Sukses

20 Tempat Wisata Kebumen yang Hits, Wajib Dikunjungi saat Liburan

Liputan6.com, Jakarta Kebumen, salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang jarang menjadi tujuan destinasi wisata. Padahal, tempat wisata Kebumen tidak kalah dengan tempat wisata di kota-kota lain dari segi jumlah, jenis, maupun keindahan panorama yang ditawarkan.

Kebumen lebih dikenal sebagai kota penghasil sarang walet dibanding kota wisata, meskipun jumlah tempat wisata Kebumen tidak dapat dibilang sedikit. Posisi geografis Kebumen yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia di sebelah selatan dan deretan pegunungan di sebelah utara, turut memperkaya pilihan tempat wisata Kebumen. 

Tempat wisata Kebumen layak menjadi pilihan wisata yang wajib dikunjungi bersama keluarga saat liburan. Berikut daftar tempat wisata Kebumen yang telah dikumpulkan Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (20/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata Kebumen: Pantai

Mengunjungi Kebumen tidak lengkap tanpa menyambangi wisata pantainya. Lokasinya yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia menjadikan pantai di Kebumen memiliki pemandangan yang menakjubkan.

1. Pantai Pecaron

Pantai Pecaron merupakan pantai yang belum banyak diketahui wisatawan, letaknya di Desa Srati, Kecamatan Ayah, Kebumen. Area Pantai Pecaron terbilang kecil jika dibandingkan dengan pantai lain di Kebumen. Pantai ini menawarkan panorama laut dengan bingkai tebing dan bebatuan.

2. Pantai Karang Agung

Pantai Karang Agung merupakan pantai dengan batuan karang alami dengan ukuran yang beragam di bibir pantainya. Agak berbeda dengan pantai kebanyakan yang bisanya berpasir lembut. Pantai ini menawarkan pemandangan pantai dengan deburan ombak yang langsung menghantam bebatuan di pinggir pantai.

Keberadaan batu-batu karang di sekitar bibir pantai juga menjadi asal nama dari Pantai Karang Agung. Pantai ini terletak di Desa Argopeni, Kecamatan Ayah, Kebumen.

3. Pantai Menganti

Pantai Menganti juga merupakan tempat wisata Kebumen yang menawarkan panorama tidak kalah dengan pantai lain. Terdapat cerita yang berkembang di masyarakat tentang pantai ini. Konon, dulu ada seorang panglima perang yang berasal dari Kerajaan Majapahit. Ia menjalin kisah dengan seorang perempuan tetapi tidak pernah direstui.

Di Pantai Menganti ini Panglima dan kekasih hatinya berjanji bertemu. Namun setelah Panglima menunggu sepanjang hari, Sang kekasih hati tidak muncul. Lokasi Pantai Menganti ini berada di Desa Karangduwur.

4. Pantai Petanahan

Pantai petanahan merupakan pantai berpasir putih yang kerap dikunjungi masyarakat Kebumen. Pantai ini juga memiliki kisah yang diwariskan masyarakat secara turun temurun. 

Konon dahulu ada seorang perempuan bernama Dewi Sulastri yang merupakan seorang istri dari seorang abdi Pucung Kembar bernama Raden Sujono. Suatu hari Dewi Sulastri diculik oleh Joko Puring saat suaminya sedang pergi bertugas.  Joko Puring membawa Dewi Sulastri ke Pantai Petanahan ini dan memaksa untuk menjadi istrinya. Pantai Petanahan berada di Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan Kebumen. 

5. Pantai Lampon

Pantai Lampon menjadi pantai yang relatif sepi dari wisatawan. Area pantau yang tidak terlalu luas menjadi alasan wisatawan tidak terlalu tertarik mendatangi Pantai Lampon. Namun panorama yang ditawarkan sangat sayang bila dilewatkan. Pasirnya berwarna kecoklatan, terdapat tebing batu yang membingkai pemandangan pantai, serta suasana tenang dari hiruk pikuk kota. Pantai Lampon berlokasi di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kebumen. 

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata Kebumen: Gunung

Selain Pantai, tempat wisata Kebumen  juga menawarkan wisata pegunungan dan perbukitan yang sayang kalau dilewatkan.

6. Bukit Pranji

Pemandangan dari atas ketinggian merupakan penawaran yang sulit untuk ditolak oleh para wisatawan. Salah satu Tempat wisata yang menawarkan panorama dari atas bukit adalah Bukit Praji. Wisatawan yang datang ke Bukit Praji biasanya berkunjung menjelang matahari terbit atau matahari tenggelam untuk menikmati pemandangan sunrise dan sunset. 

Tidak hanya itu, saat malam datang Bukit Praji juga menawarkan panorama gemerlap lampu kota dari ketinggian. Apalagi saat langit sedang cerah, pengunjung juga dapat melihat taburan bintang yang menghiasi langit. Bukit Praji terletak di Krajan, Watulawang, Kecamatan Pejagoan, Kebumen.

7. Puncak Gunung Duwur

Puncak Gunung Duwur diperuntukan bagi wisatawan yang ingin merasakan pengalaman mendaki tapi masih pemula. Gunung Duwur memiliki tinggi yang relatif pendek, yaitu sekitar 500 mdpl. Untuk sampai ke puncak, wisatawan perlu tracking selama kurang lebih 1 jam. Dari atas Puncak Gunung Duwur, wisatawan dapat menikmati pemandangan Samudera Hindia yang terhampar di bagian selatan. 

Belum ada jalur pendakian resmi yang dikelola oleh masyarakat atau pemerintah setempat. Oleh sebab itu, bagi wisatawan yang benar-benar pemula sebaiknya didampingi oleh seorang yang berpengalaman. Meninggalkan jejak seperti menalikan pita berwarna mencolok ke pohon menjadi salah satu cara yang dilakukan wisatawan agar dapat dengan mudah menemukan jalan untuk kembali atau turun. Puncak Gunung Duwur ini berada di Desa Watukelir, Kecamatan Ayah. 

8. Bukit Hood

Bukit Hood atau bukit Uhud berada di ketinggian 150 mdpl. Bukit ini menawarkan pemandangan pantai dari ketinggian. Pengunjung bisa duduk di anjungan dan melihat garis pantai yang begitu panjang. Bukit Hood berlokasi di Dusun Karangtengah, Desa Karang Bolong, Kecamatan Buayan, Kebumen.

9. Bukit Jerit

Bukit Jerit merupakan bukit yang terletak tepat bersebelahan dengan laut lepas. Posisinya yang sangat tinggi membuat orang yang berkunjung dapat menjerit sepuas hati. Inilah yang menjadi asal-usul nama Bukit Jerit. 

Bukit satu ini kondang dengan pemandangan padang rumput yang begitu luas. Didukung hamparan langit biru menjadi paduan luar biasa. Untuk mengunjungi bukit ini, akan lebih mudah jika melalui akses Pantai Pasir. Bukit Jerit berlokasi di Dusun Ketanggung, Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kebumen.

10. Bukit Langit 

Sama seperti Bukit Pranji, Bukit Langit menawarkan panorama matahari terbit dan tenggelam. Di bukit ini pengunjung dapat membuka tenda untuk camping. Dibanding Bukit Pranji, Bukit Langit merupakan tempat wisata Kebumen yang relatif baru. Bukit berlokasi di Desa Giripurno Kecamatan Karanggayam.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata Kebumen: Goa dan Air

11. Curug Silancur

Meskipun bukan objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan, curug silancur menawarkan pemandangan yang sayang untuk dilewatkan. Lokasinya yang berada di area terpencil dan akses jalan yang cukup ekstrim membuat tempat wisata satu ini jarang dilirik wisatawan. 

Daya tarik curug Silancur adalah pemandangan air yang jatuh dari ketinggian 20 meter ke batuan purba di bawahnya. Lokasi dari Curug Silancur berada di Dusun Pujegan, Desa Wadasmalang, Karangsambung.

12.  Goa Jatijajar

Goa Jatijajar merupakan gua dengan usia yang sangat tua pertama kali ditemukan pada tahun 1802 silam oleh seorang bernama Jayamenawi. Pada tahun 1975, Goa Jatijajar mulai dikembangkan menjadi objek pariwisata atas gagasan Gubernur Jawa Tengah kala itu, Suparjo Rustam. 

Goa Jatijajar memiliki tinggi  sekitar 12 meter dan panjang sekitar 250 meter. Di Dalam goa terdapat dua sendag, yaitu   Sendang Kantil dan sendang Mawar, yang konon airnya tidak pernah kering sepanjang tahun. Goa Jatijajar berada di Kecamatan Ayah. Banyak wisatawan yang datang terutama mereka yang ingin mendapatkan objek foto indah.

13. Air Terjun Superman’s Big Sister

Superman Big Sister adalah sebuah air terjun dengan tinggi puluhan meter yang terletak di dalam goa. Untuk mencapai Air Terjun Superman’s Big Sister, pengunjung perlu menyusuri perut goa setidaknya selama lima jam perjalanan. Medan yang dilalui juga tidak dapat dibilang mudah. 

Memakai peralatan lengkap, seperti helm, baju coverall, dan rompi pelampung menjadi sebuah kewajiban untuk dapat mencapai objek wisata satu ini.Air Terjun Superman’s Big Sister ini berada di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen. Letaknya tidak jauh dari goa Jatijajar sehingga bisa menjadi wisata lanjutan.

14. Pemandian Air Panas Krakal

Pemandian Air Panas Krakal merupakan pemandian air panas alami yang mengandung sulfat (SO4) yang tinggi. Objek wisata satu ini juga menyediakan area bermain anak-anak dan juga taman yang berada di sekelilingnya. 

Terdapat pula 6 kolam VIP yang dipisahkan oleh beton dan jumlah kamar ada 6 buah. Pemandian air pana ini cocok untuk mereka yang ingin melakukan relaksasi agar hilang rasa jenuh dan penat setelah lama beraktivitas. Pemandian ini melayani para pengunjung dari jam 7 pagi hingga 5 sore. Pemandian Air Panas Krakal berada di Desa Krakal, Kecamatan Alian, Kebumen.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata Kebumen: Edukasi

Selain memiliki wisata alam yang cantik, Kebumen juga memiliki wisata edukasi yang tak kalah menarik dikunjungi.

15. Alian Butterfly Park

Alian Butterfly Park menawarkan wisata edukasi yang mengenalkan berbagai jenis kupu-kupu kepada para pengunjung. Untuk dapat melihat berbagai jenis kupu-kupu, sebaiknya datang di pagi hari. Sebab, pagi hari adalah waktu kupu-kupu dan serangga keluar untuk mengambil nektar. 

16. Benteng Van Der Wijck

Benteng Van Der Wijck merupakan benteng peninggalan kolonial Belanda yang awalnya dibangun sebagai kantor VOC. Bangunan Benteng Van Der Wijck memiliki ciri khas berwarna merah merona. Saat ini sebagian kompleks benteng dijadikan sebagai sekolah calon tamtama dan barak militer TNI AD. 

Sebagian bangunan lain dikelola sebagai tempat wisata sejarah lengkap dengan taman bermain dan juga kereta mini. Benteng Van Der Wijck berada di Kecamatan Gombong yang jaraknya sekitar 35 km dari pusat Kota Kebumen. 

17. Brujul Adventure Park

Brujul Adventure Park merupakan camping ground atau tempat berkemah. Masyarakat sekitarnya seringkali menyebutnya sebagai BAP.  Di dalamnya juga terdapat curug serta gua yang dapat dijelajahi. Pada tahun 2017, wisata satu ini mulai dikembangakan menjadi area outbond. Brujul Adventure Park berlokasi di Jl. Raya Peniron, Desa Peniron, Kecamatan Pejagoan, Kebumen.

18. Kebun Bunga Ambal

Kebun Bunga Ambal menawarkan wisata edukasi agro yang mengenalkan berbagai jenis bunga papa para pengunjung. Bunga-bunga yang tertata apik dihiasi bebrbagai ornamen juga menarik untuk dijadikan background foto. Lokasi Kebun Bunga Ambal terletak di Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal, Kebumen. 

19. Taman Reptil Kebumen

Berawal dari hobby, Ambar Sutoyo, pemilik binatang lain ini memutuskan untuk membuka TARA atau Taman Reptil Adiluhur. Pendirian Taman Reptil bertujuan untuk memberi edukasi kepada masyarakat tentang jenis-jenis reptil. TARA berada di Jalan Kaleng 11 Adiluhur Adimulyo Kebumen. 

20. Cagar Alam Geologi Karangsambung

Cagar alam karangsambung merupakan tempat dengan jenis batuan terlengkap yang ada di muka bumi. Berbagai fenomena geologi dapat dilihat di sini, seperti adanya patahan, crack, siklin, antiklin hingga formasi batuan lainnya. Tak heran jika sering dijadikan sebagai tempat untuk meneliti sejarah perkembangan bumi. Cagar Alam Geologi Karangsambung ini berada di Kecamatan Karangsambung, Kebumen.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS