Sukses

26 Tempat Wisata Kuningan Jawa Barat yang Selalu Hits dan Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta - Di Kabupaten Kuningan provinsi Jawa Barat ada segudang tempat wisata hits yang wajib dikunjungi. Tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits adalah berupa panorama alam seperti hutan lindung, kawasan pegunungan, curug, bukit, danau, telaga, hingga pemandian air panas.

Tak hanya itu, tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ada pula wisata sejarah. Taman Prasejarah Cipari, wisatawan akan disuguhkan dengan khas formasi batuan prasejarah yang tertata rapi di taman yang rimbun dan hijau. Lalu, ada museum di mana wisatawan bisa meningkatkan pengetahuan tentang kehidupan manusia prasejarah.

Tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits ini akan sayang sekali jika dilewatkan begitu saja. Tak hanya cocok dikunjungi untuk mengisi akhir pekan, tetapi libur panjang juga. Liburan bersama keluarga, teman, pasangan, dan kerabat menjadi lebih menyenangkan di tempat wisata Kuningan Jawa Barat.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam dua puluh enam tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi, Minggu (23/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Kuningan Jawa Barat yang Selalu Hits dan Wajib Dikunjungi

1. Curug Payung

Curug Payung adalah tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi. Tempat wisata di Kuningan Jawa Barat ini menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan, air yang jernih, dan juga udara yang sangat menyegarkan.

Lokasi tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini berada di wilayah Gunungmanik, Ciniru, Kabupaten Kuningan. Tempatnya sangat cocok untuk bagi yang ingin melarikan diri dari hiruk pikuk kegiatan kota.

2. Kuningan Botanical Garden

Kuningan Botanical Garden adalah tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi. Kebun Raya Kuningan ini terletak di kawasan hutan, sekitar 38 kilometer dari pusat kota Kuningan, di sisi utara Gunung Ciremai.

Di tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini, pengunjung bisa datang dan menikmati indahnya pemandangan hutan, taman bunga, dan berbagai fasilitas umum. Semua fasilitas ini dapat pengunjung nikmati hanya dengan membayar Rp 10.000 per orang untuk biaya masuk.

3. Taman Nasional Gunung Ciremai

Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) adalah tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi. Kawasan pegunungan yang selalu menyuguhkan pemandangan menakjubkan. TNGC menjadi tujuan yang tepat bagi pecinta alam.

Pengunjung tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini, dapat melakukan trekking untuk mencapai puncak dan kawah, lalu melihat pemandangan yang menakjubkan dari gunung tertinggi di Jawa Barat ini.

Tiket masuk tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini, Rp 50.000 per orang. Area tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini bisa dimasuki kapan saja oleh para pendaki, kecuali jika area gunung ditutup karena alasan tertentu.

4. Balong Dalem Jalaksana

Balong Dalem adalah tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi, berupa hutan lindung. Lokasinya berada di Desa Babakanmulya, Sadamantra, Kuningan Jawa Barat. Tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini asri dan memberikan suasana alam yang menawan.

Balong sendiri yang berasal dari bahasa Sunda yang artinya kolam. Banyak yang mengatakan bahwa tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini berkaitan erat dengan keberadaan Buyut Bayu atau Sultan Matangaji. Banyak rumor yang mengatakan Sultan Matangaji datang dari Kesultanan Cirebon di tempat ini.

Di tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini tersedia fasilitas seperti outbound, pusat terapi rematik, hiking tracking, perkemahan, edukasi, dan ada kolam renang untuk anak-anak maupun dewasa. Wisatawan yang datang ke wajib mengabadikan momen seperti foto di sekitar Balong yang luasnya mencapai hingga 6.5 hektar.

5. Bukit Panembongan

Bukit Panembong adalah tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi. Ini lokasi wisata yang sangat cocok untuk berfoto-foto. Lokasi tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini berada di Desa Tembong, Garawangi.

Di sini terdapat banyak spot foto yang instagramable dengan latar belakang yang menakjubkan dan cocok untuk diunggah di akun media sosial. Tiket masuk tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini Rp 5.000 per orang, dan jika ingin mendaki dan berfoto atau selfie di atas menara pengawas, biaya tambahannya Rp2.000.

6. Linggarjati Natural Park

Linggarjati Natural Park adalah tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi. Lokasinya berada di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, menawarkan berbagai objek wisata di lokasi yang dikelilingi oleh alam yang indah. Di tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi, wisatawan bisa berenang, mengikuti kegiatan outbond, atau sekadar bersantai di restoran.

Cocok pula dikunjungi bersama anak karena banyak fasilitas dan wahana seperti sepeda air, kolam besar, kereta mini, taman bermain anak, dan korsel. Tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini, buka setiap hari mulai pukul 08:00 WIB hingga 18:00 WIB, dengan tiket masuk Rp 10.000 per orang.

7. Bukit 1.000 Bintang

Bukit Bintang adalah tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi. Destinasi wisata ini tidak hanya cocok dikunjungi pada malam hari untuk menikmati bintang. Bukit 1.000 Bintang juga bagus untuk dikunjungi di siang hari.

Lokasi tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini, berada di kaki Gunung Ciremai. Tepatnya berada di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan yang agak sulit dijangkau kendaraan pribadi. Wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan sekitar dan puncak Ciremai di atasnya.

Meski demikian, pihak pengelola tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini telah menyediakan kendaraan off-road, khusus untuk mengantar para pengunjung ke puncak dengan biaya antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000 per orang. Tersedia pula tenda, aula serbaguna, dan toilet bagi yang ingin bermalam.

8. Curug Landung

Curug Landung adalah tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi. Ini berupa air terjun yang cukup populer. Lokasinya berada di kaki Gunung Ciremai, udaranya masih sejuk dan segar. Tepatnya berada di Jalan Pejambon-Sagara Hiang, Cisantana, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat dan dibuka selama 24 jam setiap harinya.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Kuningan Jawa Barat yang Selalu Hits dan Wajib Dikunjungi

9. Danau Nil

Danau Nil adalah tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi. Terletak di Desa Kaduela, Danau Nil menyuguhkan pemandangan indah air sebening kristal dan lingkungan sekitar yang hijau. Lokasi tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini tidak jauh dari Gunung Ciremai.

Danau ini memiliki kedalaman yang bervariasi, dari setinggi mata kaki hingga 4 meter. Dijamin, semua orang bisa bersenang-senang di danau ini. Tiket masuk tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini sebesar Rp 10.000 per orang.

10. Hutan Kota Bungkirit

Hutan Kota Bungkirit adalah tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi. Wisatawan bisa menikmati suasana hutan dengan pemandangan menawan dan semilir angin dingin. Hutan Kota Bungkirit sudah ditata rapi sehingga menjadi sangat menarik dan lebih nyaman bagi para wisatawan.

Hutan Kota Bungkirit merupakan tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi berupa taman kota yang terletak di Jalan Raya Cigugur, Kecamatan Kuningan, tak jauh dari Alun-Alun Kuningan. Tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini telah dikelola pemerintah daerah sejak tahun 2011 dan menjadi salah satu objek wisata yang nggak membosankan.

11. Telaga Nilem

Telaga Nilem adalah tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi yang wajib dikunjungi. Airnya yang jernih dan dingin, ditambah pemandangan yang asri dan hijau, dijamin kamu akan betah dan tidak mau pulang.

Saking jernihnya air di tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini, wisatawan bisa melihat dasar telaga yang dipenuhi bebatuan dan lumut hijau. Main air, mandi, sembari menikmati kesegaran air yang masih bersih jadi aktivitas menyenangkan di sini.

Lokasi tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Tempat wisata di Kuningan Jawa Barat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai dan menenangkan diri.

12. Situ Walukut

Situ walukut adalah tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi. Situ Walukut ini berupa sebuah danau cantik yang menawarkan keindahan panorama alami yang sangat asri.

Lokasi tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini berada di Desa Kertayuga, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan.

Pemandangan telaga dengan latar belakang perbukitan hijau menjadi daya tarik utama. Wisata kuningan Jabar terbaru dan hits ini disebut-sebut tak kalah cantik dibanding Ranu Kumbolo yang berada di kawasan Gunung Semeru, Jawa Timur.

13. Curug Putri

Curug Putri adalah tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi. Air terjun ini berada di lingkungan alam yang masih natural, dengan banyak tumbuhan yang rimbun menutupi aliran air dan sungai yang jernih dan menyegarkan.

Bagi yang tertarik mencari tempat yang tenang dan asyik, tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini bisa jadi pilihan. Tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini berupa air terjun yang terletak di kaki Gunung Ciremai. Lokasinya berada di Cisantana, Cigugur, Kabupaten Kuningan.

14. The Mountain Recreation Park

Taman rekreasi air The Mountain Recreation Park adalah tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi dan cocok untuk dijadikan destinasi liburan anak-anak. Tepatnya berada di kawasan Gunung Keling, menawarkan wahana air yang airnya bersumber dari pegunungan dan tanpa memakai kaporit. 

Lokasi tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini berada di Perumahan Pesona Alam Kuningan, Jalan Cirendang-Cigugur, Cipari, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat. Wisatawan bisa berkunjung mulai dari pukul 09.00 WIB sampai 16.30 WIB, biaya tiket masuknya mulai dari Rp 30.000. 

15. Woodland Kuningan

Woodland adalah tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi dengan fasilitas outbound seru. Lokasinya berada ada di Jalan Ragasakti Nomor 130, Setianegara, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat. Wisatawan bisa menemukan jalan dari kayu yang terbentang di tengah hutan rimbun, estetik.

Wisatawan yang tertarik berkunjung, cukup membayar tiket masuk Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Jadwal operasional tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB untuk Senin hingga Jumat. Sabtu dan Minggu dibuka lebih awal pukul 07.30 WIB sampai 17.00 WIB. 

16. Taman Hutan Kota Mayasih

Taman Hutan Kota Mayasih adalah tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi. Terletak di Desa Cigugur, Kecamatan Cigugur. Ciri khas dari tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini, memiliki formasi batuan yang sangat menonjol, dulunya tambang batu.

Taman ini berupa area seluas 3 hektar, memiliki beberapa gazebo bagi pengunjung yang ingin bersantai. Ada juga jalan setapak yang tersedia untuk menjelajahi seluruh taman. Lokasi paling favorit tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini, di depan tebing batu dan air mancur. Tiket masuk hanya Rp 5.000 per orang.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Kuningan Jawa Barat yang Selalu Hits dan Wajib Dikunjungi

17. Telaga Remis

Telaga Remis adalah tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi. Lokasinya berada di kaki Gunung Ciremai, yang menyajikan keindahan alam mempesona, asri, dan sangat menyejukkan mata. Tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini menawarkan udara pegunungan yang sejuk dan menenangkan.

Kegiatan wisata bersama keluarga akan semakin nyaman karena di tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini. Sudah tersedia beberapa fasilitas yang cukup memadai. Mulai dari mushola, saung, sepeda air, toilet dan fasilitas lainnya.

18. Curug Sidomba

Curug Sidomba adalah tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi. Lokasinya berada di Desa Peusing, Jalaksana. Ini berupa air terjun setinggi 3 meter dengan aliran air yang tidak terlalu besar dan di bawahnya ada kolam dengan ikan berwarna-warni. Keistimewaan air terjun ini adalah adanya tangga dengan desain yang indah dan cocok sebagai tempat untuk berfoto.

Selain itu ada beberapa permainan dan wahana di dekat area tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini, bisa digunakan pengunjung seperti taman bermain anak, flying fox, kolam renang, kolam pemancingan, kereta domba, dan kereta mini. Tiket masuk ke kawasan tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini hanya Rp 5.000 per orang.

19. Curug Sabuk dan Sawer

Curug Sabuk dan Sawer adalah tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi. Di sini, wisatawan bisa menemukan tiga destinasi yaitu air terjun, pemandian air panas alami, dan taman hutan.

Wisatawan pun bisa menikmati pemandian air panas alami dengan kedalaman 1 meter. Tempat lain untuk dikunjungi di sini adalah taman hutan bernama Kopi Gede. Untuk mengunjungi tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

20. Taman Prasejarah Cipari

Taman Prasejarah Cipari adalah tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi. Di Taman Prasejarah Cipari, wisatawan akan melihat pemandangan khas formasi batuan prasejarah yang tertata rapi di taman yang rimbun dan hijau. Ada juga museum di mana anda dapat meningkatkan pengetahuan tentang kehidupan manusia prasejarah.

Tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini terletak tidak jauh dari pusat kota Kuningan. Wisatawan dapat mengendarai mobil pribadi atau mobil sewaan sejauh 5 kilometer ke arah barat, sekitar 15 menit perjalanan. Taman ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB dan tidak ada biaya masuk atau tiket untuk memasuki taman.

21. Curug Palutungan

Curug Palutung adalah tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi. Air terjun ini berada di lingkungan alam yang masih natural, dengan banyak tumbuhan yang rimbun menutupi aliran air dan sungai yang jernih dan menyegarkan.

Tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini berupa air terjun dengan luas area sekitar 50 hektar. Wisatawan bisa melakukan rafting, bersepeda, maupun trekking di kawasan tempat wisata Palutungan.

22. Pemandian Air Panas Alami Subang

Pemandian Air Panas Alami Subang adalah tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi. Lokasinya berada di Desa Subang, Kecamatan Subang. Sumber pemandian air panas ini adalah pemandian air panas Cipanas yang dikenal dengan banyaknya kandungan mineral di dalamnya.

Salah satunya adalah kandungan belerang di mata air ini yang dipercaya memiliki manfaat kesehatan bagi kulit. Setiap hari libur dan akhir pekan, kedua kolam air panas ini selalu dipadati pengunjung. Tiket masuk tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini sebesar Rp 5.000 per orang.

23. Taman Rekreasi Salsabila

Taman Rekreasi Salsabila adalah tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi. Tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini dilengkapi dengan kolam renang seperti waterpark. Ada banyak bangunan rumah yang bernuansa Eropa.

Taman ini bernuansa coboy yang dilengkapi dengan restoran ala Eropa dan tentunya ada masakan khas Indonesia. Tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini terletak di Kecamatan Cigandamekar, tepatnya di Desa Panawuan, Jawa Barat. Tiket masuk tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini Rp 5.000 dan orang dewasa Rp 10.000.

24. Pemandian Cibulan dan Ikan Dewa

Pemandian Cibulan dan Ikan Dewa adalah tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi. Lokasinya berada di kaki Gunung Ciremai, Pemandian Cibulan memiliki dua kolam besar di mana terdapat kolam ikan keramat, yang disebut ikan dewa. Ikan tersebut diyakini sebagai prajurit Prabu Siliwangi.

Di tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini pun ada tujuh mata air suci, yang dipercaya bahwa air dari mata air suci ini memiliki sifat magis ketika digunakan untuk mencuci atau minum. Tiket masuknya sebesar Rp15.000 per orang.

25. Sukageuri View

Sukageuri View adalah tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi. Wisatawan bisa menikmati bentang alam yang luar biasa indah dari Kunginan di Sukageuri View. Kontur perbukitan dan hijaunya alam membuatnya indah ketika dinikmati dari ketinggian.

Di tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini wisatawan tidak hanya bisa menikmati pesona alam Kuningan yang istimewa. Akan tetapi juga mendapatkan spot asyik untuk berswafoto dengan latar belakang yang luar biasa.

26. Hutan Desa Setianegara

Hutan Desa Setianegara adalah tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi, cocok bagi yang ingin sejenak menghindar dari ramainya perkotaan. Kawasan tempat wisata Kuningan Jawa Barat yang selalu hits dan wajib dikunjungi ini punya hawa yang sejuk dan masih sangat asri. Berlokasi di Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, kamu juga bisa melakukan kegiatan kemah di sini.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS