Sukses

Aktual adalah Peristiwa yang Baru Saja Terjadi, Pahami Penjelasannya dalam Berita

Aktual adalah istilah yang mungkin kerap kamu temukan saat menonton ataupun membaca berita.

Liputan6.com, Jakarta Aktual adalah istilah yang mungkin kerap kamu temukan saat menonton ataupun membaca berita. Hal ini tentunya tidak mengherankan karena kata aktual memang berkaitan dengan kebenaran suatu berita atau informasi yang disampaikan.

Aktual berkaitan dengan suatu hal yang benar-benar terjadi, sedang ramai dibicarakan, atau baru saja terjadi. Memahami istilah ini tentunya sangat penting dilakukan sekarang ini, karena banyak informasi-informasi yang tidak tepat dan menyesatkan beredar di masyarakat.

Aktual adalah adalah istilah yang sangat penting dipahami. Apalagi pada zaman yang penuh dengan informasi berseliweran dan mudah didapatkan, seseorang dituntut untuk mengerti informasi mana yang sesuai dengan fakta dan mana yang tidak.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (2/11/2022) tentang aktual.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aktual adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), aktual adalah betul-betul ada (terjadi); sesungguhnya. Aktual adalah yang sedang menjadi pembicaraan orang banyak (tentang peristiwa dan sebagainya). Aktual adalah sesuatu yang baru saja terjadi atau masih baru (tentang peristiwa dan sebagainya.

Aktual adalah istilah yang sangat dekan dengan dunia penyampaian informasi, seperti berita. Kamu mungkin akan sering menemukan istilah ini pada media-media yang menyampaikan berita atau informasi. Bahkan, aktual adalah salah satu ciri-ciri yang harus adalah pada sebauh berita.

Aktual adalah istilah yang erat kaitannya dengan penyampaian informasi yang disampaikan oleh seseorang atau suatu kelompok benar-benar terjadi dan sedang hangat dibicarakan. Berita atau informasi yang dibagikan ke ranah publik tentunya harus aktual atau bersifat kekinian dan baru.

Teks berita harus mengandung unsur terkini, terbaru, terhangat, baru saja, atau sedang terjadi. Kemudian, bisa juga merupakan fakta terbaru yang ditemukan dari suatu peristiwa lama, atau peristiwa yang baru saja terjadi.

Aktual adalah istilah yang sering juga disandingkan dengan kata faktual. Tidak berbeda jauh dengan penggunaan aktual, istilah faktual ini juga sering digunakan pada media yang menyampaikan berita atau informasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), faktual adalah berdasarkan kenyataan atau mengandung kebenaran.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Teks Berita

Aktual adalah salah satu ciri-ciri yang harus ada pada teks berita. Melansir Bola.com, berikut beberapa ciri-ciri teks berita yang perlu kamu pahami:

Aktual

Aktual adalah suatu kejadian yang bersifat nyata dan benar-benar terjadi dan sedang hangat-hangatnya menjadi pembicaraan orang banyak, bersifat kekinian atau baru. Dalam teks berita harus mengandung unsur terkini, terbaru, terhangat, baru saja atau sedang terjadi. Kemudian, bisa juga merupakan fakta terbaru yang ditemukan dari suatu peristiwa lama, atau peristiwa yang baru saja terjadi.

Faktual

Sementara, faktual berarti suatu kejadian yang bersifat nyata, benar-benar terjadi dan tidak terikat oleh waktu, baik kejadian itu terjadi saat ini, atau di masa lalu.

Penting

Penting tidaknya sebuah berita tidak ditentukan oleh besar kecilnya atau panjang pendeknya berita, tetapi ditentukan sejauh mana masyarakat membutuhkan. Kebutuhan ini tidak hanya sekadar kebutuhan informasi, melainkan juga menyangkut hajat orang banyak.

Objektif

Objektif adalah bersifat objek. Objek adalah hal, perkara, atau orang yang menjadi pokok pembicaraan. Jadi, objektif dalam hal pemberitaan adalah berita yang disampaikan benar-benar merupakan hal, perkara, atau pokok pembicaraan yang sebenarnya, tanpa dipengaruhi oleh pandangan atau opini pribadi.

Memuat Unsur 5W+1H. Teks berita memuat unsur 5W+1H (what, where, when, who, why, dan how). Penyampaian mengenai waktu, tempat, dan sumber berita harus valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

4 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Teks Berita

Kejadian Luar Biasa

Hal-hal yang jarang terjadi akan menarik jika menjadi berita. Biasanya berita merupakan kejadian-kejadian unik dan menarik. Maka, hal-hal yang biasa tejadi tidak terlalu menarik untuk dibaca. Ada dua kejadian yang biasanya dijadikan teks berita, yaitu yang pertama adalah peristiwa tidak terduga. Peristiwa yang tidak terduga dan menyangkut hidup orang banyak. Contohnya kejadian bencana alam, seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, dan lain-lain.

Kejadian yang kedua adalah yang tidak pernah ada sebelumnya. Sesuatu dianggap luar biasa karena tidak pernah atau jarang ada sebelumnya. Hal ini biasanya peristiwa-peristiwa yang muncul atau terjadi pada umumnya, seperti seorang perempuan yang melahirkan lima orang anak kembar sekaligus, dan lain sebagainya.

Konflik

Berita-berita biasanya mengandung pertentangan antara pihak-pihak dalam berita tersebut. Berita ini dianggap menarik bagi masyarakat untuk membacanya. Tetapi, tentunya bukan hanya pertentangan saja yang ditampilkan.

Melainkan harus ditunjukkan juga sebab akibat yang ditimbulkan dan diambil dari kedua pihak yang bertentangan. Jangan sampai sebuah berita berat sebelah. Sebuah berita harus tetap memegang kaidah cover both side, dengan memberi porsi yang sama kepada kedua pihak yang bersengketa.

Human Interest

Segala sesuatu yang berhubungan dengan manusia selalu menarik untuk diikuti. Dalam sebuah teks berita, tidak ada satu pun yang lepas dari unsur human interest karena melibatkan perasaan manusia sebagai sumber berita. Setiap kali kamu membaca berita, ada unsur kemanusiaan di dalamnya yang membuat perasaan seseorang tersentuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.