Sukses

Cara Penulisan Skripsi yang Mudah dan Sederhana, Pahami Metode Penelitian

Berikut adalah cara penulisan skripsi yang mudah dan sederhana dengan memahami metode penelitian.

Liputan6.com, Jakarta Cara penulisan skripsi secara umum sama dengan cara menulis karya tulis ilmiah lainnya. Menulis skripsi juga memerlukan pengetahuan mengenai metode penelitian dan teknik penyajian hasil analisis data.

Cara penulisan skripsi merupakan bagian akhir dari seluruh rangkaian penelitian yang perlu dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir untuk dapat lulus. Dengan kata lain, cara penulisan skripsi dan metode penelitian adalah hal yang tidak bisa dipisahkan.

Karena skripsi merupakan salah satu jenis karya tulis ilmiah, maka cara penulisan skripsi yang benar adalah dengan menggunakan bahasa Indonesia ragam baku. Oleh karena itu, penting untuk menghindari penggunaan kosa kata non-formal, atau kosa kata yang digunakan dalam pergaulan.

Cara penulisan skripsi sebenarnya cukup sederhana, karena secara garis besar, skripsi terdiri dari tiga bagian, yakni pendahuluan, pembahasan, dan penutup. Yang menjadi pertanyaan adalah, apa isi dari pendahuluan, pembahasan, dan penutup? Berikut adalah ulasan lengkapnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com, Rabu (2/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagian Awal Skripsi

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, secara garis besar cara penulisan skripsi hanya terdiri dari tiga bagian, yakni Pendahuluan, Pembahasan, dan Penutup. Pendahuluan, Pembahasan, dan Penutup merupakan bagian utama dari skripsi.

Di samping itu ada bagian awal dari skripsi, yang mencakup halaman sampul, halaman pengesahan, halaman pernyataan karya sendiri, motto, abstrak, kata pengantar, daftar isi, dan sebagainya.

Selain itu ada beberapa jenis bagian bisa ditambahkan ke bagian awal skripsi, seperti daftar tabel, daftar gambar, daftar istilah atau glosarium, dan lampiran. Namun hal itu tidak wajib dicantumkan, atau menyesuaikan kebutuhan sesuai dengan teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan.

a. Halaman Sampul Skripsi

Halaman sampul berisi judul secara lengkap, kata skripsi, nama dan nomor induk mahasiswa (NlM), lambang perguruan tinggi, serta diikuti dengan nama lengkap perguruan tinggi, fakultas, jurusan, prodi, bulan, dan tahun lulus ujian. Semua huruf dicetak dengan huruf kapital. Komposisi huruf dan tata letak masing-masing bagian diatur secara simetris, rapi, dan serasi. Ukuran huruf yang digunakan adalah 12-16.

b. Halaman Pengesahan

Halaman pengesahan merupakan berisi pernyataan bahwa skripsi telah dinyatakan lulus setelah diuji oleh tim dosen penguji. Di halaman ini umumnya berisi tanda tangan dari dosen-dosen yang menjadi tim dosen penguji skripsi.

c. Halaman Moto

Halaman Moto ini sebenarnya tidak wajib ada atau sifatnya opsional. Namun kamu bisa menambahkan halaman ini dengan beberapa patah kata yang menjadi semboyan hidupmu, atau kutipan dari tokoh terkenal yang menjadi inspirasimu.

d. Halaman Pernyataan Karya Sendiri

Halaman pernyataan sendiri adalah halaman yang berisi pernyataan bahwa skripsi benar-benar ditulis sendiri, yang diakhir dengan tanda tangan penulis atau mahasiswa di atas meterai.

e. Abstrak

Abstrak merupakan intisari dari skripsi yang ditulis dalam bahasa Inggris. Abstrak harus dan harus dibuat dengan singkat, jelas, dan komprehensif. Isi abstrak mencakup empat hal pokok: (1) permasalahan penelitian, (2) tujuan penelitian, (3) prosedur dan metodologi penelitian, dan (4) temuan dan simpulan hasil penelitian.

f.  Kata Pengantar

Seperti namanya, kata pengantar merupakan kata-kata dari penulis sendiri yang menggambarkan tentang bagaimana skripsi ditulis dan berbicara tentang apa. Kata pengantar biasanya juga berisi ucapan terima kasih terhadap pihak-pihak yang dianggap telah berkontribusi bagi kelancaran penulis dalam menyelesaikan skripsi.

g. Daftar Isi

Daftar isi memberi gambaran umum tentang keseluruhan isi skripsi. Dalam daftar isi dicantumkan halaman-halaman bagian awal yang mempunyai nomor yang ditulis dengan angka romawi kecil.

3 dari 3 halaman

Bagian Utama Skripsi

Bagian utama skripsi secara garis besar adalah pendahuluan, pembahasan, dan penutup. Namun jika diuraikan secara lebih detail, bagian-bagian itu dapat dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil atau yang disebut sub-bab.

Pendahuluan

Pendahuluan merupakan bab pertama dalam skripsi. Dalam cara penulisan skripsi, bagian pendahuluan biasanya terdiri dari bagian-bagian yang lebih kecil, di antaranya adalah latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, ruang lingkup penelitian, tinjauan pustaka, ruang lingkup penelitian, landasan teori, dan metode penelitian.

a. Latar Belakan Masalah

Latar belakang masalah umumnya membahas sekilas tentang fenomena atau objek yang diteliti. Selain itu, di bagian ini juga dipaparkan alasan mengapa penulis memilih topik skripsi, yang mencakup sisi unik sampai hal yang belum dibahas di penelitian sebelumnya.

b. Rumusan Masalah

Rumusan masalah adalah daftar pertanyaan yang coba untuk dijawab dalam langkah-langkah penelitian.

c. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian tentunya adalah menjawab apa yang ada di rumusah masalah.

d. Ruang Lingkup Penelitian

Ruang lingkup penelitian adalah batasan mengenai fenomena atau objek penelitian yang akan di analisis. Di sampin itu, ruang lingkup penelitian juga menjelaskan tentang angle atau sudut pandang penulis terhadap objek penelitian.

e. Tinjauan Pustaka

Tinjauan pustaka adalah kumpulan referensi karya tulis ilmiah dengan topik serupa, beserta ulasan apa saja yang belum dibahas dalam penelitian tersebut, namun akan di bahas di skripsi yang kamu tulis.

f. Metode Penelitian

Metode penelitian adalah bagian yang menggambarkan bagaimana proses penulis melaksanakan penelitiannya. Metode penelitian ini meliputi, metode pemerolehan data, metode analisis data, dan teknik penyajian hasil analisis data. Maka dari itu, cara penulisan skripsi sangat erat kaitannya dengan metode penelitian, karena di sana juga ada teknik penyajian hasil analisis data.

Pembahasan

Pembahasan adalah bagian di mana penulis menyajikan hasil analisis datanya. Pembahasan bisa terdiri dari satu bab atau lebih, tergantung rumusan masalah yang ingin dijawab. Bagian pembahasan ini harus ditulis berdasarkan teknik penyajian hasil analisis data.

Pada bagian pembahasan, penulis diperkenankan menggunakan tabel, bagan, bahkan gambar, untuk mendukung penjelasan mengenai hasil analisis data.

Penutup

Seperti namanya, bagian penutup adalah bagian terakhir dari sebuah skripsi. Bagian penutup biasanya terdiri dari kesimpulan dan saran. Kesimpulan adalah rangkuman dari keseluruhan skripsi mulai dari latar belakang masalah hinngga pembahasan.

Sedangkan saran adalah hal-hal apa yang luput dari perhatian penulis, sehingga bisa menjadi pertimbangan peneliti berikutnya untuk membahas hal-hal yang luput dari perhatian penulis.

Daftar Pustaka

Daftar pustaka berisi daftar referensi yang digunakan peneliti dalam menulis skripsi, termasuk teori-teori yang digunakan. Daftar pustaka bisa berasal dari buku, artikel ilmiah yang diterbitkan di jurnal ilmiah, makalah, artikel yang diterbitkan di situs online, dan bahkan surat kabar.

Demikian adalah bagian-bagian dari skripsi, semoga dapat menjadi pedoma dalam cara penulisan skripsi yang baik dan benar. Semoga membantu dan cepat lulus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.