Sukses

Wisata Waduk Jatiluhur, Bendungan Terbesar di Indonesia yang Penuh Pesona

Wisata Waduk Jatiluhur adalah salah satu destinasi liburan menarik yang ada di Purwakarta, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Waduk Jatiluhur adalah salah satu destinasi liburan menarik yang ada di Purwakarta, Jawa Barat. Waduk Jatiluhur bahkan sudah menjadi ikon Kabupaten Purwakarta yang terkenal di kalangan wisatawan.

Waduk Jatiluhur adalah bendungan terbesar di Indonesia. Waduk satu ini menawarkan pemandangan panorama danau yang bikin kamu terpesona. Jika kamu hobi berfoto, kamu bisa menemukan berbagai spot foto yang menarik.

Wisata Waduk Jatiluhur bisa menjadi pilihan destinasi liburan yang nyaman. Waduk Jatiluhur sudah memiliki berbagai fasilitas yang lengkap dan tentunya memadai. Jadi, kamu bisa menikmati keindahan alam dan melakukan berbagai aktivitas menyenangkan dengan nyaman.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (7/11/2022) tentang wisata Waduk Jatiluhur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fasilitas Wisata Waduk Jatiluhur

Wisata Waduk Jatiluhur ini berlokasi di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Untuk tiba di Waduk Jatiluhur, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 9 kilometer dari pusat Kota Purwakarta.

Untuk mendapatkan pemandangan indah serta pengalaman yang menarik di Waduk Jatiluhur juga tidak memerlukan biaya yang menguras isi dompet. Wisata Waduk Jatiluhur memiliki banyak sekali fasilitas rekreasi yang memadai, seperti hotel dan bungalow, bar dan restaurant, lapangan tenis, bilyard, perkemahan, kolam renang dengan water slide, ruang pertemuan, playground, sarana rekreasi dan olahraga air seperti mendayung, selancar angin, kapal pesiar, ski air, boating, dan lain-lain.

Apabila tidak puas hanya duduk-duduk di tepi waduk, kamu juga bisa menyewa perahu motor yang dapat digunakan untuk berkeliling. Selain itu, kamu juga bisa berkeliling waduk dengan menggunakan jetsky atau dengan mendayung kano. Keduanya bisa disewa di sekitar waduk.

Jika budget kamu mencukupi, tidak ada salahnya untuk mencoba naik kapal pesiar yang akan mengantarkan kamu berkeliling danau. Jika ingin yang lebih murah, kamu juga bisa menyewa kereta kayuh untuk menikmati keindahan wisata Waduk Jatiluhur Purwakarta ini.

3 dari 4 halaman

Pesona Wisata Waduk Jati Luhur Purwakarta

Di wisata Waduk Jatiluhur Purwakarta ini terdapat budidaya ikan keramba jaring apung, yang menjadi daya tarik tersendiri. Budidaya ikan tersebut pun kini telah dikembangkan menjadi tempat memancing di Waduk Jatiluhur yang sangat menarik minat pengunjung. Kamu bisa memancing di tengah heningnya suasana sekitar sambil menyaksikan matahari yang mulai terbenam dan ditemani lezatnya ikan bakar.

Selain itu, kamu juga bisa berenang di waduk ini, Kamu tidak perlu takut tenggelam karena telah dibangun fasilitas waterboom di wisata Waduk Jatiluhur Purwakarta ini. Wahana permainan air yang bernama water world itu memiliki 4 tingkatan kolam renang, yaitu olimpic, dangkal, anak-anak, dan dewasa. Di sini juga terdapat banyak permainan yang menyenangkan seperti ember air, papan seluncur, bungee trampolin, dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang menyukai kegiatan fisik seperti outbound, di wisata Waduk Jatiluhur juga tersedia fasilitas ini. Untuk berkemah di sisi waduk pun merupakan hal yang sangat memungkinkan karena telah disediakan lahan yang cukup luas. Bahkan, dengan hamparan hijau yang dialiri sungai Citarum, tentunya akan sangat memesona jika tempat ini dijadikan sebagai objek pengambilan foto kamu.

Kamu juga bisa mendapatkan pesona “morning glory” yang merupakan jenis bunga berwarna ungu yang tumbuh di sana secara liar. Foto kamu tentu akan lebih berkualitas dengan berpose di tempat yang instagramable ini.

4 dari 4 halaman

Wisata Kuliner dan Belanja di Waduk Jatiluhur

Bagi kamu yang ingin membeli oleh-oleh dari wisata Waduk Jatiluhur Purwakarta ini, kamu bisa berkunjung ke toko oleh-oleh yang terletak tidak jauh dari panggung terbuka yang sering dijadikan sebagai tempat berbagai acara. Beberapa pedagang souvenir dengan harga terjangkau dapat kamu temui di sekitar area Waduk Jatiluhur. Selain itu, kamu juga bisa memborong ikan-ikan segar hasil tangkapan warga dari Waduk Jatiluhur. Tentu saja kualitas ikan di sini sangat baik dan segar karena ditangkap langsung dari waduk.

Untuk kulineran di wisata Waduk Jatiluhur Purwakarta, kamu bisa makan siang di restoran apung yang terletak di tengah waduk. Perjalanan menuju ke restoran harus mengenakan perahu motor yang bisa diisi sekitar 10 orang dewasa.

Di tempat ini kamu bisa kulineran ikan karamba yang memang dibudidayakan di sekitar restoran apung tersebut. Ada pun pilihan ikan yang tersedia adalah patin, nila merah, nila hitam, hingga gurame. Bagi yang tidak suka ikan bisa memesan nasi goreng, mi rebus, mi goreng, kangkung, tahu, tempe, dan lainnya.

Dengan harga yang tidak begitu menguras kantong dan rasa lezat yang kamu rasakan, tidak akan ada penyesalan setelah mengarungi waduk menggunakan perahu motor demi menyantap makanan di restoran apung ini.

Menu masakan khas Sunda juga tersedia lengkap dengann harga yang bersahabat serta rasa yang lumayan lezat. Sambil menunggu makanan disajikan, kamu bisa berkeliling restoran untuk melihat-lihat keramba yang berisi berbagai macam ikan dan menikmati suasana wisata Waduk Jatiluhur Purwakarta ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.