Sukses

12 Manfaat Cocor Bebek Bagi Kesehatan, Redakan Sakit Kepala Hingga Atasi Wasir

Manfaat cocor bebek bagi kesehatan dan kecantikan, mulai dari meredakan sakit kepala, hingga mengatasi wasir.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat cocor bebek bagi kesehatan mungkin masih jarang diketahui oleh masyarakat. Tanaman cocor bebek merupakan tanaman yang seringkali dijadikan tanaman hias oleh para pecinta tanaman hias, karena bentuknya yang indah dan warnanya yang bermacam-macam.

Namun dibalik keindahannya, tanaman hias ini memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan yang perlu anda ketahui. Manfaat cocor bebek bagi kesehatan mulai dari meredakan sakit kepala, hingga mengatasi wasir. Selain itu manfaat cocor bebek juga berguna bagi aspek kecantikan.

Manfaat cocor bebek yang baik bagi kesehatan ini, didapat dari kandungannya yang kaya akan senyawa kimia seperti alkaloid, flavonoid, steroid, lipid dan lain sebagainya. Selain itu cocor bebek juga mengandung vitamin C, glucoside, tannin dan bryophyllum.

Lantas apa saja manfaat cocor bebek bagi kesehatan? Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang manfaat cocor bebek bagi kesehatan dan kecantikan, Kamis (20/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Cocor Bebek Bagi Kecantikan

1. Melawan Keriput

Manfaat cocor bebek bagi kecantikan yang pertama adalah untuk melawan keriput. Para ahli berpendapat bahwa cocor bebek dapat meremajakan kulit dan menghilangkan kerutan yang muncul seiring bertambahnya usia. Dianjurkan untuk menyiapkan jus atau teh dari tanaman kental ini, dan mencampurnya dengan sesendok madu.

Idenya adalah untuk menerapkan solusi ini pada wajah, membersihkannya untuk mengurangi kerutan wajah. Setelah mandi adalah pilihan yang baik untuk menerapkan metode ini, selama satu jam atau lebih. Perlu dicatat bahwa campuran ini memberi nutrisi dan melembabkan kulit. Ini juga membantu menjaga kelenturan dan elastisitas kulit.

 

2. Perawatan untuk Kulit Terbakar

Manfaat cocor bebek yang selanjutnya adalah merawat kulit terbakar. Masker cocor bebek juga dapat diterapkan pada kulit yang terbakar sinar matahari untuk mengurangi rasa perih akibat luka bakar yang dialami.

Daunnya bisa digiling dan dibuat semacam pasta dan ditaruh di bagian yang sakit. Solusi ini harus dilakukan setidaknya sekali sehari, selama 5 hingga 6 hari, bersamaan dengan perawatn cocor bebek ini, kulit secara bertahap mendapatkan kembali warna alaminya dari kulit yang menggelap.

 

3. Menghilangkan Jerawat

Tidak hanya untuk merawat kulit, daun cocor bebek juga dapat digunakan untuk membantu menghilangkan jerawat dan membuat kulit lebih halus. Caranya, giling daun cocor bebek secukupnya, lalu campurkan dengan air mawar dan masukkan ke dalam wadah botol semprot.

Setelah itu, semprotkan campuran tersebut pada wajah, diamkan beberapa saat, dan bilas dengan air hangat. Ulangi cara ini secara rutin selama beberapa hari dan rasakan manfaatnya. Namun, hentikan penggunaan campuran daun cocor bebek dan air mawar pada wajah jika terjadi iritasi.

 

4. Mengobati Luka

Luka juga dapat diatasi dengan tanaman ini. luka harus dibasahi dengan ekstrak cocor bebek pada bagian yang sakit, dengan bantuan jarum suntik berdiameter kecil. Selanjutnya, permukaan area luka ditutup dengan 4 atau 5 lapis kain kasa yang lebih besar dari luka dan dibasahi dengan ekstrak daun kalanchoe.

Tentu saja, sebelum melakukan perawatan ini anda harus mengoleskan yodium dan alkohol di area yang mengalami atrofi. Kasa ini diganti setiap hari dan perawatan harus berlangsung antara 25 dan 30 hari, tergantung pada ukuran bekas luka. Kandungan cocor bebek akan merangsang proses penyembuhan luka.

3 dari 4 halaman

Manfaat Cocor Bebek Bagi Kesehatan

5. Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat cocor bebek bagi kesehatan salah satunya adalah menjaga kesehatan mulut. Jus cocor bebek sering digunakan untuk mengobati radang gusi dan peradangan mulut yang disebabkan oleh penyakit periodontal (stomatitis II-III).

Dianjurkan agar jus dengan tanaman ini dibuat dengan air matang dan kemudian didinginkan dan diminum sebagai teh. Untuk mengobati stomatitis harus dikonsumsi 3 sampai 4 gelas sebagai aplikasi setelah pusat pengobatan awal, sebelum memanaskan jus dalam bak air pada suhu tubuh.

 

6. Mengatasi Sakit Punggung

Daun dari tanaman ini dapat ditempatkan di area punggung, di mana seseorang merasakan sakit. Umumnya, ketidaknyamanan terjadi di tulang belakang punggung. Cara ini juga berfungsi untuk luka atau alergi yang ada di area punggung yang sama, mengoleskan daun hangat ini bisa dilakukan sekali sehari, sampai rasa sakitnya hilang.

Langkah ini adalah cara yang efektif untuk memerangi ketidaknyamanan dari punggung. Jika memungkinkan tempatkan bantalan panas atau kantong air panas bersamaan dengan daun cocor bebek di area punggung, panas akan membantu melepaskan sifat-sifat kalanchoe dalam daun cocor bebek.

 

7. Mengatasi Sakit Kepala

Cocor bebek juga digunakan untuk mengobati sakit kepala dan migrain. Untuk menggunakan obat ini, ambil satu, dua atau tiga daun segar tanaman ini, masukkan ke dalam microwave atau masak dalam kompor selama sekitar lima menit.

Tunggu sampai hangat, lalu oleskan langsung ke kepala secepat mungkin, sebelum dingin. Ulangi prosedur ini beberapa kali selama interval minimal 10 menit setiap kali. Setelah beberapa saat, angkat daunnya.

 

8. Menjaga Kesehatan Kaki

Daun cocor bebek juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kaki kita. Jika anda menderita jamur, iritasi, kapalan atau masalah lain di area tersebut, tanaman ini bisa menjadi solusinya. Dalam air panas kaki harus direndam selama setengah jam dengan daun cocor bebek yang dicampur dengan rempah-rempah lainnya.

Setelah mencuci kaki itu, ambil dua lembar lagi, hangatkan dan letakkan di bawah kaki anda di dalam sepasang kaos kaki yang nyaman dan gunakan sepanjang malam di malam hari. Cara ini akan meningkatkan kesehatan kaki anda selama anda tidur.

4 dari 4 halaman

Manfaat Cocor Bebek Bagi Kesehatan

9. Meredakan Amandel yang Sakit

Manfaat bebek cocor juga bisa meredakan rasa sakit akibat amandel. Biasanya tonsilitis banyak menyerang anak-anak, namun tidak bisa dipungkiri juga menyerang orang dewasa. Masalahnya, pada anak-anak, pembengkakan kerongkongan ini akan membuat mereka kesulitan menelan makanan dan minuman.

Untuk mengatasi rasa sakitnya, mintalah anak anda berkumur dengan air perasan daun cocor bebek 3-4 kali sehari. Jangan khawatir jika airnya sedikit tertelan karena daunnya aman untuk dikonsumsi. Sedikit jus yang tertelan aman untuk anak anda dibandingkan obat kumur lainnya.

 

10. Mengobati Batuk dan Pilek

Jika batuk mulai muncul dan hidung mulai berair, cobalah resep alami daun cocor bebek sebelum mengonsumsi obat kimia. Tidak ada salahnya mencoba jus daun cocor bebek yang juga ampuh meredakan batuk pilek.

Caranya adalah dengan mengambil beberapa lembar daun, cuci bersih dan peras menjadi minuman yang menyegarkan. Rasanya sedikit tidak enak, tetapi itu bisa membuat keajaiban bagi anda. Hal ini karena cocorebek bersifat antibakteri, antivirus, antimikroba, antijamur, antihistamin, dan anafilaksis.

 

11. Mengobati Wasir

Wasir atau ambeien adalah pembengkakan atau pembesaran pembuluh darah di usus besar bagian rektum, rektum dan anus. Penyakit ini bisa menyerang segala usia. Biasanya disebabkan oleh mengejan terlalu lama saat buang air besar. Gejalanya adalah gatal pada anus hingga berdarah saat buang air besar.

Untuk mengobatinya, tumbuk hingga halus beberapa lembar daun cocor bebek lalu keringkan seperti teh bubuk. Setelah kering, ambil 1 sendok teh bubuk daun dan campurkan dengan 1 sendok teh madu. Seduh dengan air panas dan minum sampai gejalanya mereda.

 

12. Meredakan Pernapasan

Manfaat cocor bebek yang terakhir adalah untuk meredakan pernapasan. Jika anda memiliki riwayat asma, anda bisa meminum teh daun cocor bebek secara rutin untuk menunjang pengobatan penyakit pernapasan anda.

Caranya, potong kecil-kecil daun cocor bebek lalu keringkan. Setelah itu tuang daun cocor bebek kering dengan air hangat, tambahkan sedikit madu bila perlu. Minumlah teh daun kelapa bebek ini secara rutin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.