Sukses

13 Cara Cepat Meninggikan Badan Secara Alami, Bisa untuk Orang Dewasa

Memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan dan menjalankan gaya hidup sehat

Liputan6.com, Jakarta Tinggi badan memiliki peranan yang penting dalam beberapa aspek. Badan yang tinggi menjadi syarat yang tidak bisa ditawar pada sebagian profesi, seperti TNI, Polisi, perawat, pramugari, dan sebagainya. Oleh sebab itu banyak orang yang mencari cara cepat meninggikan badan.

Faktor utama yang mempengaruhi tinggi badan adalah genetik yang diturunkan dari orang tua. Namun, genetik bukan satu-satunya faktor yang menentukan seberapa tinggi seseorang tumbuh. Jenis kelamin, asupan nutrisi, gaya hidup, serta kondisi kesehatan seseorang juga menentukan tinggi badan. 

Misal seseorang lahir dari orang tua yang bertubuh pendek, namun ia mendapat nutrisi yang baik selama proses pertumbuhannya, rajin berolahraga, serta memiliki kondisi kesehatan yang baik. Orang tersebut dapat mencapai tinggi badan melebihi kedua orang tuanya. 

Sebaliknya, apabila seseorang lahir dari orang tua yang bertubuh tinggi, namun memiliki kondisi kesehatan yang buruk sejak kecil. Kondisi ini dapat menghambat penyerapan nutrisi sehingga orang tersebut tumbuh menjadi lebih pendek dari kedua orang tuanya.

Secara umum pertumbuhan tinggi badan manusia akan berhenti di usia 16 sampai 17 tahun. Masa pertumbuhan pada usia 1 sampai 17 tahun menjadi waktu yang penting untuk mencapai tinggi optimal. Memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan dan menjalankan gaya hidup sehat menjadi cara cepat meninggikan badan yang harus dilakukan pada masa-masa tersebut.

Setelah usia 17 tahun pertumbuhan tinggi badan masih dapat diupayakan, namun tentu saja hasilnya tidak dapat terlihat secara signifikan seperti saat masa pertumbuhan. Berikut cara cepat meninggikan badan secara alami yang sudah Liputan6.co rangkum dari berbagai sumber, Rabu (19/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Cepat Meninggikan Badan: Asupan Makanan

Memenuhi asupan makanan pada masa pertumbuhan menjadi salah satu cara meninggikan badan yang harus dilakukan. Ada beberapa macam nutrisi yang dapat mengoptimalkan tinggi badan. Berikut cara cepat meninggikan badan dengan konsumsi asupan yang diperlukan.

1. Konsumsi Kalsium

Kalsium merupakan jenis nutrisi penting dalam proses pertumbuhan. Kalsium berperan dalam peningkatan kepadatan tulang, yang dapat mendukung pertumbuhan tinggi badan secara maksimal. 

Tulang mendapat sebutan bank kalsium yang artinya apabila organ lain memerlukan kalsium, organ tersebut dapat mengambil kalsium yang ada pada tulang. Jika hal ini terus terjadi, tulang akan kekurangan kalsium dan menyebabkan tulang keropos.

Selain tulang, otak, sistem imun, sistem Kardiovaskular juga memerlukan kalsium untuk dapat berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, mengkonsumsi kalsium penting dalam memaksimalkan proses pertumbuhan.

2. Konsumsi Protein

Asupan lain yang penting dalam cara cepat meninggikan badan adalah protein. Protein membantu membentuk dan regenerasi jaringan di dalam tubuh. Sebuah penelitian tahun 2019 mengatakan, protein meningkatkan kadar hormon bernama insulin-like growth factor I (IGF-I). IGF-I merupakan hormon yang berpotensi menstimulasi pertumbuhan tinggi.

Semua jenis protein baik untuk mendukung pertumbuhan, namun ada satu jenis protein yang sangat menunjang pertumbuhan. Protein tersebut adalah protein jenis whey yang bersifat mudah diserap dan dicerna dalam tubuh, sehingga sangat efektif menunjang pertumbuhan. Selain itu, protein whey mampu membantu perbaikan jaringan dalam tubuh serta meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan begitu tubuh menjadi lebih kuat dan pertumbuhan tidak terhambat.

3. Konsumsi Vitamin D

Vitamin D memiliki peranan yang penting dalam proses penyerapan kalsium dan fosfor yang penting untuk tulang dalam mendukung proses pertumbuhan. Selain itu vitamin D diperlukan pada proses perkembangan otak dan kesehatan otot.

Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan mental, salah satunya adalah skizofrenia. Vitamin D juga sangat penting untuk mencegah gangguan kesehatan tulang, seperti skoliosis, rakitis atau tulang rapuh, dan rentan patah tulang. Selain itu, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan terjadinya nyeri otot, cepat lelah, dan migrain.

4. Konsumsi Zat Besi

Zat besi dibutuhkan untuk memproduksi sel darah dan pembentukan otot yang mendukung pertumbuhan tinggi badan. Kekurangan zat besi akan berdampak pada melambatnya pertumbuhan karena dapat memicu anemia. Kondisi ini akan mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang dan berdampak pada proses pertumbuhannya. 

5. Konsumsi Vitamin B12

Vitamin B12 terbukti mampu membantu memperbaiki kondisi anak-anak dengan gangguan pertumbuhan. Fungsi utama vitamin B12 adalah pembentukan sel darah merah yang sehat, mengoptimalkan fungsi saraf, menghasilkan energi, serta menjaga kesehatan kulit dan rambut.

6. Konsumsi Vitamin E

Vitamin E merupakan antioksidan yang berfungsi sebagai pelindung sel-sel tubuh dari kerusakan. Hal ini tentu berpengaruh pada pertumbuhan tinggi badan. Kekurangan vitamin E  dapat mengakibatkan pertumbuhan yang terhambat. Vitamin E sebagai membantu meningkatkan sirkulasi darah keseluruh tubuh. Dengan begitu nutrisi lain makanan dapat terserap dengan baik dan pertumbuhan dapat berlangsung secara optimal.

3 dari 4 halaman

Cara Cepat Meninggikan Badan: Olahraga

Selain memperhatikan jenis nutrisi yang masuk kedalam tubuh, olahraga juga menjadi rangkaian cara cepat meninggikan badan secara alami. Secara umum olahraga membantu tubuh melepaskan hormon pertumbuhan. Olahraga juga membantu memperbaiki struktur tulang sehingga tubuh tampak lebih tinggi.

7. Berenang

Saat melakukan aktivitas berenang, semua otot tubuh bergerak. Hal inilah yang membantu tulang dan otot berkembang dengan lebih cepat. Olahraga ini akan memberi tekanan lebih pada beberapa otot, terutama otot kaki, lengan, tulang belakang, dan dada. Hal ini bisa membantu meningkatkan fungsi otot serta pelepasan energi.  Rutin berenang dapat membantu membuat tulang belakang dan kaki menjadi lebih panjang. 

8. Lari

Lari juga merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat memperbaiki postur tubuh menjadi lebih baik. Dengan rajin melakukan olahraga lari postur tulang belakang akan bertambah panjang sehingga akan nampak lebih.

9. Lompat 

Melompat menjadi salah satu olahraga yang dapat menambah tinggi badan. Dengan melompat otot kaki menjadi lebih kencang dan tulang menjadi lebih kuat. Hal ini dapat menstimulasi pertumbuhan tinggi secara maksimal.  Olahraga seperti lompat tali, basket, dan melompat di trampolin yang banyak menggunakan gerakan melompat dapat menjadi pilihan olahraga untuk meninggikan badan.

10. Pilates 

Pilaten memang tidak menambah panjang pada tulang, namun olahraga ini melatih otot dan mengoreksi postur tubuh yang salah. Pilates bekerja dengan meningkatkan keselarasan dan menjaga tulang belakan. Dengan begitu tubuh akan nampak lebih tinggi.

11. Bergelantungan

Gerakan olahraga peninggi badan ini biasanya sangat disukai oleh anak-anak. Selain dapat membantu meluruskan dan memanjangkan tulang belakang. Gerakan bergelantungan pada batang besi atau kayu dapat menyebabkan kontraksi tulang pada tubuh bagian atas. Kontraksi dan peregangan di bagian ini dapat merangsang pertumbuhan tulang dan mempengaruhi tinggi badan.

4 dari 4 halaman

Cara Cepat Meninggikan Badan: Gaya Hidup

Cara cepat Meninggikan badan selanjutnya adalah gaya hidup yang sehat. Bagaimanapun, gaya hidup tentu memiliki pengaruh pada prose pertumbuhan seseorang.

12. Pola Istirahat yang Teratur dan Cukup

Tidur menjadi salah satu kegiatan yang membantu proses penyerapan nutrisi dan perkembangan tubuh manusia. Pada anak-anak dan remaja memiliki jam tidur yang teratur dan cukup sangat penting untuk mendapatkan tinggi badan yang optimal. Berikut waktu istirahat yang ideal sesuai dengan usia seseorang.

Usia 0-3 bulan : 14-17 jam

Usia 3-11 bulan : 12-17 jam 

Usia 1- 2 tahun : 11-14 jam

Usia 3-5 tahun : 10-13 jam

Usia 6-13 tahun : 9-11 jam 

Usia 14-17 tahun : 8-10 jam 

Usia 18-64 tahun : 7-9 jam

13. Memperbaiki Postur Tubuh

Cara cepat meninggikan badan yang terakhir adalah memperbaiki postur tubuh. Kebiasaan berdiri, duduk, hingga tidur yang kurang benar bisa menyebabkan postur tubuh menjadi terlihat lebih pendek. Agar memiliki tinggi badan yang maksimal memperbaiki postur tubuh menjadi hal yang penting. Biasakan untuk duduk dengan sikap yang benar dan berjalan dengan tegap agar badan terlihat lebih jenjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.