Sukses

12 Wisata Alam Yogyakarta yang Terkenal Indah, dari Air Terjun hingga Pantai

Wisata alam Yogyakarta mulai dari pegunungan, pantai, air terjun, hingga waduk semua menawarkan daya tarik tersendiri.

 Wisata alam Yogyakarta dapat dijadikan destinasi liburan yang sangat menyenangkan dan seru. Terlebih tempat wisata di Yogyakarta sangat ramah dikantong, tak heran banyak wisatawan lokal dan mancanegara berkunjung.

Kota Gudeg ini memang terkenal dengan wisata sejarahnya yang sangat kental. Tak hanya itu, wisata alam Yogyakarta juga memiliki potensi yang menakjubkan. Ada banyak wisata alam Yogyakarta yang wajib kamu eksplore apabila sedang berkunjung ke Kota Gudeg.

Wisata alam Yogyakarta mulai dari pegunungan, pantai, air terjun, hingga waduk semua menawarkan daya tarik tersendiri. Keindahan alamnya akan membuat liburanmu sangat berkesan saat ke Yogyakarta.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata alam Yogyakarta yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Alam Yogyakarta yang Terkenal Indah berupa Pegunungan

1. Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunung Kidul

Gunung yang berada di Pathuk, Wonosari ini adalah tempat terbaik untuk menyaksikan sunrise di antara bukit-bukit indah yang diselimuti kabut. Di sini wisatawan juga bisa berkemah. Disarankan berkunjung saat cuaca cerah, karena tanah merah di kawasan gunung akan terasa licin jika hujan mengguyur.

2. Kebun Teh Nglinggo, Kulon Progo

Tempat wisata alam Yogyakarta yang berikutnya adalah Kebun Teh Nglinggo. Kebun teh ini berlokasi di daerah Samigaluh, tepatnya di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kulon Progo. Perkebunan Nglinggo menawarkan hawa yang sejuk, hamparan hijau pohon teh yang bikin mata adem, dan pemandangan puncak 8 gunung sekaligus. Aksesibilitas ke daerah ini juga sudah cukup bagus dan ada pula homestay yang bisa dimanfaatkan untuk bermalam.

3. Wisata Kalibiru, Kulon Progo

Tempat wisata alam Yogyakarta yang berikutnya adalah wisata Kalibiru. Kalibiru merupakan tempat yang asyik untuk trekking dengan latar pepohonan asri. Tetapi tujuan utama para traveler ke sini biasanya untuk menikmati sunset di atas pijakan yang sengaja dipasang di atas pohon. Dari titik tersebut kamu juga bisa melihat Waduk Sermo dari kejauhan.

4. Hutan Pinus Mangunan, Bantul

Selain Kalibiru, hutan pinus Mangunan juga jadi objek wisata Yogyakarta wajib buat para pencinta alam. Di sini banyak sekali spot fotogenik yang bisa dieksplorasi. Untuk masuk ke hutan pinus, kamu hanya akan dikenakan tarif parkir.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Alam Yogyakarta yang Terkenal Indah berupa Pantai

5. Pantai Nglambor, Gunung Kidul

Tempat wisata alam Yogyakarta yang berikutnya adalah Pantai Nglambor. Pantai ini terkenal sebagai wisata snorkeling. Di sini kamu berkesempatan untuk berenang dengan ikan beraneka warna. Apabila sedang beruntung bahkan bisa bertemu dengan kura-kura laut berukuran besar. Bagi yang malas snorkeling pun, Nglambor tetap memesona dengan airnya yang biru jernih dan berombak kecil.

6. Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul

Pok Tunggal merupakan salah satu wisata alam Yogyakarta andalan Gunung Kidul. Pantai cantik yang dikelilingi batu karang ini merupakan tempat yang cocok untuk menikmati keindahan sunset. Selain itu, Pok Tunggal juga masih tergolong sepi. Jadi kamu bisa menikmati kesyahduan panoramanya tanpa gangguan.

7. Pantai Timang, Gunung Kidul

Tak kalah populer dengan pantai lainnya, wisata alam Yogyakarta pantai Timang juga wajib kamu masukkan ke dalam list destinasi liburan. Pantai ini sedikit berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Jogja. Di sini kamu bisa menaiki gondola tradisional yang biasa digunakan oleh nelayan setempat untuk menyeberangi tebing karang. Dengan ganasnya laut Samudra Hindia di bawahnya, bikin kamu semakin tertantang untuk mencoba wahana ini.

8. Pantai Parangtritis dan Parangkusumo, Bantul

Pantai Parangtritis dan Parangkusumo merupakan pantai yang saling berdampingan. Kedua pantai ini termasuk pantai di Jogja yang paling banyak dikunjungi. Di sini kamu bisa menikmati deburan ombak pantai selatan, menyaksikan sunset dan sunrise, hingga berkeliling pantai menggunakan jeep sewaan.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Alam Yogyakarta yang Terkenal Indah berupa Air Terjun

9. Air Terjun Tlogo Muncar, Sleman

Tempat wisata alam Yogyakarta satu ini berada di daerah Kaliurang tepatnya Jalan Tlogo Putri, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DIY. Sumber air terjun ini berasal dari lereng bukit Plawangan, Gunung Merapi. Kawasan di sekitar air terjun ini sangat sejuk dengan udara yang masih bersih.

10. Air Terjun Kedung Kandang, Gunungkidul

Tempat wisata alam Yogyakarta yang berikutnya adalah yakni Air Terjun Kedung Kandang. Lokasinya ada di sisi selatan Nglanggeran. Air terjun ini mengalir di atas batuan vulkanik yang sekilas berbentuk seperti anak tangga raksasan. Musim hujan adalah waktu yang tepat mengunjungi Air Terjun Kedung Kandang karena aliran airnya akan menghilang ketika puncak kemarau.

11. Air Terjun Luweng Sampang, Gunungkidul

Tempat wisata alam Yogyakarta yang berikutnya adalah Air Terjun Luweng Sampang. Air Terjun Luweng Sampang berada di Jalan Juminahan, Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini cukup unik, pasalnya air terjun tersebut dihiasi oleh bebatuan cadas berwarna putih sehingga terlihat kontras dengan jernihnya air terjun.

Selain itu, bebatuan tersebut juga memiliki garis-garis unik yang terbentuk secara alami akibat terkena erosi dari aliran air. Air Terjun Luweng Sampang diapit oleh dua bebatuan cadas yang membuatnya memiliki keindahan alam eksotis.

Wisatawan juga bisa duduk sambil menikmati pemandangan dari atas bebatuan tersebut. Waktu terbaik mengunjungi Air Terjun Luweng Sampang adalah pada musim penghujan karena aliran airnya akan cukup besar. Sebaliknya pada musim kemarau, justru airnya surut.

12. Grojogan Sewu, Kulon Progo

Tempat wisata alam Yogyakarta yang berikutnya adalah Grojogan Sewu. Grojogan Sewu berada dalam kawasan Perbukitan Menoreh. Tepatnya di Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Grojogan Sewu memiliki banyak trap atau tingkatan sehingga disebut Grojogan Sewu.

Air terjun ini memiliki pemandangan eksotis karena masih sangat alami. Suara tongkerat saling bersahut-sahutan dengan deru suara air terjun. Namun, jalan menuju ke lokasi air terjun cukup terjal, sehingga pengunjung harus berhati-hati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.