Sukses

10 Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan, Turunkan Gula Darah dan Kolesterol

Liputan6.com, Jakarta Manfaat air kelapa muda bagi kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi. Air kelapa muda adalah minuman musim panas yang berharga untuk melawan panas. Semua orang menikmati air kelapa segar di hari-hari yang panas. Air kelapa muda membantu anda melawan panasnya udara siang hari dan membuat anda tetap berenergi sepanjang hari.

Air kelapa disebut sebagai air kehidupan. Hal ini karena manfaat air kelapa muda bagi kesehatan yang sangat banyak. Tidak hanya sebagai penyegar alami. Air kelapa muda juga menawarkan berbagai nutrisi penting, termasuk mineral yang mungkin kurang banyak orang dapatkan dari konsumsi makanan. Air kelapa juga rendah kalori dan alami tanpa lemak.

Manfaat air kelapa muda ini bisa diperoleh dengan mengonsumsinya secara teratur. Tidak hanya untuk orang dewasa, air kelapa muda juga bisa dinikmati oleh anak-anak dan orang tua. Mengandung banyak nutrisi, konsumsi air kelapa muda dapat menjadi alternatif diet sehat yang enak dan menyegarkan.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang manfaat air kelapa muda untuk kesehatan tubuh, Jumat (28/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Apa itu Air Kelapa Muda?

Air kelapa muda adalah minuman yang menyegarkan. Air kelapa muda memiliki rasa manis yang lembut. Air kelapa mengandung gula dan elektrolit tetapi sebagai karbohidrat yang mudah dicerna. Air kelapa adalah cairan transparan yang ditemukan di inti kelapa hijau. Ini rendah kalori dan natrium. Tetapi memiliki lebih banyak potasium daripada minuman olahraga.

Tidak seperti santan, air kelapa muda lembut, bebas lemak dan rendah kalori. Air kelapa muda juga tinggi elektrolit seperti kalium dan rendah natrium. Dengan demikian, hal itu menghasilkan minuman olahraga dan minuman kesehatan yang alami.

Nilai Gizi Air Kelapa

Dalam satu gelas (240 ml) air kelapa mengandung:

- 60 Kalori

- 15 gram Karbohidrat

- 0 gram Lemak

- 8 gram Gula

- 4% Kalsium

- 4% Magnesium

- 2% Fosfor

- 15% Kalium

Air kelapa adalah dorongan untuk hidrasi pasca-latihan. Air kelapa muda penuh dengan antioksidan, asam amino dan juga ramah jantung. Sebagai bonus, air kelapa juga dapat memberikan manfaat anti-penuaan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan

Air kelapa bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet sehat. Ini membantu dalam hidrasi tapi tetap rendah kalori dan lemak. Air ini juga penuh dengan elektrolit. Berikut adalah manfaat air kelapa muda bagi kesehatan:

1. Bermanfaat Setelah Latihan

Olahraga dan air kelapa muda sering berjalan beriringan. Minuman olahraga mungkin mengandung banyak gula dan rasa tambahan. Meskipun air kelapa muda mirip dengan minuman olahraga, namun rendah kalori dan karbohidrat. Itu juga bebas dari aditif. Oleh karena itu, air kelapa muda baik dikonsumsi setelah olahraga.

Air kelapa muda kaya akan elektrolit. Ini adalah mineral dengan muatan listrik. Selain itu, elektrolit mungkin ada dalam darah, urin, dan keringat. Mereka sangat penting untuk berbagai proses yang membuat tubuh anda terus berjalan. Elektrolit juga membantu menjaga lingkungan tubuh. Mereka melakukannya dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menjaga pH internal.

Kalium, natrium, dan magnesium adalah elektrolit yang berperan penting dalam daya pikat air kelapa. Dan air kelapa muda juga dapat meningkatkan hidrasi. Air kelapa muda adalah minuman pasca-latihan yang bagus karena semua sifat rehidrasinya.

2. Rendah Kalori

Air kelapa muda adalah pilihan yang cocok untuk minuman berkalori tinggi. Air kelapa muda hanya menyediakan 60 kalori dalam satu gelasnya. Sebagian besar minuman mengandung lebih banyak gula dan karbohidrat daripada air kelapa muda. Ada juga lebih banyak mineral dan elektrolit dalam air kelapa. Yang utama adalah kalium.

Air kelapa dapat memberikan penyegaran dengan kalori lebih rendah daripada minuman manis. Namun, anda harus berhati-hati saat mendapatkan air kelapa yang dikemas. Pastikan untuk berhati-hati tentang pemilihan minuman dan membaca label. 

 

 

4 dari 5 halaman

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan

3. Kaya Kalium

Air kelapa muda memiliki lebih banyak potasium daripada minuman olahraga. Segelas air kelapa mengandung potasium yang sama dengan pisang. Sayangnya, sebagian besar orang kekurangan kebutuhan kalium harian. Air kelapa memberikan 405 mg potasium per cangkir. Dan ini bermanfaat bagi anda untuk menghindari kram.

Kalium mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Oleh karena itu, penting untuk menjaga keseimbangan ini selama berolahraga. Selain itu, air kelapa muda juga mengandung lebih banyak kalium daripada natrium. Oleh karena itu, ini dapat membantu menstabilkan pengaruh garam pada tekanan darah.

4. Kaya Antioksidan

Molekul reaktif yang dihasilkan sel kita dikenal sebagai radikal bebas. Sel-sel kita memproduksinya selama metabolisme. Stres atau kerusakan mendorong produksi mereka. Terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh akan menyebabkan keadaan stres oksidatif. Ini berbahaya dan dapat meningkatkan risiko penyakit.

Air kelapa muda kaya akan antioksidan. Mereka membantu dalam pengurangan stres oksidatif. Ini juga membantu memerangi radikal bebas yang dihasilkan selama latihan. Untuk mendapatkan antioksidan paling banyak, pilihlah air kelapa segar.

5. Menurunkan Gula Darah

Manfaat air kelapa muda yang selanjutnya adalah dapat mengelola manajemen gula darah pada hewan diabetes. Tetapi penelitian serupa pada manusia masih kurang. Meski demikian, air kelapa juga mengandung magnesium. Oleh karena itu, ini adalah manfaat lain dari air kelapa.

Magnesium dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Selain itu, akan menurunkan kadar gula darah pada diabetes tipe 2 dan prediabetes.sangat penting untuk diingat bahwa air kelapa memiliki karbohidrat. Namun, tubuh kita mengubah karbohidrat menjadi gula. 

6. Kaya Asam Amino

Asam amino adalah blok bangunan protein. Oleh karena itu, mereka membantu dalam berbagai fungsi tubuh seperti penyembuhan jaringan.  Sebuah penelitian menyebutkan bahwa air kelapa muda memiliki asam amino yang tinggi. 

Selain itu, air kelapa muda juga kaya akan arginin. Arginin adalah asam amino ini mendukung respons terhadap stres seperti stres yang disebabkan oleh olahraga berat. Arginin juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

5 dari 5 halaman

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan

7. Kaya Sitokinin

Sitokin adalah protein kecil. Mereka mengatur perkembangan dan fungsi sistem kekebalan tubuh. Sitokin meningkatkan sistem kekebalan untuk melakukan pekerjaan mereka ketika mereka dilepaskan. 

Mereka juga mempengaruhi pembentukan semua sel darah. Selain itu, sitokin mempengaruhi pertumbuhan sel yang membantu respon imun tubuh. Air kelapa muda mengandung sitokinin. Zat ini memiliki efek anti penuaan dan anti kanker. 

8. Pencegahan Batu Ginjal

Batu ginjal berkembang ketika kalsium, oksalat, dan kristal lainnya membentuk kristal urin. Kristal-kristal ini selanjutnya dapat bergabung untuk membuat batu-batu kecil. Oleh karena itu, sangat penting untuk tetap terhidrasi untuk menghindari batu ginjal. Air biasa adalah pilihan yang bagus, tetapi air kelapa juga bisa berfungsi sebagai pertahanan yang baik.

Satu studi menunjukkan bahwa air kelapa muda bisa menjadi pilihan yang sangat baik dalam mencegah batu ginjal. Air kelapa muda membilas klorida dan sitrat dalam urin orang sehat. Selain itu, ini menunjukkan bahwa air kelapa muda dapat membersihkan sistem secara efektif. Akibatnya, ini membantu menurunkan risiko batu ginjal. 

9. Menurunkan Kolesterol

Trigliserida (TG) adalah jenis lemak yang ada dalam darah. Kelebihan kalori diubah menjadi trigliserida dalam tubuh dan disimpan sebagai sel lemak. Berfungsi sebagai penyimpan energi bagi tubuh. Tetapi memiliki banyak dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa yang lembut menurunkan trigliserida (TG) dan asam lemak bebas pada tikus. Selain itu, terjadi penurunan kolesterol total dan low-density lipid (kolesterol jahat). Di sisi lain, air kelapa muda juga meningkatkan high-density lipid (kolesterol baik). 

10. Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat air kelapa muda juga dapat menurunkan kolesterol total, kolesterol jahat dan TG. Sebagai bonus, air kelapa muda meningkatkan kadar high-density lipoprotein (kolesterol baik). Tingginya kadar high-density lipoprotein dapat menurunkan risiko penyakit jantung. 

Semua khasiat air kelapa ini dapat melindungi jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa air kelapa memiliki efek perlindungan jantung pada tikus. Air kelapa yang lembut melindungi tikus dari perkembangan infark miokard (serangan jantung).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS