Sukses

8 Manfaat Website di Era Digital, Pahami Pengertian dan Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Di era digital seperti sekarang ini,website menjadi salah satu media yang efektif untuk menyebarkan informasi. Hampir semua orang saat ini memiliki akses internet di genggaman tangan membuat website menjadi sarana komunikasi satu arah yang cukup efisien. Keefisienan website membuat banyak orang menggunakan manfaat website untuk berbagai keperluan. 

Manfaat website perlahan mulai menggantikan media cetak. Selain karena website dirasa lebih praktis, isu lingkungan tentang media cetak juga turut berperan dalam pergeseran media ini. Media cetak membutuhkan banyak kertas yang berbahan baku pohon. Media cetak juga menghasilkan sampah yang cukup banyak dan meninggalkan PR untuk mendaur ulangnya.

Berikut ulasan Liputan6.com tentang manfaat website, pengertian, dan jenisnya yang dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (8/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Manfaat Website: Pengertian dan Jenis

Sebelum membahas tentang manfaat website, ada baiknya kita berkenalan dulu dengan apa itu website. Saat ini website menjadi media yang paling sering diakses untuk mencari berbagai informasi. Perubahan kecenderungan masyarakat memilih website sebagai sumber informasi adalah akibat dari perkembangan internet yang terus berkembang dari tahun ke tahun.

Website adalah kumpulan halaman dalam suatu domain yang memuat berbagai informasi agar dapat dibaca dan dilihat oleh pengguna internet melalui sebuah mesin pencari atau browser. Informasi yang dapat dimuat umumnya berisi mengenai konten gambar, ilustrasi, video, dan teks untuk berbagai macam kepentingan.

Biasanya untuk tampilan awal dapat diakses melalui halaman utama atau homepage menggunakan browser dengan menuliskan URL yang tepat. Sebuah homepage juga memuat beberapa halaman web turunan yang saling terhubung satu dengan yang lain.

Jenis Website

Website Statis

Website statis merupakan website yang memiliki tampilan yang tetap dan tidak banyak mengalami perubahan. Biasanya untuk perubahannya sendiri hanya terletak pada tampilan desain halaman web saja, terkait konten tidak mengalami perubahan yang besar. Contoh dari web statis yaitu yang menampilkan profil perusahaan atau organisasi. Saat ini website statis banyak dimanfaatkan sebagai undangan digital.

Website Dinamis

Website dinamis adalah website yang mengalami perubahan secara terus menerus sesuai dengan kebutuhan dan relevansi dari bisnis dan perkembangan zaman. Website dinamis memiliki tampilan yang lebih interaktif, dan menyediakan fitur kolom komentar serta chatting. Contoh dari situs web ini adalah blog, situs berita online, e-commerce, sistem informasi, dan lain sebagainya.

Website Interaktif

Website interaktif adalah website yang dirancang untuk dapat saling berinteraksi antar penggunanya. Jenis situs ini biasanya tergolong ke dalam platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan platform social media yang lain.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Website

Website dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Tidak hanya dipakai sebagai media informasi lembaga besar, website juga dapat digunakan oleh pribadi.

1. Membuat Portfolio Online

Website dapat digunakan sebagai tempat mengumpulkan karya-karya yang Anda buat. Manfaat website satu ini mirip seperti kliping karya sendiri tapi berbasis online. Anda dapat mengunggah tulisan, gambar, foto maupun hasil karya lain di website. Ini dapat dimanfaatkan sebagai ajang promosi karya yang Anda buat personal branding pun meningkat. 

2. Membagikan Pengalaman Pribadi dan Catatan Harian

Website juga dapat digunakan sebagai media membagikan pengalaman pribadi dan catatan harian. Jika dulu hanya orang-orang terpilih saja yang tulisannya dapat dimuat di media cetak, sekarang semua orang dengan mudah menerbitkan tulisan secara online melalui website. Website seperti blog memberikan fitur yang dapat digunakan sebagai buku harian atau tampilan apapun sesuai minat penggunanya. 

3. Menjadi Media Pengenalan Profil Perusahaan 

Profil perusahaan menjadi aspek yang penting bagi sebuah perusahaan untuk menggaet klien dan memperluas jaringan. Penyebaran informasi tentangan profil perisahaan dapat dilakukan dengan website. Perluasan jangkauan menggunakan website akan meningkatkan brand awareness perusahaan Anda. 

4. Sebagai Display Produk atau Jasa

Selain mengenalkan profil perusahaan, website dapat digunakan sebagai etalase digital produk ataupun jasa. Cara kerjanya sama seperti katalog menu, website akan memudahkan calon pembeli dan pengguna jasa melihat-lihat penawaran suatu produk maupun jasa. Anda bisa memberi informasi sedetail mungkin di website, baik lewat tulisan, foto, video, bahkan melihat gambar secara 360 lewat fitur 360 product viewer.

5. Melayani Transaksi Digital Selama 24 Jam

Manfaat website banyak menguntungkan para pebisnis adalah kesempatan melayani transaksi digital selama 24 jam. Website memungkinkan Anda menerima orderan pelanggan setiap saat, tanpa harus berjaga setiap waktu seperti menjaga toko konvensional. Dengan begitu pengusaha dapat mencapai penjualan lebih banyak dan meraup untung lebih juga. 

6. Pusat Informasi dan Pemberitaan

Fungsi website yang paling utama adalah sebagai media penyampaian informasi. Lewat website, segala bentuk informasi dan pemberitaan dapat dimuat. Misalnya, promo, menampilkan pengumuman hasil seleksi karyawan, pendaftaran event tertentu, berita terbaru perusahaan, dan banyak lagi.

7. Membangun Komunitas

Manfaat website selanjutnya adalah sebagai sarana membangun komunitas. Website dapat mempertemukan orang-orang dengan ketertarikan meski berada di tempat yang berjauhan. Website dapat dipergunakan untuk bertukar informasi tentang hobi maupun tips. Salah satu website yang digunakan untuk membangun komunitas adalah facebook dan twitter. 

8. Sebagai Virtual Asset

Dalam ilmu ekonomi, apa saja yang menghasilkan keuntungan penjualan disebut sebagai asset, begitu juga website. Sebuah website yang dikelola dengan maksimal mampu mendatangkan berbagai keuntungan. Baik dari monetizing maupun dengan mendatangkan lebih banyak customer dan klien. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS