Sukses

18 Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Cepat, Mudah dan Alami

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat, bisa menggunakan es batu dan lidah buaya.

Liputan6.com, Jakarta Lingkaran hitam adalah masalah kecantikan yang paling umum terjadi di kalangan wanita, karena efek dari kurang tidur. Selain itu, lingkaran mata atau yang kerap disebut kantung mata ini, juga disebabkan oleh faktor lain seperti melemahnya otot kelopak mata, dehidrasi, alergi, juga terjadi penumpukan cairan. Hal ini membuat banyak orang mulai mencari cara menghilangkan kantung mata dengan cepat, mudah dan tanpa efek samping. 

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat, memang bisa dilakukan dengan tindakan medis, namun memiliki risiko juga efek samping untuk kesehatan. Oleh karena itu, dengan campuran bahan alami seperti timun, kunyit, minyak esensial, serta menjaga pola hidup sehat, maka Anda bisa terhindar dari masalah kantung mata. 

Kantung mata yang hitam, kerap membuat orang tidak percaya diri, serta membuat tampilan wajah menjadi lebih terlihat tua dan tampak lelah. Maka ada beberapa cara menghilangkan kantung mata dengan cepat, yang bisa Anda lakukan dengan bahan alami di rumah, seperti kentang, lemon, juga tomat.

Berikut ini cara menghilangkan kantung mata dengan cepat yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (8/11/2022)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Cepat

1. Jus jeruk

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat juga alami, bisa menggunakan jus jeruk, karena kandungan vitamin A dan C yang tinggi, dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. Andabisa tambahkan juga beberapa tetes gliserin ke jus jeruk dan kemudian Anda bisa rendam kapas penghapus riasan untuk dioleskan ke kulit di bawah mata.

2. Minyak kelapa

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat juga alami, bisa menggunakan tetesan minyak kelapa. Minyak kelapa yang memiliki sifat anti-inflamasi, membantu Anda secara efektif mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata. Selain itu, kandungan ini juga membantu Anda untuk melembabkan, mencerahkan serta mencegah kerutan dan garis halus di bawah mata. Untuk mendapatkan manfaat dari minyak kelapa ini, Anda bisa oles di bawah mata dan biarkan semalaman. 

 3. Kunyit

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat juga bisa menggunakan kunyit, yang berperan sebagai antioksidan, serta sifat anti-inflamasi alami yang kuat. Memang tak langsung menghilangkan kantung mata, namun bisa meringankan juga menyamarkan. Untuk mendapatkan manfaatnya, maka Anda bisa campurkan beberapa bubuk kunyit dengan jus nanas untuk membuat pasta kental. Setelah itu oles dilingkaran bawah mata, dan biarkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat. 

4. Konsumsi makanan kaya kolagen

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat, juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kolagen. Seiring bertambahnya usia, maka otot dan jaringan yang menopang kelopak mata juga semakin melemah. Oleh karena itu, dengan meningkatkan asupan vitamin C, bisa membantu tubuh menyerap lebih banyak asam hialuronat. Terdapat asam esensial yang terdapat di dalam tubuh, tetapi jumlah yang disimpan menurun seiring bertambahnya usia. Makan dengan vitamin C dan asam amino, membantu Anda untuk bisa memproduksi kolagen melalui peningkatan kadar asam hialuronat. 

5. Pijat mata

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat yang mudah dan alami, bisa dengan metode pijat mata yang dilakukan secara teratur. Dengan cara ini, maka dapat membantu Anda untuk meningkatkan aliran darah ke area bawah mata dan membantu mencegah darah berkumpul di kapiler di bawah mata. Bahkan dalam sebuah penelitian, menunjukan 80 persen orang yang mencoba rutinitas ini mengalami kontur mata yang lebih kencang dan elastis, serta 70 persen dari mereka mengalami pengurangan lingkaran hitam di bawah mata. Tidak perlu melakukan pijat mata berjam-jam, cukup beberapa menit secara rutin setiap hari, maka Anda bisa merasakan perbedaannya. 

 

 

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Cepat

6. Tetap terhidrasi

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat, bisa Anda lakukan dengan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Air dapat membentuk hingga 60 persen dari berat badan, sehingga saat Anda kekurangan cairan dan dehidrasi, maka hal ini juga berdampak, serta membuat Anda memiliki kantung di bawah mata. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk meningkatkan asupan air agar menghilangkan kantung mata yang hitam.

7. Hapus riasan sebelum tidur

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat bisa Anda lakukan, dengan menghapus riasan sebelum tidur. Saat Anda melakukan metode ini secara rutin, maka akan membantu Anda terhindar dari kantung di bawah mata. Tak hanya berlaku bagi wanita, namun pria juga bisa melakukan hal yang sama, cukup mencuci wajah sebelum tidur di malam hari. Saat tak menghapus riasan wajah, maka mata dapat mengalami reaksi alergi dan mengembangkan infeksi yang menyebabkan kemerahan, bengkak, atau gejala lainnya. 

8. Minyak Vitamin E

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat, bisa Anda lakukan dnegan olesan vitamin E. Saat menggunakan minyak vitamin, akan membantu wajah khususnya area mata terhindar dari efek radikal bebas yang menyebabkan tanda-tanda penuaan seperti kerutan. Cukup oleskan setetes minyak ke lingkaran hitam di bawah mata, lalu pijat secara perlahan selama beberapa menit, diamkan semalaman dan bilas saat pagi hari.

9. Teh celup dingin

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat bisa Anda lakukan, dengan teh celup dingin. Ini adalah cara yang opsional, saat Anda tidak memiliki kompres dingin di rumah. Selain itu, manfaat dari teh celup seperti teh hijau memiliki manfaat tambahan berupa antioksidan, juga sifat anti-inflamasi yang membantu menenangkan kapiler yang tegang di area bawah mata anda. Langkah sederhananya rendam kantung teh dalam air bersih, lalu masukkan ke dalam lemari es selama 30 menit. Setelah itu, Anda bisa kompres bawah mata menggunakan teh celup ini, selama beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih. 

 

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Cepat

10. Kentang

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat dan mudah, bisa menggunakan kentang yang mengandung vitamin C. Kentang akan sangat efektif menyamarkan kantung mata, karena sintesis kolagen yang membuat kulit wajah tampak sehat dan tampak lebih muda. Langkahnya cukup mudah, Anda bisa mengambil ekstrak jus dari kentang, dan rendam selama beberapa menit menggunakan bantalan kapas di dalam jus ekstrak kentang. Setelah itu, letakan di bawah mata dan biarkan selama beberapa menit, kemudian Anda bisa bilas wajah menggunakan air hangat. 

11. Susu dingin

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat juga bisa dengan susu dingin. Susu dingin merupakan sumber vitamin A, yang baik, serta mengandung retinoid yang bagus untuk menjaga kulit tampak cerah dan muda. Cukup rendam kapas dalam semangkuk susu dingin, lalu biarkan selama beberapa menit. Anda juga bisa menggunakan kapas tersebut untuk mengoleskan susu ke kantung mata, hanya beberapa menit. Setelah itu bilas wajah menggunakan air hangat, dan jangan lupa untuk lakukan metode ini secara rutin 1 minggu 2 kali. 

12. Tomat

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat, bisa menggunakan tomat yang kaya akan kandungan likopen, di mana zat yang sangat baik untuk kesehatan jantung, penglihatan, dan juga kulit. Lycopene dapat membantu membuat kulit lebih lembut dan kenyal, juga membantu menyamarkan kantung mata yang Anda miliki. Langkahnya cukup mudah, Anda bisa campurkan jus tomat dengan jus lemon, lalu ambil bola kapas untuk mengoleskannya ke area bawah mata selama beberapa menit. 

13. Jus Mentimun dan Jus Lemon

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat berikutnya bisa dengan jus mentimun dan lemon. Anda bisa mencoba campurkan mentimun dan jus lemon dengan perbandingan yang sama, lalu ambil bola kapas untuk mengoleskan ke lingkaran bawah mata Anda. Seperti langkah sebelumnya, biarkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air hangat. 

14. Air Mawar

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat, bisa menggunakan air mawar. Tak hanya harum, namun air mawar juga berkhasiat menenangkan dan meremajakan kulit yang lelah. Jangan khawatir, karena kandungan zat ringan pada air mawar bisa berfungsi sebagai toner kulit wajah. Cukup rendam bantalan kapas dalam air mawar selama beberapa menit, lalu biarkan bantalan kapas yang basah menempel di kelopak mata.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Cepat

15. Kompres Dingin

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat, yang sangat populer adalah menggunakan kompres dingin. Anda bisa lakukan metode ini saat pagi atau sore hari, cukup 10 menit. Dengan menerapkan kompres dingin di area bawah mata, bisa membantu pembuluh darah menyempit dengan cepat dan mengurangi kantung mata hitam.

16. Mentimun

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat, gunakan mentimun yang memiliki sifat pencerah kulit dan astringent ringan. Langkahnya cukup mudah, Anda tinggal memotong mentimun segar menjadi irisan tebal, lalu dinginkan selama 30 menit. Setekah itu, biarkan irisan di mata anda selama 10 menit dan bilas area mata Anda dengan air hangat setelah digunakan.

17. Minyak zaitun

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat juga bisa menggunakan tetesan minyak zaitun yang memiliki kandungan vitamin E. Langkahnya cukup mudah, Anda bisa taruh sedikit air dalam mangkuk, lalu tambahkan beberapa tetes minyak zaitun dan aduk hingga merata. Ambil bola kapas, celupkan pada campuran dan tempelkan pada area mata selama 25 menit. Pijat atau tekan secara perlahan selama beberapa saat, kemudian bilas wajah dengan air hangat. 

18. Putih telur 

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat lainnya adalah dengan menggunakan putih telur. Berfungsi sebagai sumber protein hewani yang cukup tinggi, mampu mengencangkan kulit secara alami. Langkahnya cukup mudah, Anda tinggal ambil putih telur dan kocok terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan pada area mata dan biarkan selama beberapa menit, bilas dengan air hangat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.