Sukses

Jelaskan Akibat Keberagaman Masyarakat Indonesia, Baik Positif dan Negatifnya

penjelasan tentang akibat keberagaman masyarakat Indonesia, baik dalam segi positif maupun negatif.

Liputan6.com, Jakarta Jelaskan akibat keberagaman masyarakat Indonesia menjadi suatu pertanyaan yang kerap kali didengar. Indonesia yang merupakan negara dengan multikultur yang sangat beragam, terdapat banyak keberagaman di Indonesia, mulai dari ras, suku, budaya, bahasa, etnis hingga agama.

Keberagaman masyarakat Indonesia ini dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti perbedaan kondisi geografis, asal-usul nenek moyang, kepercayaan yang berkembang, sejarah hubungan dengan bangsa lain dan masih banyak lagi. Telah ada sejak zaman dahulu, keberagaman masyarakat Indonesia menjadi suatu hal yang akan kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Akibat keberagaman masyarakat Indonesia ini, akan menunjukan dua dampak yaitu dampak positif dan dampak negatif. Hal ini tergantung pada bagaimana masyarakat memahami dan menanggapi keberagaman yang ditemuinya di kehidupan sehari-hari.

Untuk menjawab pertanyaan tentang jelaskan akibat keberagaman masyarakat Indonesia, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/10/2022). Tentang akibat keberagaman masyarakat Indonesia, baik dalam segi positif maupun negatif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keberagaman Masyarakat Indonesia

Keberagaman Masyarakat Indonesia

Mαsyαrαkαt Indonesiα dikenal memiliki berbagai macam perbedaan karena kondisi wilayah, suku bangsa, budaya, bahasa, adat istiadat dan agamanya. Keberagaman dalam masyarakat Indonesia ini adalah suatu hal yang telah ada sejak jaman dahulu kala dan dibingkai dalam semboyang Bhineka Tunggal Ika.

Semboyan Bhineka Tungga Ika memiliki arti, berbeda-beda tetapi tetap satu. Yang artinya walaupun masyarakat Indonesia berbeda-beda latar belakangnya, namun hakikatnya seluruh bangsa dan masyarakat Indonesia tetaplah satu kesatuan. Semboyan ini menjadi penggambaran akan persatuan masyarakat Indonesia yang memiliki banyak perbedaan.

Dilansir dari laman resmi kemdikbud.co.id. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan keberagaman masyarakat Indonesia. Faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia, yaitu:

1. Letak strategis wilayah Indonesia

2. Kondisi negara kepulauan

3. Perbedaan kondisi alam

4. Keadaan transportasi dan komunikasi

5. Penerimaan masyarakat terhadap perubahan

3 dari 4 halaman

Jelaskan Akibat Keberagaman Masyarakat Indonesia

Akibat Keberagaman Masyarakat Indonesia yang Berdampak Positif

1.Kekayaan Budaya Bangsa

Akibat positif keberagaman masyarakat Indonesia yang pertama adalah menjadikannya kekayaan budaya bangsa.  Dengan menjadi satu kesatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, berbagai macam budaya yang terbentang dari Sabang hingga Merauke menjadi kekayaan Indonesia. 

2. Mempererat Nilai Persatuan dan Kesatuan Indonesia

Dilansir dari situs kemdikbud.go.id, para peserta Kongres Pemuda II bersepakat merumuskan tiga janji yang kemudian disebut sebagai Sumpah Pemuda. Isi sumpah pemuda, diantaranya adalah ‘Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.’ Menjunjung tinggi bahasa persatuan bermakna tekad untuk menjadi satu kesatuan Indonesia dengan tetap menjaga berbagai keragaman bahasa daerah yang merupakan kekayaan bangsa.

3. Meningkatkan Toleransi Masyarakat Tentang Keragaman Budaya

Menghargai perbedaan saat bermasyarakat adalah hal yang penting. Indonesia adalah negara multikultural. Toleransi perlu diterapkan pada masyarakat yang berbeda-beda.  Menerima perbedaan antara suku, agama dan kebudayaan dapat dimulai dengan lingkungan sekitar terlebih dahulu. Buat lingkungan masyarakat yang nyaman, tentram dan aman. 

4. Menjadi Daya Tarik Wisata

Biasanya setiap budaya memiliki peninggalan bersejarahnya masing-masing. Tentu peninggalan bersejarah ini akan sangat baik bagi daerah tersebut untuk dijadikan objek wisata seperti museum, monumen, dan tempat wisata lainnya. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Indonesia bukan semata-mata karena kekayaan alamnya yang begitu indah tapi juga karena Indonesia kaya akan budaya yang tidak mungkin kita temukan di negara lain. Menjadi Warisan Budaya Dunia

4 dari 4 halaman

Jelaskan Akibat Keberagaman Masyarakat Indonesia

Akibat Keberagaman Masyarakat Indonesia yang Berdampak Negatif

1. Menimbulkan Konflik Diantara Masyarakat 

Akibat keberagaman masyarakat Indonesia tidak hanya dalam segi positif namun juga negatif. Selain muncul suku dan ras yang berbeda-beda, ada pula konflik yang disebabkan banyaknya macam-macam keberagaman di Indonesia. Konflik ini biasanya terjadi pada kalangan masyarakat majemuk. Konflik ini menjadi salah satu ancaman bagi keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. 

2. Perubahan Sosial 

Dengan banyaknya keberagaman yang ada di Indonesia ini juga berdampak dengan perubahan sosial. Untuk akibat yang satu ini juga bergantung terhadap beberapa kalangan masyarakat menyikapinya.  Bagi kalangan masyarakat yang terlalu berlebihan untuk menanggapi permasalahan satu ini, biasanya mempunyai perilaku sensitif. Sedangkan untuk kalangan masyarakat yang beranggapan hal tersebut biasa saja, maka bisa menerima adanya keberagaman suku, ras, agama dan lain-lain. 

3. Memunculkan Kepentingan yang Berbeda

Akibat keberagaman masyarakat Indonesia yang berdampak negatif berikutnya adalah munculnya kepentingan yang berbeda. Untuk akibat yang paling akhir ini mempunyai hubungan dengan politik. Tentu saja, pada akibat yang satu ini sudah menjadi satu hal yang biasa terjadi di kalangan masyarakat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.