Sukses

Jelaskan Pengertian Ekonomi Kreatif, Ketahui Ruang Lingkup dan Perannya di Indonesia

Pengertian ekonomi kreatif serta perannya di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Jelaskan pengertian ekonomi kreatif! Perlu diketahui bahwa ekonomi kreatif tidak memiliki definisi secara tunggal, karena ini merupakan sebuah konsep yang memang berkembang. Ekonomi kreatif juga dibangun di atas interaksi antara kreativitas manusia, serta ide-ide dan kekayaan intelektual, pengetahuan serta kaitannya dengan teknologi. Bisa dipahami bahwa sebuah kegiatan ekonomi, yang dilakukan berbasis pengetahuan menjadi dasar 'industri kreatif.

Jelaskan pengertian ekonomi kreatif juga perlu dikaji lebih dalam, karena meliputi beberapa aspek, baik itu dari segi periklanan, arsitektur, seni dan kerajinan, desain, mode, film, video, fotografi, musik, seni pertunjukan, penerbitan, hingga penelitian & pengembangan, perangkat lunak, permainan komputer, penerbitan elektronik, dan TV/radio.

Jelaskan pengertian ekonomi kreatif! Sebuah ekonomi kreatif, akan dianggap sebagai sumber penting dari nilai komersial dan budaya. Di Indonesia sendiri, ekonomi kreatif sekarang mulai dikembangkan, serta memberikan dampak positif dalam beberapa aspek. Ekonomi kreatif adalah salah satu sektor paling dinamis dalam perekonomian dunia yang memberikan peluang baru bagi negara-negara berkembang untuk melompat ke wilayah-wilayah ekonomi dunia memiliki perkembangan pesat.

Berikut ini pengertian ekonomi kreatif dan jenisnya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/10/2022). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Ekonomi Kreatif

Sebagian besar penduduk saat ini khususnya generasi milenial, tentu akan mencari kualitas hidup yang lebih lengkap antara bekerja, bermain, juga diisi denga hiburan. Dengan hal ini, maka tentu menimbulkan sebuah migrasi dari pinggiran kota ke daerah perkotaan di mana lebih banyak penawaran budaya tersedia. Lebih menarik lagi, jika sebuah keputusan ini tidak terbatas pada genre seni tertentu atau jenis acara individu, tetapi mungkin didasarkan pada berbagai kegiatan yang merangsang secara intelektual.

Terdapat banyak generasi milenial yang tidak hanya mencari tempat di mana mereka dapat memanfaatkan ruang yang telah disediakan, namun mereka jugua bisa menjadi peserta yang aktif. Menyediakan tenaga kerja, pengalaman, dan bakat ke pasar ini memiliki dampak positif yang berkelanjutan pada potensi pertumbuhan ekonomi kreatif. John Howkins pertama kali mempopulerkan istilah 'ekonomi kreatif' dalam bukunya tahun 2001, The Creative Economy, di mana mendasarkan model dan konsep pada beberapa faktor yang meliputi penelitian dan pengembangan, barang dan jasa budaya, dan seni.

Menurut Kementerian Perdagangan Indonesia (2009), Ekonomi kreatif juga diartikan sebagai wujud dari upaya mencari pembangunan yang lebih berkelanjutan melalui kratifitas, yang mana pembangunan berkelanjutan merupakan sebuah iklim perekonomian yang berdaya saing. Selain itu, ekonomi kreatif Menurut United Nations Conference On Trade and Development (UNCTAD) didefinisikan sebagai suatu siklus produksi barang dan jasa yang menggunakan kreativitas dan modal intelektual sebagai masukan utamanya. 

3 dari 4 halaman

Ruang Lingkunp Ekonomi Kreatif

Mengutip dari laman resmi Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2009, Terdapat jenis dan ruang lingkup ekonomi kreatif, meliputi:

- Periklanan yang berkaitan dengan jasa periklanan, yakni komunikasi satu arah dengan menggunakan medium tertentu.

- Arsitektur merupakan kegiatan kreatif yang berkaitan dengan desain bangunan secara menyeluruh, baik dari level makro juga mikro.

- Pasar barang seni memiliki kaitan dengan perdagangan barang, baik itu barang asli, unik, hingga langka yang tentu memiliki nilai estetika juga sejarah.

- Penerbitan dan percetakan berkaitan dengan penulisan konten dan penerbitan buku, jurnal, koran, majalah, tabloid, dan konten digital serta kegiatan kantor berita dan pencari berita.

- Layanan komputer dan peranti lunak juga terkait dengan pengembangan teknologi informasi termasuk jasa layanan komputer, pengolahan data, pengembangan database dan yang lainnya.

- Televisi dan Radio juga berkaitan dengan produksi dan pengemasan acara televisi.

- Riset dan pengembangan juga ada kaitannya dengan usaha inovatif, yang menawarkan penemuan ilmu dan teknologi dan penerapan ilmu dan pengetahuan tersebut untuk perbaikan produk dan kreasi produk baru.  

- Bidang kerajinan merupakan kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi dan distribusi produk oleh tenaga pengrajin.  

- Desain juga terkait dengan kreasi desain grafis, desain interior, desain produk, desain industri, konsultasi identitas perusahaan dan jasa riset pemasaran.

- Fashion memiliki hubungan dengan kreasi desain pakaian, desain alas kaki, dan desain aksesoris mode lainnya.

- Video, Film dan Fotografi mencakup manajemen produksi film, penulisan skrip, tata sinematografi, tata artistik, tata suara, penyuntingan gambar, sinetron, dan eksibisi film.

- Permainan interaktif juga berkaitan dengan kreasi, produksi, dan distribusi permainan komputer dan video yang bersifat hiburan, ketangkasan, dan edukasi.

- Musik juga mencakup kreasi/komposisi, pertunjukan, reproduksi, dan distribusi dari rekaman suara.

- Seni pertunjukan memiliki hubungan yang terkait dengan usaha pengembangan konten, produksi pertunjukan.

- Kuliner direncanakan untuk dimasukkan ke dalam sektor industri kreatif dengan melakukan sebuah studi terhadap pemetaan produk makanan. 

 

4 dari 4 halaman

Pengaruh Utama Ekonomi Kreatif

Ide ekonomi kreatif semakin hari akan terus berkembang, di mana hal ini turut serta memasukkan bisnis dan populasi tambahan. Bahkan ekonomi seperti China telah memberikan lebih banyak insentif kepada setiap individunya untuk melatih kreativitas dan menghasilkan produk unik yang berkontribusi pada pertumbuhan pasar dan pendapatan.

Sekarang saatnya untuk mengalihkan fokus dari ekonomi industri dan produksi pabrik yang semakin berkurang ke produk dan pasar kreatif. Di sinilah akan muncul sebuah potensi, yang tidak hanya untuk hari ini, tetapi berlaku dalam jangka panjang. Adapun pengaruh utama dalam ekonomi kreatif, juga meliputi bidang manufaktur dan jasa tentu memiliki peran dalam keberhasilan dan kualitas lokal perkotaan dan pedesaan. Ekonomi kreatif mewakili peningkatan fokus pada individu dan usaha kecil, hingga sekarang banyak kota telah menunjukkan pengakuan terhadap ekonomi kreatif, dan telah menciptakan daerah yang ditetapkan sebagai zona kreatif. Di bidang-bidang seperti itu, adanya insentif khusus juga turut diberikan terhadap investasi dalam bisnis, yang tentu berkontribusi pada esensi masyarakat.

Seiring dengan pertumbuhan dan perubahan zaman, komitmen masyarakat terhadap ekonomi kreatif yang berkembang sudah mengambil lompatan ke depan. Penduduk baru juga ikut memberi kontribusi pada keberhasilan lingkungan bisnis, sementara mereka juga berinvestasi dalam pendidikan dan sumber daya lainnya. Adapun pikiran dan bakat kreatif, memiliki nilai yang cukup signifikan bagi perekonomian di manapun, sehingga muncul banyak kontributor terbesar untuk kesuksesan jangka panjang datang dari perusahaan Microsoft, Apple, Facebook, dan Instagram, di mana mereka memberikan contoh ekonomi kreatif yang berlebihan, tapi jelas ikut menggambarkan konsepnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.