 

Tidak papa membiarkan wajah sedikit lembab setelah mencuci wajah, di beberapa negara yang beriklim kering malah dianjurkan untuk membiarkan air yang menempel pada wajah kering dengan sendirinya.

3. Gunakan Toner

Cara menghilangkan wajah berminyak selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan toner. Mencuci wajah dapat mengikis pelembab alami yang diperlukan wajah, pengaplikasian toner bertujuan untuk membantu wajah mengembalikan kelembapannya. Menjaga kelembaban wajah ini penting agar kelenjar minyak tidak terdorong untuk memproduksi minyak secara berlebih. Pilih juga toner yang diformulasikan untuk kulit berminyak.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Wajah Berminyak

4. Pakai Pelembab

Setelah toner, penting juga untuk mengaplikasikan pelembab ke wajah berminyak. Beberapa orang yang memiliki wajah berminyak kerap kali mealas mengaplikasikan produk perawatan kecantikan satu ini. Alasannya pelembab menjadi penyebab wajah terlihat semakin berminyak. Padahal pemilihan pelembab yang tepat dapat menjadi cara mengontrol produksi sebum yang menyebabkan kulit tampak mengkilat, kusam, dan berjerawat. 

5. Pilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Sunscreen atau tabir surya menjadi salah satu produk perawatan kulit yang sangat penting melindungi kulit dari paparan radikal bebas. Namun seperti pelembab sunscreen kerap dihindari oleh orang-orang yang memiliki kulit berminyak. 

Padahal penggunaan tabir surya dapat membantu mencegah kulit keriput, timbulnya flek hitam, serta kanker kulit akibat paparan sinar matahari. Untuk mencegah kulit berminyak karena pemakaian sun, pilihlah tabir yang berbahan dasar minyak dan wewangian. 

6. Gunakan Blotting Paper

Blotting paper atau kertas wajah adalah salah satu produk kecantikan yang berfungsi untuk mengatasi kulit berminyak saat beraktivitas di siang hari. Blotting paper bekerja dengan menyerap minyak dari permukaan kulit. Blotting paper memang tidak dapat mengontrol produksi sebum pada kelenjar minyak. Namun, cara ini cukup efektif sebagai cara menghilangkan wajah berminyak agar wajah tidak terlalu berminyak. Cara penggunaannya adalah dengan menempelkan blotting paper pada bagian wajah yang dirasa berminyak.

7. Pakai Mud Mask

Mud mask atau masker lumpur menjadi salah satu produk perawatan wajah yang banyak dipilih untuk menghilangkan menghilangkan minyak di wajah. Seperti namanya, mud mask terbuat dari lumpur yang memiliki kandungan mineral, seperti smectite atau bentonite, yang dapat membantu mengurangi dan mengangkat produksi minyak berlebih di wajah. Beberapa produsen mud mask juga menambahkan berbagai bahan lain untuk menutrisi kulit.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Wajah Berminyak

8. Rutin Eksfoliasi Kulit

Eksfoliasi kulit secara rutin membantu mengontrol produksi sebum yang berlebih. Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. Pori-pori yang bersih dapat menstabilkan produksi sebum di kelenjar minyak, dengan begitu pori-pori akan tampak lebih kecil.

9. Kurangi Kebiasaan Menyentuh Wajah

Cara menghilangkan wajah berminyak selanjutnya adalah dengan menghindari kebiasaan menyentuh wajah. Sebab, kebiasaan ini dapat menyebarkan kotoran, minyak, dan bakteri yang berpindah dari tangan ke wajah. Kotoran yang menempel akan memperparah tampilan wajah yang berminyak.

10. Pilih Produk Perawatan Kulit Berlabel Non-comedogenic

Penggunaan produk perawatan kulit bertujuan untuk memelihara kesehatan kulit, namun pemilihan yang tidak tepat malah akan menimbulkan masalah di kulit. Untuk pemilik tipe kulit berminyak sebaiknya pilih produk-produk yang menyertakan label non-comedogenic. 

Label non-comedogenic menandakan bahwa produk tersebut tidak rentan menyumbat pori-pori wajah sehingga pembentukan jerawat dapat terhindarkan. Biasanya produk berlabel non-comedogenic tidak memiliki bahan dasar minyak yang dapat menyebabkan tampilan wajah berminyak semakin mengkilap. Hal ini juga berlaku untuk produk-produk make up.

11. Kurangi Makanan Berminyak

Makanan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi kulit. Makanan berminyak, seperti gorengan, dapat mendorong kelenjar minyak memproduksi sebum lebih banyak.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Wajah Berminyak

12. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C menjadi salah satu nutrisi makanan yang baik pada cara menghilangkan wajah berminyak. Vitamin C mendukung fungsi kolagen yang dapat mengendalikan produksi sebum di kelenjar minyak. Dengan begitu wajah tetap lembab, namun tidak berminyak secara berlebih.

13. Konsumsi Vitamin E

Sudah sejak lama vitamin E terbukti memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan kulit. Mencukupi kebutuhan vitamin E harian terbukti mampu merawat kesehatan kulit yang juga dapat mengontrol produksi sebum yang berlebih.

14. Konsumsi Vitamin A

Vitamin A tidak hanya baik untuk memelihara kesehatan mata. Memenuhi kebutuhan vitamin A untuk kulit akan memberikan berbagai manfaat, mulai dari mengontrol produksi sebum, menghaluskan kulit, memperbaiki kerusakan pada sel-sel kulit, mencerahkan kulit, mengurangi garis halus dan kerutan, serta mencegah risiko timbulnya jerawat.

15. Olahraga

Olahraga adalah kegiatan yang dapat menyehatkan seluruh bagian tubuh, termasuk kulit. Rutin berolahraga dapat meningkatkan pasokan oksigen di dalam tubuh, dengan demikian kulit dapat melakukan proses peremajaan diri dengan lebih cepat, dan produksi sebum menjadi lebih terkontrol. Jangan lupa untuk mencuci wajah setelah berolahraga agar wajah tampak bersih dan cerah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.