Sukses

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Ms Word, Atur Heading Sejak Awal

Liputan6.com, Jakarta Buku, skripsi, tesis, disertasi, biasanya diketik dengan menggunakan Microsoft Word. Microsoft Word atau Ms Word merupakan aplikasi yang umum digunakan untuk membuat dokumen seperti buku, makalah, skripsi dan sebagainya.

Ketika menulis skripsi, tesis, buku, atau dokumen panjang lainnya, hal yang harus ada adalah daftar isi. Beberapa orang yang menulis dengan Microsoft Word mungkin membuat daftar isi dengan cara manual, yakni dengan melihat satu persatu bab dan subabnya berada di halaman berapa.

Membuat daftar isi dengan cara seperti itu tidak akan masalah jika jumlah halamannya tidak terlalu banyak. Namun hal itu tentu akan sangat merepotkan jika dokumen terdiri dari ratusan hingga ribuan halaman, tentu membuat daftar isi dengan cara seperti itu akan sangat merepotkan.

Ketika sebuah dokumen sebesar ini, mungkin sulit untuk mengingat halaman mana yang memiliki informasi apa. Untungnya, Word memungkinkan Anda untuk menyisipkan daftar isi secara otomatis, sehingga kamu tak perlu repot mengingat halaman berapa berisi informasi tentang apa.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara membuat daftar isi otomatis di Ms Word. Berikut adalah cara membuat daftar isi otomatis di Ms Word, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (28/10/2022)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

1. Mengatur Heading

Daftar isi otomatis menggunakan fitur heading style untuk melacak bagian mana saja yang akan dimasukkan ke dalam daftar isi. Jika Anda ingin membuat daftar isi otomatis di Ms Word, Anda perlu mengatur Heading Style 1 ke semua judul bab. Sedangkan judul sub-bab menggunakan heading style 2, begitu seterusnya.

Jika Anda belum tahu cara untuk mengatur heading, berikut adalah langkah-langkah mengatur heading:

a. Blok judul bab atau sub-bab yang ingin Anda tampilkan di daftar isi.

b. Atur Heading dengan fitur Style, terletak di bagian tab Home bagian pojok kanan atas.

c. Pilih Heading 1 untuk bagian utama seperti judul bab, dan Heading 2 untuk sub-bab, begitu seterusnya. Lakukan hal tersebut sampai setiap judul bab dan sub-bab yang ingin Anda tampilkan dalam daftar isi terformat heading.

d. Pada pop up menu Styles, setelah pilih Heading bisa pilih tanda panah di sampingnya lalu klik Options. Muncul pop up baru untuk mengatur jenis font, ukuran, ketebalan, jarak kalimat, dan sebagainya. Aturlah sesuai keinginan Anda.

3 dari 5 halaman

2. Menyematkan Daftar Isi

Setelah setiap judul bab dan sub-bab diatur dalam format heading style, langkah berikutnya adalah membuat daftar isi otomatis di Ms Word. Cara membuat daftar isi otomatis di Ms Word adalah sebagai berikut:

a. Tempatkan kursor di halaman kosong, di mana daftar isi akan disematkan.

b. Masuk pada menu References di bagian atas, yang bersebelahan dengan Home dan lainnya.

c. Kemudian pilih menu Table of Contents.

d. Anda bisa memilih antara membuat daftar isi secara otomatis atau manual.

d. Opsi pertama dan kedua adalah Tabel Otomatis (Automatic Table 1 dan Automatic Table 2), pilihan ketiga dengan Manual Table.

e. Tambahkan atau ubah rincian dengan cara klik pada bagian daftar isi. Kemudian klik Update Table di pojok kiri atas, maka angka halaman juga ikut otomatis terisi.

f. Sedangkan opsi ketiga merupakan Tabel Manual (Manual Table). Pada opsi ini Anda tidak perlu mengatur Heading seperti contoh di atas.

g. Jika Anda membuat perubahan pada dokumen daftar isi tipe manual, perbarui daftar isi dengan mengklik bagian daftar isi tersebut, lalu ketikkan kalimat apa yang diinginkan.

4 dari 5 halaman

3. Memperbarui Daftar Isi

Ketika daftar isi telah dibuat, daftar isi tidak bisa memperbarui dengan sendirinya. Jadi ketika Anda melakukan perubahan yang membuat judul bab atau sub-bab sampai bergeser ke halaman berikutnya, Anda perlu melakukan perubahan lagi. Cara untuk melakukan perubahan pada daftar isi adalah Anda dapat memilih tombol Update Table di pojok kiri atas. Anda bisa menentukan akan memperbarui nomor halaman saja atau mengupdate tabel secara keseluruhan.

5 dari 5 halaman

4. Membuat Daftar Isi Manual

Cara membuat daftar isi secara otomatis di Ms Word jelas lebih praktis jika dibandingkan dengan cara manual, namun mungkin beberapa orang lebih menyukai cara manual agar dapat memastikan bahwa setiap judul bab dan sub-bab bisa tercantum semuanya, apalagi jika jumlah halaman dokumennya tidak terlalu banyak.

Secara umum, untuk membuat daftar isi manual hanya melalui dua langkah, yakni mengatur Right Tab lalu mengatur daftar isi. Langkah-langkahnya secara detail sebagai berikut:

a. Langkah pertama aturlah right tab terlebih dahulu. Guna menampilkan ikon right tab, Anda harus menampilkan Ruler pada tab View.

b. Setelah Ruler ditampilkan, Anda baru bisa melihat ikon Tab ini, di pojok kiri atas, tepatnya di bawah ikon Paste. Klik ikon Tab tersebut hingga terpilih Right Tab.

c. Selanjutnya Anda bisa mengatur posisi Right Tab tersebut melalui ruler yang telah ditampilkan, di bagian atas dokumen. Dengan begitu, Anda bisa meletakkan nomor halaman dengan rapi dari sini.

d. Setelah itu, Anda bisa double click pada Tab pojok kiri atas, atur untuk membuat batas titik-titik daftar isi akan berhenti atau mengatur panjangnya titik-titik daftar isi.

e. Lalu buat sekali lagi sebagai letak penomorannya.

f. Anda tinggal memasukkan isi dari daftar isi laporan Microsoft word. Setelah memasukkan judul bagian, tekan tombol Tab pada keyboard untuk memunculkan titik-titik secara otomatis.

g. Terakhir, Anda cukup memasukkan nomor halaman yang sesuai dengan letak judul bagian tersebut.

Demikian adalah cara membuat daftar isi otomatis di Ms Word. Semoga dapat mempermudah tugas-tugasmu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS