Sukses

12 Manfaat Apel Merah untuk Kesehatan, Cegah Kanker dan Diabetes

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak tahu apel merah? Buah yang enak dan menyegarkan ini jelas menjadi favorit banyak orang. Apalagi, apel merah tidak sekadar enak, manfaat apel merah banyak sekali untuk kesehatan.

Manfaat apel merah tentu tidak lepas dari kandungan nutrisinya yang kaya. Kandungan air dan seratnya yang melimpah, membuat apel dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Dengan kata lain, manfaat apel dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

Di samping itu, manfaat apel juga dapat mencegah sejumlah penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, dan sebagainya. Yang jelas ada manfaat apel merah yang bisa Anda rasakan. Bahkan, bagi penderita asma, apel juga dianggap dapat membantu mengatasi gejalanya.

Penasaran, apa saja manfaat apel merah? Berikut adalah sejumlah manfaat apel merah untuk kesehatan, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (14/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Berdasarkan jurnal yang dipublikasikan di Experimental Biology and Medicine, manfaat apel merah salah satunya adalah dapat meningkatkan kesehatan otak. Ini tidak lepas dari peran quercetin, yang merupakan salah satu antioksidan yang terdapat di dalam apel merah. Zat tersebut dapat mengurangi risiko kematian sel saraf.

Studi lainnya, yang diterbitkan di Journal of Alzheimer’s Disease juga menyatakan bahwa asupan apel secara rutin dapat meningkatkan produksi neurotransmitter asetilkolin di otak sehingga mampu memperbaiki daya ingat dan menurunkan risiko Alzheimer.

2. Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Kanker payudara memang bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Namun, berdasarkan Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengonsumsi satu buah apel merah setiap harinya mampu mencegah kanker payudara. Selain apel, mengonsumsi buah dan sayuran dengan rutin juga dapat menurunkan risiko kanker payudara.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meskipun kandungan vitamin C pada buah apel tak setinggi jeruk, tetapi apel juga mengandung vitamin C yang diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan kata lain manfaat apel merah juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Buah apel berukuran sedang saja memiliki kandungan vitamin C sebesar 8 mg yang dimana dapat memenuhi 14 persen kebutuhan harian akan vitamin C kamu.

3 dari 6 halaman

4. Turunkan Risiko Diabetes

Kandungan pektin yang terdapat pada buah apel merah bisa membantu mengatur kadar gula darah. Sebuah studi yang telah dilakukan oleh para peneliti di Amerika Serikat, Inggris, dan Singapura menemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi apel tiga kali seminggu, serta buah-buahan lain seperti pir, blueberry, dan anggur, memiliki peluang 7 persen lebih rendah terkena diabetes tipe dua daripada mereka yang tidak mengonsumsi apel.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan quercetin yang ditemukan pada apel merah membantu untuk mencegah pembekuan darah serta mengurangi risiko aterosklerosis atau penumpukan plak di arteri yang menyebabkan serangan jantung. Quercetin juga memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan radang di arteri.

4 dari 6 halaman

6. Bantu Turunkan Berat Badan

Apel kaya akan serat dan air. Kandungan tersebut akan membuat seseorang yang mengonsumsinya akan menjadi kenyang lebih lama. Kenyang lebih lama tentu akan mencegah Anda untuk mendapatkan asupan kalori lebih banyak.

Dalam sebuah penelitian, makan apel utuh dapat membuat seseorang merasa kenyang hingga 4 jam lebih lama daripada mengonsumsi jus atau pure apel dalam jumlah yang sama.  Penelitian juga menunjukkan asupan apel dapat secara signifikan mengurangi berat badan.

7. Tingkatkan Kesehatan Usus

Apel mengandung pektin, sejenis serat yang berfungsi sebagai prebiotik. dengan kata lain, makan apel merah sama dengan memberi makan mikrobiota usus Anda, yang merupakan bakteri baik di usus Anda.

Mikrobiota usus Anda memainkan peran penting dalam kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Usus yang sehat seringkali merupakan kunci untuk kesehatan yang lebih baik. Selain itu, kareta serat merupakan kandungan yang sulit dicerna, pektin mencapai usus besar Anda secara utuh, dan mendorong pertumbuhan bakteri baik. Dengan kata lain, salah satu manfaat apel merah adalah dapat menyehatkan usus.

5 dari 6 halaman

8. Bantu Atasi Asma

Apel kaya antioksidan yang dapat membantu melindungi paru-paru Anda dari kerusakan oksidatif. Kelebihan molekul berbahaya yang disebut radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan oksidatif. Ini dapat menyebabkan respons inflamasi dan alergi di tubuh Anda/

Sedangkan kulit apel merah kaya akan antioksidan quercetin, yang dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Secara teoritis, ini bisa membuat apel efektif melawan fase akhir respons asma bronkial.

Sebuah penelitian tabung reaksi dan hewan menunjukkan bahwa quercetin dalam apel merah dapat mengatasi peradangan alergi seperti asma dan sinusitis. Demikian pula, senyawa lain yang ditemukan dalam apel, termasuk yang disebut proanthocyanidins. Senyawa tersebut dapat mengurangi atau mencegah peradangan saluran napas.

9. Meningkatkan Kesehatan Mata

Vitamin seperti vitamin C dan vitamin A yang terkandung dalam apel merah adalah hal yang dibutuhkan untuk mata. Ini karena vitamin tersebut dapat membuat mata terhindar dari kelelahan, kekeringan, dan membantu mengobati rabun senja sekaligus menghilangkan radikal bebas yang akan membantu mencegah katarak.

Menurut beberapa penelitian, orang yang mengonsumsi buah-buahan kaya antioksidan seperti apel memiliki kemungkinan 10-15% lebih kecil untuk terkena katarak. Dengan kata lain, manfaat apel merah salah satunya adalah dapat meningkatkan kesehatan mata.

6 dari 6 halaman

10. Menyehatkan Kulit

Apel mengandung vitamin C yang membantu dalam pembuatan kolagen yang merupakan protein dan komponen penting yang banyak ditemukan di kulit Anda.

Kolagen membantu menjaga penghalang kedap air kulit Anda, memberi Anda corak kulit yang lebih baik dan membuat Anda terlihat bercahaya. Vitamin C juga merupakan elemen penting dalam memperkuat rambut dan kuku Anda.

11. Menyehatkan Tulang

Apel memiliki fitonutrien yang disebut phloridzin. Zat tersebut terdapat pada kulit apel, yang dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi kerusakan tulang terutama bagi wanita setelah menopause.

Zat tersebut juga merupakan sumber boron alami yang bagus, mineral yang berperan penting dalam membangun tulang yang kuat dan menurunkan risiko osteoporosis.

12. Menyehatkan Gigi

Apel adalah sikat gigi alami karena serat dan kulitnya yang tebal dapat bekerja seperti sikat gosok untuk mengurangi plak dan penumpukan untuk melindungi gigi Anda sekaligus menstimulasi gusi. Makan apel juga menghasilkan air liur yang dapat memberikan pembilasan untuk menghilangkan bakteri dan partikel makanan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS