Sukses

8 Manfaat Gula Batu yang Benar dan Jarang Diketahui, Ini Bahaya Konsumsinya

Manfaat gula batu yang paling baik adalah mampu menjadi sumber energi yang cepat didapat.

Liputan6.com, Jakarta - Gula batu dinilai lebih baik daripada gula pasir dan gula rafinan lainnya. Ada delapan manfaat gula batu yang benar dan selama ini jarang diketahui. Gula batu membantu menyegarkan napas dan meningkatkan kadar hemoglobin.

Apalagi? Manfaat gula batu yang benar dan jarang diketahui adalah ini sumber energi yang bisa didapat dengan cepat. Gula batu bisa mengatasi batuk, mencegah mual, hingga membantu menghentikan perdarahan.

Gula batu yang dikonsumsi dengan kadar yang tepat bisa mendatangkan manfaat. The American Heart Association merekomendasikan kurang dari enam sendok teh gula per hari untuk wanita dan sembilan sendok teh per hari untuk pria.

Jika gula batu dikonsumsi berlebihan, maka akan mendatangkan sejumlah bahaya bagi kesehatan. Seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, obesitas, hingga kesehatan mulut dan gigi yang buruk.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang manfaat gula batu yang benar dan jarang diketahui, Senin (14/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Gula Batu yang Benar dan Jarang Diketahui

Gula batu biasa digunakan untuk membuat sajian minuman hangat seperti teh dan jahe. Times Foodie menjelaskan manfaat gula batu yang benar sebagai berikut:

1. Membantu Menyegarkan Napas

Kesegaran napas bisa didapat dengan mengonsumsi minuman yang diseduh dengan gula batu. Manfaat gula batu yang benar dan jarang diketahui ini berasal dari gula batu atau mishri yang bisa mengeluarkan aroma dan rasa yang bisa memberi kesegaran di mulut dan membuat napas lebih segar.

2. Membantu Meningkatkan Kadar HB

Manfaat gula batu yang benar adalah mampu membantu meningkatkan kadar hemoglobin. Seseorang yang memiliki kadar hemoglobin rendah memiliki masalah seperti kulit pucat, kelelahan, anemia, dan kelemahan. Solusinya, bisa dengan mengonsumsi gula batu.

3. Membantu Meningkatkan Energi

Gula batu pun bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Ini mengapa manfaat gula batu yang benar adalah ampuh meningkatkan energi saat dikonsumsi setelah makan. Mengkonsumsi mishri atau gula batu dengan biji adas mencegah suasana hati yang buruk dan tidak bersemangat.

Apalagi manfaat gula batu yang benar dan jarang diketahui? WebMD menjelaskan manfaat gula batu sebagai berikut:

4. Sumber Energi yang Cepat Didapat

Dibenarkan, gula batu ahlinya meningkatkan energi karena ini termasuk sumber energi yang cepat didapatkan. Gula batu adalah karbohidrat sederhana yang bisa dimetabolisme dengan sangat cepat di dalam tubuh.

Gula batu akan dengan cepat dipecah menjadi glukosa setelah dikonsumsi, sehingga lonjakan energi meningkat dan kadar gula darah menurun. Ini mengapa gula batu disebut pula sebagai sumber energi cepat untuk sel, jaringan, dan organ tubuh manusia.

5. Memiliki Tingkat Manis yang Ringan

Manfaat gula batu yang benar adalah mereka memiliki tingkat manis yang lebih ringan dibanding jenis gula lainnya. Adanya manfaat gula batu ini berguna bagi mereka yang tidak suka mengonsumsi minuman yang terlalu manis.

Lalu, bagi mereka yang ingin mengonsumsi lebih sedikit kalori dan mengurangi asupan gula. Gula batu memiliki manfaat ini karena terbuat dari larutan air dan gula, maka lebih encer daripada gula rafinasi.

Apalagi manfaat gula batu yang benar dan jarang diketahui? Her Zindagi menjelaskan manfaat gula batu berikut ini:

6. Menjadi Solusi Masalah Batuk

Gula batu bisa dijadikan solusi untuk meringankan masalah batuk. Adanya manfaat gula batu yang benar ini karena mereka bisa berperan sebagai terapeutik. Gula batu akan meredakan batuk, mencegah flu, hingga menguatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Mencegah Mual

Seseorang yang sedang mengalami flu bisa mengonsumsi gula batu. Manfaat gula batu yang benar adalah mampu menjaga tingkat keasaman dengan mengurangi mual dan gas saat flu. Maka, sangat penting untuk menghindari makanan seperti cola, biskuit, dan coklat.

8. Membantu Menghentikan Perdarahan

Manfaat gula batu yang benar adalah bisa membantu menghentikan terjadinya perdarahan di hidung atau mimisan. Cobalah dengan memasukkan potongan gula batu ke adalam air dan tunggu setengah larut. Bisa teteskan air ke hidung untuk menghentikannnya.

3 dari 3 halaman

Bahaya Mengonsumsi Gula Batu dan Penjelasannya

Mengonsumsi gula batu tidak hanya mendatangkan manfaat. WebMD menjelaskan ada empat bahaya mengonsumsi gula batu yang perlu diperhatikan:

1. Kegemukan atau Obesitas

Rata-rata orang Amerika makan 17 sendok teh gula setiap hari. Ini menambahkan hingga 57 pon gula tambahan per orang setiap tahun.

Ada banyak bukti yang menunjukkan bahaya konsumsi gula batu berlebih berkontribusi pada penambahan berat badan, yang pada akhirnya dapat menyebabkan obesitas.

Obesitas atau kelebihan berat badan juga terkait dengan sejumlah kondisi kesehatan, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan banyak lagi.

2. Diabetes Tipe 2

Bahaya mengonsumsi gula batu berlebihan adalah timbul masalah diabetes tipe 2. Kelebihan berat badan dan diet tinggi karbohidrat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.

3. Penyakit Kardiovaskular

Bahaya mengonsumsi gula batu berlebihan adalah terserang penyakit kardiovaskular. Penelitian menunjukkan hubungan antara diet tinggi gula dan peningkatan risiko kematian akibat penyakit jantung.

Hasil studi jangka panjang menunjukkan orang yang mengonsumsi 17-21% dari asupan kalori harian mereka sebagai tambahan gula memiliki risiko 38% lebih tinggi meninggal akibat penyakit kardiovaskular.

4. Memiliki Kesehatan Mulut yang Buruk

Bahaya mengonsumsi gula batu berlebihan adalah memiliki kesehatan mulut yang buruk. Meskipun gula batu atau gula rafinan tidak membahayakan gigi secara langsung, gula mengundang bakteri yang memakan gula yang menempel di gigi, hingga membentuk lapisan plak.

Plak memungkinkan bakteri untuk tetap berada di gigi untuk jangka waktu yang lebih lama. Bakteri menghasilkan asam yang mengikis email gigi dari waktu ke waktu, menyebabkan gigi berlubang.

Produk beracun lainnya yang dikeluarkan oleh bakteri dapat menembus jaringan gusi dan menyebabkan radang gusi. Jika tidak diobati, gingivitis dapat meningkat menjadi penyakit yang lebih serius yang disebut periodontitis, yang dapat menyebabkan hilangnya tulang dan jaringan di sekitar gigi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.