Sukses

20 Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan dan Kecantikan, Tangkal Virus hingga Cerahkan Kulit

Berikut adalah sejumlah manfaat habbatussauda yang dipercaya sangat baik untuk mencegah berbagai macam penyakit dan baik untuk kulit wajah.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat habbatussauda dipercaya dapat mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, mulai tekanan darah tinggi hingga mencegah infeksi virus. Habbatussauda merupakan biji jintan hitam yang berasal dari tanaman berbunga tahunan dengan nama latin Nigella sativa. Tanaman tersebut tumbuh di Asia Selatan dan Asia Barat.

Di negara asalnya, jintan hitam atau habbatussauda biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu penyedap rasa atau pengawet makanan alami. Manfaat habbatussauda sebagai bumbu dapat memberikan cita rasa dan aroma khas pahit-pedas seperti kombinasi bawang merah, lada hitam, dan oregano.

Namun manfaat habbatussauda tidak hanya sebatas sebagai bumbu penyedap saja, melainkan juga untuk kesehatan. Manfaat habbatussauda untuk kesehatan diketahui pertama kali berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Ibu Sina, ilmuwan Persia yang dianggap sebagai salah satu pemikir dan penulis paling terkenal dari zaman Keemasan Islam.

Ibnu Sina menulis bahwa biji jintan hitam ini bermanfaat sebagai pengobatan sesak napas, baik karena gejala asma atau karena masalah pernapasan lainnya. Tidak hanya untuk meredakan gejala asma, manfaat habbatussauda jug baik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan lainny.

Berikut adalah sejumlah manfaat habbatussauda untuk kesehatan dan kecantikan, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (28/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Menurunkan kolesterol

Dalam sebuah penelitian, manfaat habbatussauda ternyata punya khasiat untuk menurunkan tingkat kolesterol dan trigliserida dalam darah. Studi ini juga didukung dengan penelitian lain pada 57 penderita diabetes yang menunjukkan bahwa mengonsumsi habbatussauda selama setahun dapat menurunkan total dari kolesterol LDL.

2. Membunuh bakteri jahat

Selain dapat menurunkan kadar kolesterol, manfaat habbatussauda juga mampu membunuh bakteri jahat yang bisa menimbulkan infeksi berbahaya dalam tubuh. Beberapa penelitian juga telah mendukung fakta ini, bahwa habbatussauda memiliki sifat antibakteri dan cukup ampuh dalam membunuh bakteri tertentu.

3. Mengontrol gula darah

Manfaat habbatussauda juga dapat mengatur gula darah dalam tubuh. Gula darah yang tinggi dapat menyebabkan banyak gejala yang negatif, termasuk meningkatnya rasa haus, penurunan berat badan yang tidak disengaja, kelelahan dan kesulitan berkonsentrasi.

Dengan kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh dan dibiarkan dalam jangka panjang bisa menyebabkan berbagai komplikasi dan masalah yang serius seperti kerusakan saraf, perubahan penglihatan, dan penyembuhan luka yang menjadi lambat.

Dalam sebuah studi, membuktikan bahwa konsumsi habbatussauda bisa membantu untuk menjaga gula darah sehingga menjadi lebih stabil serta mencegah efek samping dari risiko efek samping yang bisa ditimbulkan dari bahaya akibat gula darah yang tinggi.

3 dari 7 halaman

4. Menurunkan Risiko Obesitas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya manfaat habbatussauda dapat mengontrol kadar gula darah. Dengan kata lain, manfaat habbatussauda juga dapat menurunkan risiko obesitas. Hal tersebut telah dibuktikan melalui sebuah studi yang telah diterbitkan oleh jurnal Food & Function pada tahun 2015 lalu. Hasil penelitian tersebut menjelaskan bahwa terjadi penurunan berat badan, lingkar pinggang, dan kadar trigliserida pada subjek penelitian yang mengonsumsi habbatussauda.

Hal tersebut akan sangat berguna mengingat ketika puasa terkadang konsumsi makanan selama berbuka atau sahur tidak jarang berlebihan dan tidak terkontrol. Itulah mengapa dengan mengonsumsi habbatussauda yang dikombinasikan dengan diet rendah kalori saat bulan puasa, tentu akan meningkatkan efektivitas dari habbatussauda tersebut.

5. Mengurangi peradangan

Habbatussauda memiliki kandungan senyawa thymohydroquimone, thymoquinone, dithymouinone, tyhmol yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu untuk melindungi tubuh dari cedera dan infeksi. Dengan kata lain, manfaat habbatussauda bisa menurunkan risiko terhadap berbagai penyakit kronis yang melibatkan cedera serta infeksi bakteri.

Dalam beberapa penelitian ditemukan pula bahwa habbatussauda juga punya efek anti-inflamasi yang kuat dalam tubuh. Studi ini dilakukan dengan mengambil sampel pada 42 orang penderita rheumatoid arthritis yang diminta untuk menggunakan 1.000 mg minyak habbatussauda setiap hari selama delapan minggu secara rutin untuk mengurangi tanda-tanda peradangan.

6. Mencegah radang lambung

Selain itu, ternyata salah satu manfaat habbatussauda juga dapat menyembuhkan luka pada radang lambung. Dengan rutin mengonsumsi habbatussauda dapat menciptakan lapisan pelindung yang dapat melapisi lambung.

4 dari 7 halaman

7. Meredakan Alergi

Manfaat habbatussauda juga dapat meredakan gejala alergi. Habbatussauda memang sudah cukup umum untuk digunakan dalam menangani jenis alergi seperti rhinitis. Bukan tanpa dasar yang jelas, manfaat habbatussauda ini telah dibuktikan oleh sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011. Hasil dari studi tersebut diterbitkan oleh American Journal of Otolaryngology.

Pada studi tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa manfaat habbatussauda bagi kesehatan yaitu berguna untuk mengurangi gejala alergi seperti hidung gatal, meler, tersumbat, serta bersin-bersin. Gejala tersebut dapat mereda setelah dua minggu konsumsi rutin habbatussauda.

8. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat habbatussauda ternyata juga dapat mengontrol tekanan darah. Hal tersebut telah di buktikan melalui beberapa studi berskala kecil. Studi tersebut menghasilkan sebuah kesimpulan jika habbatussauda memang berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Adanya penurunan tekanan darah pada subjek yang diteliti tersebut, didapatkan setelah rutin mengonsumsi ekstrak habbatussauda selama delapan minggu.

10. Meringankan Asma

Manfaat habbatussauda bagi kesehatan yaitu mampu untuk meringankan penyakit asma. Manfaat habbatussauda tersebut telah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang hasilnya diterbitkan oleh jurnal Phytotheraphy Research pada tahun 2017 lalu. Hasil dari penelitian tersebut menjelaskan mengenai uji coba konsumsi habbatussauda pada penderita asma ternyata lebih baik dalam mengontrol penyakit asmanya dan tidak mudah kambuh jika dibandingkan dengan penderita asma yang hanya mengonsumsi pil plasebo.

5 dari 7 halaman

11. Melawan infeksi

Salah satu manfaat habbatussauda yang sangat berguna bagi tubuh yaitu kemampuannya dalam melawan infeksi yang bisa menjangkiti tubuh. Habbatussauda memiliki sifat antibakteri dan juga antivirus. Obat herbal ini sangat mampu membasmi virus penyebab penyakit hepatitis C, HIV, dan flu. Selain itu, habbatussauda juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur.

12. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang sempat dibahas sebelumnya, manfaat habbatussauda berguna dalam menurunkan  kadar kolesterol jahat dan juga mengontrol tekanan darah. Selain itu, habbatussauda juga telah terbukti dapat menurunkan darah trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik pada tubuh.

Dengan kata lain, manfaat habbatussauda juga mampu dalam menjaga kesehatan jantung tentunya. Karena, dengan mengonsumsi habbatussauda maka akan mencegah aliran darah tersumbat karena lemak. Namun, tetap saja harus diimbangin dengan konsumsi makanan sehat dan kurangi asupan lemak berlebih.

13. Mencegah Jerawat

Manfaat habbatussauda ternyata tidak hanya berlaku untuk kesehatan saja, melainkan juga untuk kecantikan. Manfaat habbatussauda untuk kecantikan salah satunya dapat mencegah timbulnya jerawat. Ini karena kandungan asam linoleat, vitamin E, asam amino dan nutrisi lainnya yang terdapat di dalam habbatussauda. Berbagai kandungan tersebut membantu mencegah dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

6 dari 7 halaman

14. Menghilangkan Bekas Jerawat

Setelah jerawat hilang, bekas jerawat menjadi masalah baru yang membuat orang merasa tak percaya diri. Manfaat habbatussauda untuk wajah juga dapat mengatasi masalah bekas jerawat ini. Jika bekas jerawatnya kemerahan, habbatussauda mengandung anti inflamasi yang baik bagi kulit. Jika bekas jerawatnya kehitaman dan meninggalkan bopeng, habbatussauda juga bisa mengatasinya dengan kandungan antioksidannya. Kandungan antioksidan bisa mempercepat regenerasi sel-sel di kulit sehingga kondisi wajahmu akan semakin membaik.

15. Mengontrol Minyak di Wajah

Manfaat habbatussauda untuk wajah berikutnya adalah membantu mengontrol produksi minyak di kulit wajah. Kulit yang berminyak biasanya akan mudah berjerawat, akibat pori-pori kulit yang tersumbat minyak.

Pada dasarnya minyak wajah memiliki fungsi untuk membantu melembapkan kulit wajah. Tetapi wajah yang terlalu berminyak, akan membuat kulit menjadi tampak kusam. Kandungan yang terdapat pada habbatussauda, bisa membantu mengatasi external toxins, dan membantu mencegah polutan pada wajah, yang disebabkan karena paparan sinar matahari, polusi dan debu.

16. Membersihkan Pori-pori

Pori-pori yang tersumbat bisa menyebabkan timbulnya komedo pada wajah, yang menjadi cikal bakal timbulnya jerawat. Jika tidak bersih saat mencuci wajah, pori-pori akan tersumbat minyak dan bakteri penyebab jerawat.

Pori-pori yang besar juga bisa membuat bakteri mudah singgah, dan menyebabkan kulit menjadi lebih kasar. Manfaat habbatussauda bisa digunakan sebagai scrub atau masker wajah untuk membersihkan pori-pori dari kotoran, dan membantu mengecilkan pori-pori yang besar.

7 dari 7 halaman

17. Menutrisi Kulit

Manfaat habbatussauda untuk wajah yang sangat penting adalah bisa membantu menutrisi kulit. Hal ini disebabkan karena habbatussauda memiliki kandungan antioksidan, vitamin E, dan asam linoleat, yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan yang terdapat pada habbatussauda, juga bisa membantu memperbaiki sel-sel kulit, yang rusak karena radikal bebas.

18. Melembapkan Kulit

Habbatussauda atau jintan hitam kaya akan asam amino dapat melindungi kulit dari kekeringan. Campurkan minyak jintan hitam dan minyak kelapa dalam perbandingan yang sama, lalu oleskan sambil dipijat lembut pada kulit tubuh. Ini akan membantu menjaga kulit tetap lembap dan segar.

19. Mencegah Keriput dan Penuaan Dini

Manfaat habbatussauda untuk wajah yang berikutnya adalah membantu mengatasi penuaan dini pada kulit. Penuaan dini ditandai dengan munculnya kerutan di wajah, munculnya noda-noda hitam, dan kurangnya elastisitas pada kulit. Penuaan dini bisa disebabkan karena sering terkena paparan sinar matahari, polusi, debu dan radikal bebas.

Kandungan yang terdapat di dalam habbatussauda, bisa membantu mencegah proses penuaan dini pada kulit, dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Habbatussauda kaya akan antioksidan dan sangat sempurna untuk melawan radikal bebas yang merusak kulit dan rambut. Oleskan minyak ini pada kulit wajah kamu untuk menghilangkan keriput.

20. Mencerahkan Kulit

Habbatussauda juga mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Jika diaplikasikan langsung ke wajah, nutrisi dalam habbatussauda ini akan meresap ke bagian terdalam lapisan kulit dan membuatnya lebih sehat dan cerah.

Demikian adalah sejumlah manfaat habbatussauda yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit wajah. Maka tidak mengherankan jika tanaman ini telah dipercaya sebagai obat sejak zaman dahulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.