Sukses

21 Cara Menghilangkan Kutil Paling Ampuh, Mulai cara Alami sampai Pembedahan

Berikut adalah sejumlah cara menghilangkan kutil yang dipercaya paling ampuh, mulai dari cara alami hingga pembedahan.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan kutil sebenarnya sangat sederhana. Anda bahkan cukup mendiamkan saja, kutil tersebut akan hilang dengan sendirinya. Sebenarnya, kutil adalah jaringan tumbuh yang tidak berbahaya. Kutil sendiri bisa tumbuh akibat dari infeksi infeksi human papillomavirus (HPV).

Tanpa ditangani, kutil bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bertahun-tahun. Namun jika ingin kutil cepat hilang, tentu perlu ditangani. Cara menghilangkan kutil pun bermacam-macam mulai dari cara alami sampai memerlukan metode pengangkatan.

Cara menghilangkan kutil bisa dilakukan dengan pengelupasan kimia, operasi, pembekuan, dan operasi laser, tetapi perawatan ini bisa mahal dan menyebabkan iritasi kulit. Namun Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang bisa Anda temukan dengan mudah, mulai dari bahan makanan tanaman, atau produk lain yang memiliki sifat antivirus atau asam atau enzim yang menghambat virus HPV.

Obat antivirus alami dapat membantu menekan virus penyebab kutil, sementara asam alami dapat membantu menghilangkan lapisan kulit yang terinfeksi. Berikut adalah cara menghilangkan kutil, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (25/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Nanas

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, cara menghilangkan kutil bisa menggunakan bahan-bahan alami, termasuk nanas. Ekstrak nanas yang memiliki kandungan bromelain dan asam, dapat membantu menghancurkan protein yang sering menjadi penyebab terjadinya kutil.

Dengan mengoleskan jus nanas atau buah nanas yang sudah dihaluskan ke permukaan kulit secara rutin, efektif dalam menghilangkan kutil di wajah. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan secara teratur dan berulang.

2. Lidah Buaya

Cara menghilangkan kutil secara alami berikutnya bisa menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk kecantikan. Biasanya lidah buaya segar akan langsung dipotong dan cairan kentalnya dioleskan ke kutil, dan Anda bisa menggunakan lidah buaya tersebut setiap dua kali sehari. Namun jika Anda tidak menemukan lidah buaya segar, Anda juga bisa menggunakan jenis krim topikal yang mengandung sari lidah buaya.

3. Soda Kue

Cara menghilangkan kutil juga bisa menggunakan soda kue. Kandungan yang terdapat pada soda kue memiliki antiseptik dan anti radang, sehingga berfungsi efektif dalam menghilangkan kutil di wajah. Cara menggunakan soda kue sebagai obat kutil cukup mudah, hanya perlu mencampur soda kue dan cuka apel, setelah itu oleskan secara perlahan di bagian permukaan kulit wajah yang terkena gangguan kutil.

4. Lemon

Cara menghilangkan kutil secara alami bisa dilakukan dengan lemon. Ekstrak lemon dipercaya berfungsi secara efektif dalam mengatasi kutil pada permukaan kulit. Dilansir dari laman Healthline, lemon yang mengandung asam sitrat sangat berperan penting dalam melawan virus penyebab gangguan kutil. Cara menggunakan lemon untuk mengatasi kutil cukup mudah, hanya perlu mencampur lemon dengan sedikit air, lalu oleskan pada permukaan kulit yang terkena gangguan kutil, setelah itu bilas dengan air bersih.

3 dari 6 halaman

5. Bawang Putih

Cara menghilangkan kutil secara alami juga bisa menggunakan bawang putih. Kandungan yang terdapat pada bawang mengandung zat allicin yang bersifat antivirus, serta mampu melawan virus HPV penyebab kutil di wajah. Cara memanfaatkan bawang sebagai obat kutil cukup mudah, cukup dengan menghancurkan bawang putih hingga cukup halus, dan tempelkan pada kutil. Cara menggunakan bawang putih juga harus hati-hati, sebab bawang putih bisa saja menyebabkan iritasi pada kulit. Itulah mengapa, setelah menggunakan bawang sebagai obat kutil kurang lebih selama 15 menit, langsung basuh wajah menggunakan air dan sabun muka.

6. Kulit Pisang

Kulit pisang berfungsi efektif dalam menghilangkan kutil yang terdapat pada wajah. Dilansir dari laman Healthline, kulit pisang memiliki kandungan enzim yang dapat menghambat pertumbuhan kutil. Hal ini karena ekstrak kutil mampu mematikan virus penyebab gangguan kutil. Cara menghilangkan kutil dengan kulit pisang adalah cukup dengan menggosokkan kulit pisang pada area wajah, atau bisa dengan menempelkan kulit pisang pada permukaan kulit yang terkena kutil, setelah itu bilas menggunakan air bersih.

7. Cuka Apel

Cara menghilangkan kutil secara alami juga bisa dilakukan secara alami dengan cuka apel. Cuka apel yang memiliki kandungan zat asam, berperan penting dalam membunuh virus serta bakteri penyebab tumbuhnya kutil. Dalam menggunakan cuka apel untuk menghilangkan kutil dapat dilakukan dengan mencelupkan cotton bud ke dalam cuka apel, kemudian oleskan secara perlahan ke permukaan wajah yang terkena kutil. Diamkan cuka apel sekitar 5-7 jam dan lakukan secara berulang.

8. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Cara menghilangkan kutil secara alami juga bisa dilakukan dengan meningkatkan imunitas tubuh. Apabila sistem kekebalan tubuh meningkat, maka dapat secara efektif membunuh virus dan bakteri. Dilansir dari laman Healthline, beberapa makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh di antaranya buah kiwi, kacang almond, kerang hingga biji bunga matahari.

4 dari 6 halaman

9. Kulit Jeruk

Cara menghilangkan kutil yang populer lainnya adalah kulit jeruk. Ini adalah pilihan yang murah. Cara menghilangkan kutil dengan jeruk memang belum dibuktikan secara ilmiah, namun cara ini telah dipercaya dapat menghilangkan kutil. Caranya, gosokkan kulit jeruk pada kutil sekali sehari. Seharusnya, kutil akan berubah warna, menggelap, lalu rontok. Ini mungkin memakan waktu dua minggu atau lebih.

10. Kentang

Dilansir dari Healthline, kentang adalah bahan yang diyakini banyak orang dapat menjadi cara menghilangkan kutil. Meski demikian, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan efektivitas cara menghilangkan kutil ini. Untuk mencoba metode ini, potong kentang kecil menjadi dua. Gosok sisi yang terpotong pada kutil sampai tertutup cairan dari kentang. Ulangi dua kali sehari.

11. Bunga Dandelion

Banyak orang menganggap bahwa bunga dandelion sebagai rumput liar yang mengganggu. Namun, menurut metode pengobatan Tiongkok dan Timur Tengah kuno, bunga dandelion memiliki banyak khasiat sebagai obat. Dandelion memiliki sifat antimikroba, yang berguna memerangi kutil.

Untuk menerapkan cara menghilangkan kutil ini, pisahkan dandelion dan peras getah putihnya yang lengket. Oleskan ke kutil sekali atau dua kali sehari. Ulangi selama dua minggu. Penting untuk diperhatikan, jangan pernah menggunakan dandelion yang telah disemprot dengan bahan kimia.

12. Aspirin

Aspirin terbuat dari asam salisilat, bahan umum dalam perawatan kutil yang dijual bebas. Asam salisilat bekerja untuk menyembuhkan kutil dengan mengelupas kulit yang terinfeksi. Cara menghilangkan kutil dengan aspirin adalah dengan menghancurkan tablet aspirin dan mencampurnya dengan air hingga menjadi pasta. Oleskan pasta pada kutil dan tutup dengan perban semalaman.

5 dari 6 halaman

13. Vitamin C

Vitamin C memiliki sifat meningkatkan kekebalan tubuh dan sangat penting untuk penyembuhan luka dan jaringan kulit yang sehat. Sebuah studi menyebutkan bahwa memenuhi kebutuhan Vitamin C dapat mencegah infeksi HPV.

Cara menghilangkan kutil dengan Vitamin C sebagai obat topikal adalah, hancurkan tablet vitamin C dan campur dengan air hingga menjadi pasta. Oleskan pasta ke kutil, tutup dengan perban, dan biarkan semalaman. Ulangi setiap hari. Beberapa orang mengklaim bahwa campuran jus lemon dan vitamin C membuat pasta lebih efektif.

14. Vitamin E

Cara menghilangkan kutil bisa juga dengan menggunakan vitamin E. Nutrisi ini sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Penggunaan Vitamin E sebagai cara menghilangkan kutil dipercaya dapat meningkatkan reaksi tubuh Anda terhadap HPV. Anda bisa menusuk kapsul vitamin E dan mengoleskan minyak ke kutil. Lindungi kutil dengan perban dan biarkan semalaman. Ulangi setiap hari selama dua minggu.

15. Cantharidin

Jika kutil tidak kunjung hilang setelah ditangani dengan cara yang telah disebutkan sebelumnya, penting untuk mengkonsultasikan lagi dengan dokter. Dokter mungkin akan mengobati kutil Anda dengan menutupinya dengan cantharidin, zat yang akan menyebabkan lepuh. Sekitar seminggu setelah perawatan, dokter Anda akan dapat memotong kutil yang mati.

16. Krioterapi

Metode dengan tindakan medis selanjutnya yaitu dengan krioterapi atau biasa disebut sebagai terapi pembekuan. Dengan cara ini, maka kutil akan diberi cairan nitrogen agar menjadi beku, supaya jaringan pada kutil akhirnya mati, selanjutnya lepuhan kutil akan terbentuk di area sekitar kutil.

Biasanya, dalam waktu seminggu atau lebih, jaringan kutil yang telah mati tersebut akan mengelupas dengan sendirinya. Cara menghilangkan kutil dengan metode ini juga dapat merangsang serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang berguna dalam melawan virus penyebab kutil.

6 dari 6 halaman

17. Bedah Listrik/Kuretase.

Bedah listrik melibatkan pembakaran kutil setelah anestesi lokal diterapkan, sementara kuretase melibatkan pengikisan kutil dengan alat tajam. Kedua prosedur ini sering digunakan bersama-sama.

18. Pemotongan.

Dokter Anda mungkin memotong kutil dengan alat tajam.

19. Teknik Sinar Laser

Teknik sinar laser akan mematikan jaringan kutil dengan cara membakar pembuluh darah di dalamnya menggunakan sinar laser. Apabila jaringan pada kutil tersebut sudah mati, maka kutil biasanya akan terlepas dengan sendirinya. Meskipun efektif, menggunakan metode ini untuk mengatasi kutil dapat menimbulkan efek samping berupa munculnya jaringan parut pada kulit wajah yang menjadi area tumbuhnya kutil.

20. Bleomycin

Cara menghilangkan kutil lainnya adalah dengan anti-kanker yang disebut bleomycin. Suntikan mungkin menyakitkan dan dapat menyebabkan kerontokan kuku jika diberikan di jari tangan atau kaki.

21. Imunoterapi

Perawatan ini menggunakan sistem kekebalan tubuh untuk melawan kutil. Cara menghilangkan kutil ini melibatkan penggunaan bahan kimia pada kutil, yang menyebabkan reaksi alergi ringan, dan dapat menyebabkan kutil hilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.