Sukses

7 Cara Merawat Lovebird untuk Pemula, Perhatikan Kandang dan Nutrisinya

Cara merawat lovebird mulai dari memperhatikan kandang hingga nutrisinya.

Liputan6.com, Jakarta Cara merawat lovebird perlu benar-benar diperhatikan. Lovebir merupakan burung yang memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan bulu yang sangat cantik. Tidak hanya memiliki bulu yang indah, lovebird juga terkenal dengan suaranya yang indah.

Bahkan, banyak kompetisi atau lomba untuk suara lovebird yang paling indah. Dengan banyaknya penggemar lovebird ini, makin banyak pula orang-orang yang ingin mengembangbiakkannya. Walaupun langkah-langkahnya perlu benar-benar diperhatikan.

Cara merawat lovebird mulai dari memperhatikan kandang hingga nutrisinya. Selain itu, kamu tentunya juga perlu memperhatikan perawatan sehari-hari. Dengan memperhatikan perawatannya secara teratur, kamu bisa mendapatkan lovebird yang sehat, cantik, dan memiliki suara indah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (29/10/2022) tentang cara merawat lovebird.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Merawat Lovebird

Pemilihan Kandang

Cara merawat lovebird yang pertama yaitu memperhatikan pemilihan kandangnya. Dalam pemilihan kandang, yang perlu diperhatikan pertama kali adalah ukurannya. Lovebird merupakan burung yang kecil sehingga kamu perlu memilih kandang yang sekatnya berjarak kurang dari 1,5 cm.

Cara merawat lovebird berikutnya yaitu kamu juga perlu memperhatikan bentuk kandangnya, karena hal ini dapat memengaruhi psikologis burung. Kamu bisa memilih bentuk kandang kotak dan digantung, sehingga lovebird dapat hidup hingga puluhan tahun. Dengan kandang yang digantung, lovebird bisa bergerak dengan bebas.

Menjaga Kebersihan Kandang

Cara merawat lovebird berikutnya yaitu memperhatikan kebersihan kandang. Hal ini disebabkan karena kandang lovebird sangat rentan kotor. Kamu bisa membersihkan kandang sehari sekali ataupun seminggu sekali. Pertama, bersihkan sekat dengan mengelap sekali dalam sehari. Kemudian bersihkan sisa-sisa makanan setelah burung Lovebird selesai menyantap habis makanannya. 

Sementara itu, jika kamu memutuskan untuk membersihkan kandang sekali dalam seminggu, kamu perlu membersihkannya secara menyeluruh menggunakan air yang mengalir. Kamu juga perlu membersihkan tepat bertengger lovebird dengan air dan sabun cuci yang aman.

3 dari 4 halaman

Cara Merawat Lovebird

Memenuhi Nutrisi

Memenuhi nutrisinya juga merupakan cara merawat lovebird yang sangat penting diperhatikan. Nutrisi dan vitamin pada buah yang masih segar sangat penting bagi pertumbuhan lovebird. Lovebird sebaiknya diberikan buah segar setidaknya 4 kali dalam seminggu. Biasanya, lovebird menyukai buah-buahan segar seperti apel, pisang, dan juga Pepaya. Buah-buah ini memiliki nutrisi yang baik untuk lovebird.

Makanan lovebird biasanya terdiri dari 45 hingga 60 gram pakan setiap hari untuk seekor burung. Selain itu, cara merawat lovebird dengan memenuhi nutrisinya juga bisa dilakukan dengan memberi makan biji-bijian. Namun, kamu hanya bisa memberikan biji-bijian ini sebanyak 1 sendok makan saja. Kamu harus segera membuang makanan yang disisakan lovebird, karena ia akan terus memakannya. Hal ini dapat menyebabkan burung kecil ini menderita obesitas. Hindari juga makanan yang mengandung banyak lemak.

Memandikan dan Menjemur

Cara merawat lovebird selanjutnya yaitu dengan memandikan dan menjemurnya. Cara memandikan lovebird adalah dengan menyemprotkan air hangat ke sekujur tubuhnya. Selain itu, kamu juga bisa meletakkan wadah air untuk burung kecil ini mandi, sehingga ia bisa merendam kepala dan bagian tubuh atasnya ke dalam air secara mandiri.

Setelah memandikannya, cara merawat lovebird berikutnya yaitu dengan menjemurnya. Mengeringkan bulunya setelah mandi perlu dilakukan setiap hari dalam kurun waktu sekitar 2-3 jam. Waktu ideal untuk menjemur lovebird yaitu pada jam 7 pagi hingga 9 pagi. Cahaya matahari pada pagi hari di sekiar jam 7-9 ini sangat baik untuk kesehatan lovebird.

4 dari 4 halaman

Cara Merawat Lovebird

Perhatikan Aktivitasnya Sehari-Hari

Cara merawat lovebird berikutnya yaitu memperhatikan aktivitas sehari-hari burung kecil ini. Lovebird memiliki kebiasaan bangun pagi, kemudian, makan dan minum, dan setelah itu langsung berkicau hingga sebelum tengah pagi. Ia akan lanjut berkicau pada sore hari.

Lovebird biasanya akan sangat aktif terbang dan memanjat kandang, menggerogoti kayu, mengunyah mainan, hingga merawat dirinya sepanjang hari. Lovebird memang terkenal dengan aktivitasnya di pagi hari, kemudian istirahat di siang hari, dan kembali berkicau dengan lebih aktif di sore hari.

Selalu Tempatkan dengan Pasangannya

Menempatkan burung kecil ini dengan pasangannya merupakan cara merawat lovebird yang tidak boleh dilewatkan. Hal ini karena lovebird adalah burung yang membutuhkan kehidupan sosial yang tinggi, jadi saat di kandang ia perlu memiliki teman atau pasangan lawan jenisnya. Faktor sosial ini merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi kesehatan Lovebird. Namun, sebaiknya kamu tidak memasangkan lovebird dengan jenis burung lain, karena bisa saja dia tidak nyaman. 

Periksakan ke Dokter Secara Teratur

Cara merawat lovebird selanjutnya adalah dengan memeriksakannya ke dokter secara teratur. Hal ini tentunya untuk memantau kondisi kesehatan burung. Kamu perlu setidaknya melakukan pemeriksaan rutin 6 bulan sekali untuk menjaga lovebird tetap sehat. Biasanya, lovebird akan bertengger hanya dengan satu kaki bila ia sedang sakit. Saat ia menunjukkan gejala ini, kamu bisa segera memeriksakan lovebird ke dokter hewan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.